Friday, May 2, 2014

Cara Sederhana Mengurangi Dampak Global Warming

Cara Sederhana Mengurangi Dampak Global Warming sebenarnya cukup mudah. Namun tidak semua orang bersedia melakukannya. Padahal lapisan atmosfer bumi sudah semakin tipis. Namun sampah masih saja banyak yang dibuang sembarangan, mesin kendaraan bermotor tidak dirawat sebagaimana mestinya sehingga polusi yang dihasilkan juga semakin parah. Belum lagi masih banyak penebangan pohon tanpa diimbangi tanam pohon kembali.

Kampanye Earth Hour yang biasanya dilakukan pada bulan Maret juga merupakan salah satu cara untuk mengurangi dampak pemanasan global. Namun hal itu hanya salah satu cara saja. Pasalnya upaya mengurangi dampak global warming tentu tidak hanya dilakukan pada satu hari dengan satu jam saja mematikan lampu atau alat listrik.
Cara Sederhana Mengurangi Dampak Global Warming
image by mamapiadea.com
Ada beberapa Cara Sederhana Mengurangi Dampak Global Warming  dan memerlukan kesadaran tiap orang untuk melakukannya, antara lain :

1. Mematikan lampu, AC, kipas angin maupun alat listrik lainnya saat meninggalkan kamar atau rumah. Selain menghemat listrik, cara ini juga sebagai salah satu antisipasi terjadinya arus pendek yang seringkali menjadi penyebab kebakaran.

2. Membawa tas sendiri saat belanja di pasar, supermarket, minimarket dan toko lainnya. Hal ini nantinya juga mengurangi penggunaan plastik. Apalagi kalau cuma membeli permen atau makanan yang akan segera dimakan saat itu juga. Sebaiknya segera tolak kantong plastik yang akan digunakan untuk membungkus belanjaan anda. Toh, pada akhirnya setelah berbelanja akan membawa barang juga, artinya seharusnya juga bukan hal berat membawa tas sendiri saat akan berbelanja.

3. Ketika akan bepergian baik ke sekolah, kampus, kerja, jalan-jalan dan lainnya ada baiknya membawa minum sendiri dengan botol minum sendiri. Hal ini selain menghemat uang juga mengurangi penggunaan botol bekas air minum yang anda beli. Toh, saat ini juga semakin banyak tempat umum yang menyediakan air minum gratis. Anda pun bisa memanfaatkannya untuk mengisi kembali botol air minum anda yang mungkin sudah berkurang atau bahkan habis.

4. Jika sedang melakukan pengisian ulang batere telepon seluler, laptop, kamera dan lainnya segera cabut saat daya sudah penuh. Jangan biarkan masih tertancap dalam aliran listrik.

5. Gunakan lampu hemat energi selain lebih awet, lampu ini juga menghemat listrik lebih besar dibandingkan menggunakan lampu pijar.

Bisa juga meminimalisir penggunaan kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil untuk menuju lokasi-lokasi yang tidak terlalu jauh. Anda bisa mencoba berjalan kaki maupun bersepeda. Selain mengurangi dampak global warming cara tersebut juga termasuk olahraga mudah yang bisa dilakukan. Misalnya ke minimarket dekat rumah, cukup berjalan kaki atau bersepeda mengajak buah hati sekaligus bisa menjadi cara untuk lebih mendekatkan diri dengan anak.

Nah, hal-hal tersebut merupakan Cara Sederhana Mengurangi Dampak Global Warming yang bisa dilakukan sehari-hari, jika bukan kita yang melakukannya maka siapa lagi?
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

18 comments:

  1. Nomor 4 biasanya yang paling banyak ngga dilakuin.. Temen-temen ku pada gitu, katanya buat stay tune aja kalo gadget abis batere.

    ReplyDelete
  2. Mmmmm... masuk akal juga ya, semoga aja global warming ini bisa berkurang :)

    ReplyDelete
  3. yang nomer satu itu banyak orang yang mengabaikan , padahal dengan cara sederhana kita dapat mengurangi dampak global warming

    ReplyDelete
  4. kalau saya mendukung untuk mengurangi dampak global warming dengan cara rajin menanam pohon dan bunga hehehe.

    tapi kan sekarang kantong plastik sudah banyak yang menggunakan plastik ramah lingkungan, tapi tak sedikit juga sih yang masih menggunakan plastik yang tidak ramah lingkungan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh kantong plastik yg bs hancur sendiri itu ya? tp tetep aja mas, namanya jg kantong plastik :D

      Delete
  5. cara mengurangi dampak global warning ini sangat bermanfaat sekali..
    wah mbk Ririn udah kaya pemilik indomart, yang bekerja hanya anak buahnya dan bosnya udah gak pernah nongol lagi. hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimaksih mas,
      mbak ririn ada bagian sendiri mas :))

      Delete
  6. Thanks sharenya mbak,, akan saya coba gunakan tipsnya,,sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  7. Klo setau saya yg pertama itu bisa bikin lapisan ozon menipis,bahkan sekarang saja sudah berlubang,jadinya sinar matahari lebih panas klo terkena kulit kita.Pas siang hari panasnya minta ampun :)

    ReplyDelete
  8. wah poin-poin yang dipaparkan di atas sepertinya tanpa saya sadari dah menjadi kebiasaan buruk saya tuh mbak Rin, kipas angin aja saya mah jarang dimatiin mbak muter terus tiap hari hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo ditinggal keluar lama mending dimatiin mas, tp kalau ada orangnya ya gak usah, kan dipakai :)

      Delete
  9. bener gan, dari tindakan sederhana (y)

    ReplyDelete