Thursday, January 16, 2014

Review Media Sosial Google Plus

Halo sahabat bloggers!! jumpa lagi dengan saya. Bagaimana kabarnya hari ini? Mudah-mudahan baik-baik saja dan masih setia mengunjungi blog saya hehehe. Dalam kesempatan kali ini saya ingin sedikit berbagi dengan anda mengenai Google Plus. Mungkin anda sekalian sudah akrab dengan social media yang satu ini, dan bahkan selalu aktif berselancar di media sosial tersebut.

Mungkin masih ada teman kita yang belum bergabung dengan Google Plus, karena media sosial ini relatif masih baru eksistensinya di ineternet. Oleh karena itu mari kita ajak teman-teman kita untuk bergabung di Google Plus, supaya media sosial ini bisa lebih ramai dari sebelumnya.

Namun, dalam kesempatan kali ini saya tidak ingin menjelaskan tentang apa itu Google Plus? karena pada posting sebelumnya saya sudah menjelaskannya. Tapi saya hanya ingin mereview Google Plus. Review tersebut tentunya bukan asal-asalan, melainkan berasal dari pengalaman saya pribadi setelah bergabung di media sosial ini. Dalam review ini saya ingin meninjau Google Plus dari segi kekurangan dan kelebihannya. Jangan lupa baca juga Cara Mendaftar / Membuat Akun Google Plus.
Review Media Sosial Google Plus

Kelebihan Google Plus

Google Plus merupakan media sosial produk dari Google, yang mana banyak memberikan manfaat bagi penggunanya. Tak heran jika setiap hari pengguna media sosial ini selalu bertambah. Ada beberapa kelebihan Google Plus, antara lain: (i) Google Plus memiliki fitur yang bisa dibilang lumayan lengkap. Ada berbagai fasilitas yang bisa kita gunakan, yakni chating, menulis status, video call, dan lain-lain yang kesemuanya sudah hampir mirip dengan media sosial yang lain.

(ii) Menu yang terdapat di Google Plus lumayan cukup banyak, diantaranya Beranda, Profil, Jelajahi, Foto, Komunitas, Acara, Cari Orang dan lainnya yang mana menu-menu tersebut dapat kita gunakan dengan mudah. (iii) Tampilan Google Plus cukup sederhana, yakni hanya berwarna putih. Selain itu, Google Plus juga dilengkapi dengan widget mesin pencari, yang mana dapat digunakan untuk mencari sesuatu dengan mudah.

(iv) Privasi pengguna dapat ditentukan sendiri oleh pengguna, dengan begitu keamanan data pribadi di Google Plus relatif terjamin. (v) Kita bisa berinteraksi dengan teman, keluarga, kerabat, dan sanak famili dengan mudah. (vi) Kita bisa membuat komunitas tertentu di Google Plus, untuk menjalin pertemanan yang mempunyai satu visi dan misi, (vii) Google Plus sudah terintegrasi dengan Gmail dan Blogger, sehingga hal itu dapat mempermudah para bloggers untuk bergabung dengan Google Plus.

(viii) Google Plus dapat meningkatkan lalu lintas blog. Karena apabila pengguna blog bergabung dengan Google Plus, maka setiap kali posting, pengguna akan dengan mudah untuk membagikan konten blog-nya di media sosial tersebut (Baca: Cara Meningkatkan Trafik Blog dengan Google Plus). (ix) Google Plus mempunyai fitur-fitur unik yang bisa diterapkan di blog kita, seperti widget Tombol +1, lencana Google+, dan widget Google+ Follower.

(x) Google plus menyediakan widget kolom komentar untuk blog. Widget ini kelebihannya bahwa komentar di blog terintegrasi dengan komentar di Google Plus. Oleh karena itu, jika kita menggunakan widget ini, maka komentar yang ada di blog juga akan terlihat di Google Plus. (xi) Google Plus tidak terdapat adanya iklan, sehingga hal itu memberikan kenyamanan tersendiri bagi pengguna Google Plus. (xii) Google Plus dapat menampilkan gambar bergerak atau animasi. Tentunya hal ini menjadi daya tarik tersendiri di Google Plus. Dan (xiii) Google Plus memberikan fitur yang mana fitur ini tidak dimiliki media sosial lain, yakni kita bisa menampilkan foto profil kita pada hasil pencarian Google.

Kekurangan Google Plus

Google Plus, selain mempunyai kelebihan, ternyata juga mempunyai kekurangan. Kekurangannya antara lain sebagai berikut: (i) Loading Google Plus relatif berat, dan tentunya akan memakan waktu yang cukup lama apabila kita menggunakan koneksi internet yang lambat. Sehingga tidak sedikit pengguna blog blogger yang enggan beralih ke Google Plus. (ii) Widget Google+ Follower menjadikan loading blog menjadi berat, (iii) Widget komentar Google Plus yang diterapkan di blog menjadikan loading blog menjadi berat.

(iv) Halaman beranda Google Plus agak sedikit sempit, sehingga kurang begitu nyaman apabila digunakan untuk  berinteraksi dengan teman, mengomentari status teman, dan lain sebagainya. (v) Dalam kolom komentar, kita tidak bisa menampilkan ekspresi kita, misalnya gambar smile, sedih, marah dan lain sebagainya.

Demikian review saya tentang kekurangan dan kelebihan Google Plus. Kita berharap Google Plus mau mengevaluasi kekurangannya, dan syukur-syukur mau memperbaikinya. Namun demikian, kita perlu memberinya apresiasi yang tinggi terhadap Google Plus, terutama untuk Google, yang telah memberikan fasilitasnya secara gratis. Atas perhatian dari anda sekalian saya ucapkan terimakasih. Jangan lewatkan postingan menarik lainnya di Ririn's Blog tentang Tips Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog dengan Cepat.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

47 comments:

  1. halo master saya mau tanya nih, kalo berkomentar dengan google plus kira-kira bisa mempengaruhi alexa rank gak? Mungkin dengan google plus alexa rank akan jadi cepat ramping gitu. Makasih master. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa ada hubungan berkomentar dgn +G sama alexa mas? alexa adalah tolak ukur seberapa popularnya sebuah blog.

      Delete
    2. Kalau pengin langsing alexa-nya, pake obat pelangsing biar cepet .. hehehe

      Delete
    3. Google plus memang sangat bermanfaat sekali
      Untuk melestarikan sebuah web site-blog dan saking
      Banyak nya pemakai hingga g+ jadi sedikit berat load nya

      Delete
  2. Wah saya kurang tahu master apakah penggunaan Google+ Comment di blog bisa mempengaruhi ranking alexa atau tidak. Soalnya saya sendiri belum pernah menggunakan Google+ Comment sich hehehe :D

    Mohon maaf ya master :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak usah mikirin alexa rank yah master hehe,yang penting "commet" betul nggak master Ririn hehe

      Delete
    2. Hehehe iya betul pak. Yang penting ngeblog :D

      Delete
  3. Betul mbak Rin. Saya merasakan, menggunakan google plus terasa berat loadingnya apakah itu untuk komentar di blog maupun page profile. Terima kasih informasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman yang sangat menarik itu mas. Bisa dijadikan pelajaran untuk kita semua :)

      Delete
  4. kayanya semua blogger bakal setubuh kalo gplus ini lemot wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas memang agak berat loading google plus ini :)

      Delete
  5. Replies
    1. Iya silahkan mas gunawan. Thanks ya atas kunjungannya :)

      Delete
  6. Menurut saya sendiri lebih bagus menggunakan kolom komentar yang ada ...mungkin kalau bisa dipilih kayak komentar fb yang bisa dilewati nggak apa2 sebabnya kangsung berantakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin lebih tepatnya pakai kata karena mbak, bukan sebabnya :)

      Delete
  7. kunjungan rutin diblognya mbak ririn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya makasih banyak sudah singgah di blog saya :)

      Delete
  8. dulu saya pernah pakai kolom comment google plus,tapi saya kembalikan lagi,( tampa alasan yang jelas he3x ) saya lebih suka comment dikolam yang sudah ada saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang lebih asyik pakai Blogger Comment ya pak karena bisa menampung berbagai komentar dari para pengunjung blog :)

      Delete
  9. Sekarang lebih mengungulkan google plus di blogging...

    ReplyDelete
  10. 1 lagi tambahan kekurangannya, google+ sering kali pusing kepala, sering kali saya jumpai error pada system kerjanya, terlalu banyak pacar kali mbk. hehe

    terimakasih mbk Rini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terimakasih banyak mas atas tambahannya ya yang luar biasa ini. Saya malah nggak kepikiran tentang itu hehehe :D

      Delete
  11. gplus masih lemot buat ukuran indo mbak :d

    ReplyDelete
  12. G+ sering saya pake share post mbak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp kalau begitu mas. Untuk meningkatkan traffick blog :)

      Delete
  13. Google plus sepertinya banyak kekurangan mau membalas koment saja, susahnya minta ampun, loading lambat..semoga saja bisa di feedback ama admin google ya..Mbak, kunjungan rutin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mas. Emang agak berat loading nya. Jadi ya harus sabar apabila ingin menggunakan Google+ ini :)

      Delete
    2. sedikit kecewa ..ketika akan membalas komen pemirsa, kunjungan rutin

      Delete
  14. GooglePlus memang punya kelebihan lain dibanding Twit, FB, GlobalShare, dan lainnya.

    Makasih mbak ulasannya.

    Oya datang ya ada postingan terbaru?

    Oya mau nanya bagaimana tampilan blog mas ustadz sekarang ada bedanya ya?
    Tapi gimana kesannya setelah berubah hehe

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Iya mb bener banget, buka notif aja lama. Andai G seringan fb pasti asyik kali yah?

    ReplyDelete
  17. G+ lambat, barangkali yang buat orang Jawa mbak ... alon-alon waton kelakon .... hehehe

    ReplyDelete
  18. loading g+ berat?
    kok g terasa ya?

    ReplyDelete
  19. Loading lambat hehehe tapi demi seo ya no problem hehhe

    ReplyDelete
  20. hmm ternyata g+ banyak kelebihan dan juga ada kelebihanya ya rin..
    hehee bagaimana jika kuangkat menjadi juri ???

    ReplyDelete
  21. Alasannya memang selain blm paham akan fiturnya...
    Loading yg agak berat jd kendalanya ya mbak :)

    ReplyDelete
  22. kemarin saya berkunjung ke blognya mas ricky perdana trik mudah seo mbak... di bagian bawah posting ada catatan kaki yang katanya kalau ada yang memberi 1+ pada artikel kita, itu bisa membantu ranking blog kita di google loh mbak... makin keren saja kan google+ nya hehehehehe

    ReplyDelete
  23. Kepentingan dan bermanfaatnya google plus sangat banyak namun
    Buat saya kadang-kadang jadi hambatan karena koneksi saya suka down
    Sangat bermanfaat nih Mbak Ririn artikelnya. salam hormat selalu Mbak :)

    ReplyDelete
  24. mbak ini antara orgnya yg masih belom punya ac google + tp ternyata keistimewaannya lebih byk berbanding kekurangan yg cuma biasa2 aja...

    ReplyDelete
  25. kalau saya lebih menjalin perteman dari pada untuk optimasi blog, biarlah blog berjalan apa adanya, yang penting berbagi :)

    ReplyDelete
  26. Google + terutama jumlah follower G+ memang punya pengaruh yang penting ....itu sdh saya ungkapkan di blog sy. http://goo.gl/Wl7FON

    ReplyDelete