Sunday, March 9, 2014

Cara Optimasi Mesin Pencari (SEO)

Mesin pencari merupakan tool yang paling efektif untuk membantu pengguna internet (internet user) untuk menemukan apa saja yang mereka cari. Internet user lebih sering memanfaatkan mesin pencari daripada mengunjungi halaman situs web / blog secara langsug. Hal tersebut dikarenakan apa yang mereka cari, itu bisa lebih cepat dan tepat ditemukan hasil mesin pencari. Bahkan apabila mereka salah dalam penulisan kata/huruf ketika mengetik keyword, mesin pencari bisa membenarkannya. Itulah mengapa eksistensi mesin pencari sangat membantu sekali bagi pencari informasi dan banyak digemari oleh pengguna internet di seluruh dunia. Mungkin ada baiknya apabila anda tahu dan kenal dengan Daftar Situs Search Engine / Mesin Pencari di Internet, sehingga anda bisa lebih akrab dan familiar dengan mesin pencari.

Bagi webmaster (sebutan untuk pengelola blog/web), eksistensi mesin pencari sangatlah penting. Karena sebagian besar pengunjung / visitor blog berasal dari mesin pencari baik itu Google, Yahoo, Bing dan lain-lain. Oleh karena itu, keberadaan mesin pencari perlu dan penting untuk dioptimalkan. Sehingga web/blog kita bisa dengan mudah ditemukan oleh mesin pencari. Itupun tidak cukup, karena kebanyakan visitor akan mengunjungi blog kita yang terindeks pada halaman pertama, kedua atau ketiga hasil penelusuran mesin pencari.
Cara Optimasi Mesin Pencari (SEO)
Dalam kesempatan kali ini saya akan share informasi tentang bagaimana Cara Optimasi Mesin Pencari (SEO) agar blog kita mudah terindeks oleh mesin pencari, minimal pada halaman pertama, kedua, atau ketiga. Berikut merupakan poin-poin penting yang harus diperhatikan dalam mengoptimasi search engine.

1. Buat Artikel Unik dan Berkualitas Tinggi
Artikel postingan hendaknya dibuat dengan baik dan tentunya berkualitas tinggi. Mungkin ada baiknya apabila anda mempelajari lebih lanjut tentang Cara Menulis Artikel Berkualitas SEO Friendly di Blog. Disini saya hanya akan sedikit menambahkan bahwa untuk menulis artikel unik dan berkualitas itu diperlukan skill menulis yang tinggi. Tentu artikel yang kaya akan informasi dan mempunyai nilai tinggi bagi visitor. Sebaiknya artikel dibuat secara natural saja, sesuai dengan kemampuan anda dalam menyajikan informasi dalam bentuk tulisan.

2. Tulis Deskripsi Penelusuran pada Setiap Postingan
Deskripsi penelusuran hendaknya selalu anda tulis pada setiap postingan yang anda buat. Deskripsi penelusuran merupakan ringkasan dari artikel anda. Namun, sebaiknya anda tulis dengan kata kunci yang anda bidik. Dengan begitu, maka postingan anda akan dengan mudah dibaca dan ditemukan oleh mesin pencari.

Apabila anda belum tahu letak deskripsi penelusan yang terdapat pada posting artikel, gambar berikut ini adalah contoh letak deskripsi penelusuran yang perlu anda tulis pada setiap posting artikel anda.
Tips SEO Blogspot
3. Tulis Meta Tag pada Pengaturan Blog
Meta tag juga mempunyai peran yang cukup penting dalam mengoptimasi mesin pencari. Meta tag hendaknya ditulis sesuai dengan niche (fokus blog) anda. Tujuannya adalah supaya blog anda dapat dengan mudah dikenali oleh mesin pencari. Untuk menulis meta tag, silahkan masuk ke Dashbor > Pengaturan > Pilihan Penelusuran > Tag Meta > Tulis Deskripsi Blog anda > Klik Save. Gambar berikut ini merupakan letak meta tag apabila anda belum tahu letak pengisian meta tag.
Belajar SEO Blogspot
4. Buat Sitemap/Peta Situs
Sitemap/peta situs juga berperan cukup penting bagi optimasi mesin pencari maupun bagi visitor. Dengan adanya sitemap, mesin pencari dapat dengan mudah mengidentifikasi dan mengindeks blog kita, karena sitemap berisi seluruh konten yang ada dalam blog kita. Oleh karena itu apabila anda belum membuat sitemap pada blog anda, silahkan dibuat. Apabila anda belum tahu cara membuatnya, silahkan baca dan pelajari Cara Membuat Halaman Daftar Isi / Sitemap / Peta Situs di Blogspot.

5. Optimalisasi Backlink
Backlink juga mempunyai peran yang cukup penting bagi penelusuran mesin pencari. Backlink ini merupakan link kembali yang mengarah pada blog kita pada hasil penelusuran mesin pencari. Sebaiknya backlink ini kita bangun sejak dini dari blog-blog yang mempunyai niche yang sama dengan blog kita, tentunya blog tersebut mempunyai page rank yang tinggi. Sehingga apabila ada pengunjung yang mencari artikel tertentu dengan memasukkan keyword tertentu pada mesin pencari, laman kita juga akan terindeks pada hasil pencarian. Pada artikel sebelumnya, saya sudah menjelaskan tentang Cara Mendapatkan Backlink Gratis dan Berkualitas dengan Mudah. Mungkin ada baiknya apabila anda mempelajarinya lebih lanjut, agar dapat lebih paham.

6. Tentukan Keyword Artikel dengan Tepat
Sebaiknya dalam menulis artikel tidak boleh asal-asalan dalam memilih judul ataupun dalam menentukan kata kunci artikel. Judul artikel hendaknya dibuat sebaik mungkin berdasarkan kata kunci yang dibidik. Selain itu, dalam konten artikel juga harus ditentukan kata kunci yang tepat. Kata kunci yang terdapat dalam artikel tidak boleh lebih dari tiga buah. Kata kunci tersebut bisa diletakkan pada paragraf awal, paragraf tengah, dan paragraf akhir.

7. Hindari Duplikat Konten Artikel secara Eksternal dan Internal
Jangan sekali-kali membuat artikel yang sama persis dengan artikel blog orang lain ataupun artikel yang sudah ada dalam blog kita. Hal tersebut bisa dipastikan artikel kita tidak akan sama sekali terindeks oleh mesin pencari. Oleh karena itu, jangan sekali-kali copy-paste artikel mentah-mentah dari blog orang lain. Namun, perlu ditulis kembali artikel tersebut sesuai dengan gaya bahasa anda sendiri. Baca juga ye Daftar Situs Social Media / Macam-macam Media Sosial di Internet.

8. Perhatikan Jumlah Karakter Tulisan dalam Artikel
Jumlah karakter tulisan artikel hendaknya tidak terlalu sedikit. Minimal 1 lembar kertas A4 dalam microsoft word atau minimal 300-400 kata. Apabila jumlah karakter terlalu sedikit, misalnya hanya satu baris kalimat, maka artikel anda tidak akan diindeks oleh mesin pencari, karena artikel anda dianggap spam. Buat artikel sebisa anda, sesuai dengan kapabilitas anda dalam menulis. Meskipun kalimat anda masih kacau, tidak masalah, yang terpenting adalah jumlah tulisan memenuhi standar minimal.

9. Konsistensi dalam Memposting Artikel
Seringkali halaman hasil penelusuran mesin pencari dipenuhi oleh postingan-postingan terbaru dari webmaster. Mungkin ada juga postingan lama yang terindeks, namun jumlahnya tidak seberapa. Oleh karena itu, diharapkan kita selalu update artikel dengan cara konsisten dalam memposting artikel. Minimal 1 hari 1 postning artikel. Apabila hal itu tidak bisa anda lakukan, minimal 1 minggu 1 artikel.

Demikian sedikit penjelasan dari saya tentang bagaimana Cara Optimasi Mesin Pencari (SEO). Semoga tips sederhana ini dapat membantu anda dalam mengelola blog, sehingga blog anda bisa dengan mudah terindeks oleh mesin pencari. Akhir kata apabila ada kekurangan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Jangan lewatkan posting menarik lainnya di Ririn's Blog tentang Cara Mengelola Blog yang Baik dan Benar.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

28 comments:

  1. terima kasih infonya.... kalau posting saya suka asal maksudnya gak terlalu memikirkan tentang soa seo.. dsb... contoh
    Deskripsi penelusuran, saya kurang memperhatikan ini... mungkin saya harus perbaiki blog saya agar seonya lebih mantapp..
    nice info..

    ReplyDelete
  2. Iya mas. Terkadang apa yang sering kita lupakan dan juga sering tidak dilakukan, itu sangat penting. Untuk meningaktkan SEO, memang harus melakukan suatu hal. Misalnya dengan menulis artikel berkualitas, juga optimasi keyword, meta tag, meta deskripsi penting untuk diperhatikan. Thanks sudah mampir ya :)

    ReplyDelete
  3. makasih mbak infonya,saya juga melakukan seperti apa yang mbak tulis hehehe :) makasih banget

    ReplyDelete
  4. Terima kasih informasinya... jujur aja, sy sudah lakuin yg kyk di atas sudah lama,, hanya hasilnya masih nunggu...

    ReplyDelete
  5. Keren infonya, sangat menarik :)

    ReplyDelete
  6. Sepertinya bagi Uda sangat sulit juga menghindari duplikat kontent internal, mbak Ririn. kadang-kadang nggak peduli lagi apakah ada duplikat atau tidak karena repot memeriksa kembali satu demi satu artikel.

    ReplyDelete
  7. Menarik nih Mbak Ririn Trik optimasi mesin pencari, ini sangat bermanfaat
    Buat saya yang belum paham dengan seo onpage dan seo offpage
    Terima kasih yah Mbak atas trik nya salam hormat selalu Mbak Ririn :))

    ReplyDelete
  8. Jadi kalau artikel yang sedikit bisa dianggap spam ya mbak???harus berbenah nih sebab artikel saya memamg masih kurang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalau bisa jangan terlalu sedikit mbak jumlah karakter / kata dalam artikel :)

      Delete
  9. tips bermanfaat sekali Mbak, sy kalau selesai bikin artikel langsung publikasikan sj, ternyata perlu jg mengoptimalkan seo ya mbak

    ReplyDelete
  10. yg no 2 blm tak coba mbk hehe.. yg tips lainnya sdh saya cobain satu2

    ReplyDelete
  11. thanks mbak
    info yang sangat bermanfaat ini

    ReplyDelete
  12. Kelebihan optimasi bisa mengakibatkan zonk ya mba,.. saya melakukan submit backlink 1 bulan sekali. kalau keseringan takut di sangka spam.

    ReplyDelete
  13. wah optimasi ini saya jadi agak trauma lost seo mbak eka :) tapi sepertinya saya cuma mnenerapkan sedikit saja

    ReplyDelete
  14. Ternyata ada beberapa tips di sini yang belum saya praktekin mbak :)

    ReplyDelete
  15. Masalah yang terakhir itulah yang menjadi problem bagi saya mbak, soalnya kesibukan saya yang terkadang tidak bisa dihindari, tapi saya ingat pesan mbak untuk melakukan jadwal postingan secara otomatis, dan mungkin ini akan saya lakukan, terima kasih!!

    ReplyDelete
  16. Caranya kalau di baca sih gampang banget Mbak, tapi untuk penerapannya saya juga masih harus belajar banyak, kalau udah berurusan dengan SEO mumet Mbak :D

    ReplyDelete
  17. Hehehee senyum dulu dech rin.


    Karena saya menulis postingan tanpa memikirkan apa yang telah di jelaskan di atas.
    Kalau soal deskripsi saya sudah mempraktekkanya waktu ririn kasih tahu, tapi saya membuatnya asal tulis saja tanpa membidik keyword

    ReplyDelete
  18. udh ane terapin semua tuh cara di atas , tinggal tunggu hasil nya aja ..
    :D

    ReplyDelete
  19. Terimakasih mbak Ririn atas tips optimasi blognya :) walaupun saya nge-blog di platform lain, saya akan coba tipsnya.

    ReplyDelete
  20. Saya mau nyoba poin nomor 2. Terimakasih Mbak

    ReplyDelete
  21. Nomer 4 ternyata belum saya buat :D :D . . Langsung buat sitemap deh kalo gitu.

    ReplyDelete
  22. Dari sembilan poin di atas hanya 2 poin yang tidak atau jarang saya lakukan yaitu poin 5 dan 9, apakah 2 poin tersebut bisa berpengaruh terhadap tampilnya artikel kita di SE...?

    ReplyDelete