Wednesday, January 8, 2014

Alexa Rank Itu Apa Sich?

Alexa Rank itu apa sich? mungkin pertanyaan ini yang sering menghantui bagi para blogger baru seperti saya. Namun, setelah saya membaca berbagai artikel di berbagai blog orang lain, sedikit-banyak sudah memberikan gambaran bagi saya. Mungkin definisi yang sederhana adalah alexa rank merupakan informasi tentang ranking blog kita baik di tingkat global maupun di tingkat nasional, yakni di negara kita Indonesia tercinta.

Sebenarnya apa kegunaan atau manfaat dari alexa rank tersebut? mungkin ada manfaatnya, tapi saya belum tahu persis tentang kegunaanya. Tapi menurut saya dari informasi blog kita yang terdapat di Alexa Rank, itu bisa dijadikan ukuran bahwa apabila blog kita mempunyai ranking yang kecil maka blog kita akan semakin bagus. Oleh karena itu, dengan rangking yang bagus akan meningkatkan antusiasme para pemasang iklan untuk memasang iklannya di blog kita. Mungkin ada baiknya jika anda mengunjungi web Alexa Rank. Kemudian anda masukkan alamat web atau blog anda disana, nanti akan diketahui ranking anda.
Alexa Rank Itu Apa Sich?
Beberapa waktu yang lalu saya sudah share tentang Cara Meningkatkan Trafik Blog dengan Google Plus. Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Alexa Rank. Di Alexa Rank, ada beberapa informasi yang disajikan, antara lain sebagai berikut:

(i) Informasi tentang Global Rank atau ranking blog kita secara global. Ini maksudnya informasi tersebut memberikan pengertian bahwa kedudukan rangking blog kita diseluruh dunia. Jika angkanya semakin kecil berarti rangking blog kita semakin bagus.

(ii) Informasi tentang Regional Ranking atau ranking blog kita di negara kita. Ini maksudnya adalah informasi tersebut memberikan informasi kedudukan ranking blog kita di negara kita. Jika angkanya semakin kecil berarti rangking blog kita semakin bagus.

(iii) Informasi tentang Back Link blog kita. Informasi ini memberikan arti bahwa semakin banyak back link blog kita maka akan semakin bagus. Ini kebalikan dari nomor pertama dan kedua diatas.

(iv) Informasi tentang Review blog kita. Ini memberikan informasi tentang berapa orang yang telah mereview blog kita. Bagaimana tanggapan dari para pengunjung blog kita tentang eksistensi blog kita?. Jika para pengunjung senang dengan blog kita, pasti mereka akan memberikan feedback atau rekomendasi. Namun, bila pengunjung blog kita tidak senang dengan blog kita, maka akan terjadi sebaliknya.

Untuk informasi Review ini sekarang sudah tidak ada lagi. Dulu awal-awal tahun 2013 masih ada, namun, pada pertengahan tahun 2013 entah mengapa kok sudah tidak ada lagi di situs Alexa.

(v) Audience Demographics, memberikan informasi tentang usia pengunjung, pendidikan, lokasi browsing, jenis kelamin dll.

(vi) Audience Geographic, negara-negara mana yang sering berkunjung di situs tersebut. Yang paling mendominasi. Biasanya di representasikan dalam bentuk persen.

(vii) Top Keywod from Search Engine, adalah beberapa kata kunci / keyword yang paling menonjol dari situs tersebut. Dalam artian merupakan top keyword di mesin pencari pada situs tersebut.

(viii) Percent of Unique Visits, biasanya orang-orang (internet user) menemukan situs ini dari situs itu. Seperti Google, Yahoo, blog lain, situs lain, dan masih banyak lagi.

(ix) Deskripsi Situs dan Owner Situs, informasi tentang deskripsi singkat tentang situs dan juga pemilik situs. Pada bagian ini akan muncul jika si pemilik situs sudah melakukan klaim atau verifikasi situs nya di Alexa.

Demikian informasi sederhana yang bisa saya sampaikan untuk anda sekalian, semoga bermanfaat. Jangan berkecil hati jika ranking blog anda jelek. Tetap optimis dan rajin memposting blog setiap hari adalah salah satu kunci untuk meningkatkan ranking blog kita. Jangan lupa baca juga Cara Merampingkan Alexa Rank dengan Cepat Hanya dalam 14 Hari.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

38 komentar:

  1. pertamax mbak Eka cantix, makasih pencerahannya tentang alexa rank :)
    memang perlu dijelaskan mbak agar kita semua jadi tahu, tdk hanya asal nurunkan alexa aja, hehehe :D
    makasih infonya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbk, apa lagi buat saya yang belum begitu tau tentang ngeblog ini sangat cocok buat saya. terima kasih mbk Ririn..

      Delete
    2. wah saya malah nggak percaya kalau belum pada tahu tentang Alexa Rank :D

      Delete
    3. Semoga ranking saya tidak tersalip oleh mbak eka

      Delete
  2. makasih mbak ririn atas infonya yg kemarin2. Alexa sya turun drastis :)
    Wah pengen banget dpt advertiser

    ReplyDelete
  3. makasih mbak ririn atas infonya yg kemarin2. Alexa sya turun drastis :)
    Wah pengen banget dpt advertiser

    ReplyDelete
  4. awalnya saya juga tidak tau soal alexa malah sempat saya acuh sama dia tu tpi sekarang melah balik jadi perhatian hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ada perhatian lebih nih tentang Alexa :D

      Delete
    2. ia dunkk tiap hari jalan malahan :D

      Delete
  5. makasih mbak pencerahan tentang alexanya :)

    ReplyDelete
  6. terkadang walau alexa besar berbanding terbalik dengan serp :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mudah-mudahan aja hanya kadang-kadang aja ya mas, nggak sering hehe :D

      Delete
  7. Saya sendiri sampai saat ini kirang begitu tau mbak apa sih kegunaan yang penting buat alexa rank ini cumabikutan pasang dan ikutan andil saja...tapi sedikit ada pencerahan sekarang sedikit mudeng..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau udah pasang widget alexa rank di blog, itu artinya sedikit-banyak sudah paham mbak tentang Alexa :D

      Delete
  8. Saya masih malas ngecek Alexa rank, karena hasilnya bisa dipastikan masih mengecewakan .. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau malas melakukan cek ke situs Alexa, bisa pasang toolbar alexa mas :)

      Delete
  9. Trims rin penjelasanya tentang apa siih alexa rank itu...
    Mengenai deskripsi ini apakah penting rin?
    Heheee tapi aku nggak pasang alexa di blogku kok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fitur deskripsi di situs Alexa menurut saya nggak begitu penting mbak. Yang terpenting adalah angka alexa blog kita bisa ramping hehe :D

      Iya blog saya juga nggak pasang widget Alexa Rank soalnya bikin berat loading blog hehe :D

      Delete
  10. wah penjelasan tentang alexa rank yang bagus mbak
    jadi lebih tahu nich saya mbak
    nice info mbak ririn

    ReplyDelete
  11. Iya mas fitur tersebut sudah tidak ada lagi. Dalam artikel diatas juga sudah saya jelaskan bahwa fitur review sudah tidak ada lagi sekarang di situs Alexa :)

    ReplyDelete
  12. alexa bagiku penting. Karena itu salah satu syarat untuk bisa ikutan review.

    ReplyDelete
  13. Butuh kerja keras untuk merampingkan alexa rank mba... butuh perjuangan agar blog di percayaoleh alexa sehingga menjadi seramping mungkin.

    ReplyDelete
  14. Alexa rank berarti bagus yah mba untuk diterapkan kedalam suatu blog, apalgi yang rankingnya bagus, bisa menarik perhatian para orang yang ingin memasang iklan :) Terimakasih sharingnya. Salam sukses

    ReplyDelete
  15. sekarang ini saya sepertinya nggak keperhatiin mbak eka heheheh g tau knp sibuk mungkin :d

    ReplyDelete
  16. Alexa blog saya belum ramping-ramping juga mbak hehe

    ReplyDelete
  17. wah sudah mulai langsing lagi nih mbak alexa rank nya.. hhhmmmm bisa kesalip lagi nih alexa rank blog saya mbak hehehehe

    ReplyDelete
  18. Alexa saya lama nggak langsing-langsing nih mbak, mungkin ada yang kurang maksimal kali yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin harus didiet alami mas, biar cpt langsing, hehehe :D

      Delete
  19. Terima kasih infonya, sangat bermanfaat, penjelasannya sangat menarik sekali :)

    ReplyDelete
  20. klo alexa mulai gendut suruh diet aja mbk hehe..

    ReplyDelete
  21. nice info kak...
    owh iya kak kalo boleh minta Backlink dong..menjalin persahabatan :)
    http://www.valeriemovie.com/p/link-exchange.html

    ReplyDelete
  22. saya sih pengen banget dapat audience graphic dari alexa untuk web saya http://www.flipflopchamp.net tapi gak pernah dapat haha

    ReplyDelete
  23. Web saya http://www.uniquecardwedding.co.id alexa rank nya bagus tapi udah 2 kali kena google dance -___-

    ReplyDelete
  24. makasih bhak informasinya sangat bermamfaat sekali, :D

    ReplyDelete