Friday, January 24, 2014

Hal-hal yang Tidak Disukai Pengunjung / Visitor Blog

Setelah sebelumnya saya share tentang 4 Situs Penyedia Pasang Iklan Paling Murah di Internet. Kini saya akan membahas tentang blogging, atau lebih spesifiknya adalah kesan pengunjung blog terhadap blog kita. Blog yang bagus tentu mempunyai kepuasan tersendiri bagi admin blog. Karena blog yang bagus, asumsinya akan dapat menarik minat visitor untuk selalu mengunjungi blog kita. Namun, untuk membuat blog yang bagus itu tidak mudah. Ada berbagai aspek yang musti kita perhatikan dalam membuat dan mendesain blog, supaya para visitor akan selalu singgah di blog kita.

Tentu bagus tidaknya blog itu yang menilai bukan diri kita sendiri, melainkan para visitor. Mereka yang bisa menilai apakah blog kita bagus atau tidak?. Oleh karena itu, kita sebagai pengelola blog harus selalu mau mendengarkan masukan, saran, dan kritikan yang disampaikan oleh para visitor. Hal tersebut dikarenakan blog yang menurut kita sudah bagus, belum tentu bagus menurut visitor. Oleh karena itu, kita harus selalu bersikap "legawa" dalam menanggapi masukan dari mereka.

Dalam kesempatan ini saya ingin memberikan sedikit informasi tentang hal-hal yang dibenci oleh visitor blog. Mungkin artikel tentang hal ini sudah banyak dibicarakan oleh para master blogging, namun saya akan mengulasnya lagi dengan gaya bahasa saya sendiri, dan tentunya sesuai dengan pengalaman saya sendiri. Jangan lupa baca juga Cara Mendapatkan Pemasang Iklan di Blog Anda.
Hal-hal yang Dibenci Pengunjung / Visitor Blog

Hal-hal yang Tidak Disukai Pengunjung / Visitor Blog

1. Konten blog hasil copy-paste blog orang lain
Kalau satu atau dua artikel yang hasil plagiasi, itu tidak masalah. Namun, apabila seluruh konten merupakan hasil plagiasi itu menandakan bahwa pengelola blog tersebut tidak serius mengelola blognya. Sehingga menimbulkan visitor malas untuk mengunjungi blognya lagi.

2. Loading blog terlalu lama apabila dibuka
Terkadang tanpa kita sadari dengan banyak menggunakan berbagai widget di blog kita, menjadikan loading blog menjadi berat. Sehingga hal itu akan menimbulkan minat visitor rendah untuk mengunjungi blog kita lagi.

3. Blog terdapat iklan pop-up melayang
Ini jelas sangat mengganggu visitor ketika akan membaca konten blog, karena iklan pop-up tersebut selalu menutupi konten blog. Untuk itu, jika anda menggunakan iklan pop-up, sebaiknya iklan tersebut dinon-aktifkan, sehingga akan menyenangkan para visitor blog kita.

4. Blog terlalu banyak iklan, namun sedikit konten-nya
Hal ini terkadang sering membuat visitor kurang nyaman dengan banyaknya iklan. Tentunya hal itu juga menimbulkan loading yang berat.

5. Terdapat broken link
Ini juga perlu diperhatikan oleh pengelola blog. Karena apabila ada broken link dalam blog kita, akan menimbulkan visitor marah/kecewa/galau karena apa yang ingin mereka download ternyata tidak bisa. Oleh karena itu, jika blog anda terdapat broken link, terutama untuk download, sebaiknya anda perbaiki secepat mungkin.

6. Judul posting tidak sesuai dengan isi konten
Hal ini juga perlu diperhatikan bagi pengelola blog. Karena kesesuaian antara judul dan isi itu sangat penting. Oleh karena itu, kita perlu belajar menulis dengan baik dan benar.

7. Tulisan artikel / posting blog sulit untuk di pahami
Ini juga penting untuk diperhatikan. Penggunaan bahasa yang sederhana dan mudah difahami tentu lebih baik dibandingkan dengan penggunaan bahasa yang tinggi (intelek) yang sulit untuk difahami. Hal tersebut dikarenakan visitor blog tidak semuanya anak kuliyahan/mahasiswa atau mungkin orang birokrat, terkadang orang awam pun sering mengunjungi blog kita.

8. Tulisan posting/artikel tidak kelihatan
Ini mungkin disebabkan karena penggunaan template yang gelap, sehingga tulisan posting sulit untuk di baca.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai Hal-hal yang Tidak Disukai Pengunjung / Visitor Blog. Mudah-mudahan tulisan ini dapat menyadarkan kita semua tentang eksistensi blog kita, dengan tujuan agar para visitor betah singgah di blog kita. Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya di Ririn's Blog tentang Alasan Mengganti Domain Blogspot ke Domain Dot Com. Atas perhatiannya saya sampaikan ucapan terimakasih.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

52 komentar:

  1. Betul sekali Mba, satu lagi menurut saya, blog yang admin-nya tidak mau membalas komentar, terkesan tidak ada apresiasi kepada para pengunjungnya.

    ReplyDelete
  2. Ok mas Rasito, terimakasih banyak sudah menambahkan :)

    ReplyDelete
  3. wah iya gan ada betulnya ,, makasih atas tips"nya

    ReplyDelete
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    ReplyDelete
  5. villahomestay, mohon maaf pak komentar anda saya hapus, karena isi komentar tidak sesuai dengan topik artikel yang dibahas. Sealin itu, isi komentar anda bersifat promosi produk komersial. Mohon pikirkan baik-baik sebelum berkomentar di blog ini. Blog ini bebas spam :)

    ReplyDelete
  6. permisi mbak,di blog ini gak bisa klik kanan ya??terus setiap aku klink link selalu membuka new window,jadi agak merepotkan.saran saya,kalau bisa setiap klink link langsung buka new tab.tapi secara garis besar blognya informatif untuk newbie seperti saya.

    ReplyDelete
  7. Iya mas, kebetulan klik kanan saya non aktifkan. Mohon maaf ya bila kurang nyaman.

    Terimakasih banyak atas sarannya mas. Akan segera saya perbaiki lagi blog nya :)

    ReplyDelete
  8. loading lama kayanya blogku termasuk

    ReplyDelete
  9. sepertinya blog saya termasuk ke golongan no 2 dan sebagian no 7 ya, jadi sepi pengunjung. :-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mungkin bisa di evaluasi lagi mas dan kemudian diperbaiki agar bisa lebih baik lagi blo nya ya :)

      Delete
  10. saya sepertinya termasuk yang kurang pas dalam menerangkan atau menjabarkan kata kata nih mbak eka kudu banyak belajar lagi nih hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kita sama-sama belajar mas dan tentunya saling mengingatkan :)

      Delete
    2. betul sekali ada proses nya yah mbak :d

      Delete
  11. blog saya tidak disukai pengunjung dan dilupakan oleh search engine
    sedihnya...

    ReplyDelete
  12. langsung close aja nemu blog atau web kaya gitumah, tapi kalo ngebetmah ya terpaksa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe kalau kita yang butuh, pasti terpaksa ya mas untuk buka blog nya :D

      Delete
  13. Wah sepertinya blog saya termasuk blog yang tidak di sukai pengunjung mbak.. Soalnya belum bisa membuat artikel ya mudah di pahami pengunjung mbak.. Tapi akan saya usahakan sebisa mungkin agar artikel blog saya mudah di pahami.. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas. Belajar untuk lebih baik dari sebelumnya ya :)

      Delete
  14. terdapatnya link palsu, setelah diklik bikin kecewa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu biasanya broken link mas. Atau bisa saja link iklan kayak Adf.ly

      Delete
  15. kalau iklan pop up langsung saya tutup mbak sebab saya pakai hp nggak nyaman saja

    ReplyDelete
  16. Pngen nnya nch Mbak, gmana sch cra'y ngukur loading blog normal ap nggak... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Gunawan bisa buka tools PageSpeed Insights di url ini http://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/

      Delete
    2. Mkasih info'y Mbak, sngat membantu..

      Delete
  17. Info yang pas bagi saya untuk mengoreksi kekurangan apa saja yang harus dibenahi dari blog saya. Terimakasih sharingnya. Salam sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama mas dadang. Thanks atas kunjungannya ya :)

      Delete
  18. Iya kalau bisa kita hidari hal-hal diatas mas, soalnya nggak disukai pengunjung blog hehehe :D

    ReplyDelete
  19. Wah, beberapa poin diatas harus kita hindari ya mbak dalam blogging :-) makasih mbak artikelnya sangat memotivasi

    ReplyDelete
  20. Banyak hal yang harus di perhatikan ya mbk biar pengujung betah di blog kita :)
    kayanya mbk eka udah gx galau lagi nich gara" copaser :)

    ReplyDelete
  21. wah makasih sis ini akan menjadi patokan untuk saya dlam ngelola blog

    ReplyDelete
  22. Menurut blogger semua termasuk mbak ririn, blog mas ustadz termasuk yang gimana tuh?

    Sekarang lagi perbaikan link download mati. Makasih

    ReplyDelete
  23. terima kasih mbak Rin
    sudah mengingatkan lewat beberapa hal yang memang mesti kita terapkan ya
    sukses trus ya mbak :)

    ReplyDelete
  24. saya mah paling gk suka kalau lemot ma kebanyakan iklan :D

    ReplyDelete
  25. wah bantuin saya dapat advertise dong hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada trik nya mas. Bisa baca di halaman ini http://goo.gl/Pch5w0

      Delete
  26. Lah, ternyata ini blognya Mbak Ririn. Pantesan gaya tulisannya dan tampilan websitenya khas Mbak Ririn banget, hehe....

    Sukses, Mbak! :D

    ReplyDelete
  27. ohw gitu ya mbak hal-hal yang tidak disukai pengunjung
    kira-kira kalau blogku apa ya mbak kekurangannya agar pengunjungnya banyak

    ReplyDelete
  28. Hehehee trims rin infonya.. Kalau aku paling malas biasanya kalau buka blog yang ada iklan melayangnya..

    ReplyDelete
  29. Menarik sekali artikel ini. Semua yang dicantumkan di sini pernah dan sampa sekarang saya sering melakukannya. Salah satunya adalah antara JUDUL dengan KONTEN sering tidak nyanbung. Saya akan perbaiki sikap

    ReplyDelete
  30. Sepertinya di blog saya juga masih banyak hal-hal yang tidak disukai pengunjung yang harus dibenahi lagi.

    ReplyDelete
  31. betul mba...
    kalau bisa buat para sahabat blogger jangan ada iklan yang melayang

    ReplyDelete
  32. Begitu ya ririn...terutama kalau loadingnya sgt lama,mbak jadi outus asa gitu.,hehe,makasih ririn

    ReplyDelete
  33. kayaknyo blogq lumayan lama loadingnya nih :D

    ReplyDelete
  34. kalau blog copy paste biasanya yang kalaupun ada komentar, cuma sekadar komentar junk comment / sekedar mencari backlink sahaja

    ReplyDelete
  35. biasanya kalau loading blog terlalu lama saya malas untuk mengunjungi mbak, kira-kira blog saya loadingnya lama nggak yah mbak? Makasih infonya :)

    ReplyDelete