Friday, October 25, 2013

Tips Hidup Sehat

Sehat itu mahal harganya. Itulah ungkapan yang tepat untuk kita dalam menjalani kehidupan ini. Pasalnya, apabila kita sehat, kita bisa melakukan rutinitas sehari-hari dengan nyaman, tanpa kendala, dan dapat berjalan lancar. Selain itu, kita bisa menikmati makanan sesuai dengan selera kita masing-masing. Beda halnya apabila kita sakit. Bisa dipastikan makanan apapun yang kita makan terasa tidak enak. Semua makanan terasa pahit, dan lain sebagainya. Selain itu, untuk mengobati penyakit yang kita derita akan banyak mengeluarkan biaya. Oleh karena itu mengapa sehat itu mahal harganya.

Apalagi di zaman modern seperti sekarang ini. Akibat perkembangan teknologi, semua hal bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Tentu hal itu juga berdampak pada pola kehidupan yang kita jalani. Banyak berbagai produk makanan yang disajikan dengan cara cepat dan instant. Sehingga kita lebih banyak memilih konsumsi makanan yang siap saji dibandingkan dengan makanan yang alami. Padahal makanan yang disajikan dengan cara cepat itu belum tentu baik untuk tubuh kita, karena didalamnya terdapat bahan-bahan kimia, seperti pengawet, pewarna, dan masih banyak lagi.
Tips Hidup Sehat
Image by polahidupsehat.web.id
Dalam kesempatan kali ini, saya ingin memberikan tips tentang hidup sehat. Tujuannya adalah agar kita bisa terbiasa dengan pola hidup sehat, dan terhindar dari penyakit. Berikut merupakan komponen-komponen penting yang harus kita perhatikan agar bisa hidup sehat.

Olahraga yang teratur
Aktivitas yang terlalu padat dalam keseharian kita, tentu harus kita imbangi dengan olahraga yang teratur. Jangan terfokus hanya pada pekerjaan atau mungkin belajar saja. Kesehatan tubuh juga perlu kita perhatikan. Pasalnya apabila tubuh sehat, aktivitas apapun akan berjalan dengan lancar. Kita bisa membiasakan diri berolahraga dipagi atau disore hari. Misalnya olahraga yang ringan adalah jogging, senam, bersepeda dan lain sebaginya.

Konsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna
Sebaiknya dalam mengkonsumsi makanan tidak boleh asal-asalan. Kita perlu memperhatikan kandungan gizi. Supaya asupan nutrisi dalam tubuh dapat terpenuhi. Makanan 4 sehat 5 sempurna sangat penting kita konsumsi. Apa saja makanan 4 sehat 5 sempurna tersebut? adalah makan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, mineral dan vitamin, dan susu.

Perbanyak minum air putih
Untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan berstamina, sebaiknya minum air putih 8 gelas setiap hari. Hal itu dimaksudkan agar asupan cairan dalam tubuh dapat terpenuhi. Apabila air putih yang kita konsumsi kurang dari 8 gelas, maka tubuh akan dehidrasi (kekurangan cairan)

Kurangi makanan dan minuman yang mengandung gula
Sebaiknya kita mengurangi makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi. Pasalnya, gula akan mempercepat efek penuaan, obesitas yang berakibat pada penimbunan lemak di lever. Selain itu, konsumsi gula yang berlebihan dapat mengakibatkan kencing manis, penyakit gula, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kadar gula dalam makanan dan minuman yang kita konsumsi sebaiknya dikurangi.

Kurangi makanan dan minuman yang berlemak
Makanan yang berlemak dapat memengaruhi kesimbangan dalam tubuh. Sebaiknya kita hindari makanan yang mengandung lemak dengan kadar tinggi. Cukuplah kita konsumsi makanan yang berlemak dengan kadar yang wajar, dalam artian tidak berlebihan.

Tidur yang teratur
Meskipun kegiatan sehari-hari sangat padat, jangan sampai kita kurang tidur. Apabila kurang tidur, maka tubuh akan terasa lemas, dan otak tidak dapat berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, sebaiknya atur tidur anda secara baik, sehingga kondisi tubuh bisa tetap fit.

Demikian tips tentang cara hidup sehat yang dapat saya sampaikan untuk anda. Semoga dapat bermanfaat.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

17 comments:

  1. waduh, sepertinya gaya hidupku kurang sehat nih... udh suka minum yg manis2, suka makan gorengan, trs suka begadang... gmana ya cara mengatasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau begitu anda harus rajin-rajin olahraga mas. Usahakan melakukan aktivita olahraga setiap hari pada saat pagi hari. Kalau bisa kebiasaan anda tersebut dihilangkan. Kalau ternyata tidak bisa dihilangkan, ya dikurangi kadar nya sedikit demi sedikit :)

      Delete
  2. untuk olah raga ini yang kadang berat, karena sudah sibuk ngeblog eits kerja maksudnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ngeblog, sudah jelas pak. Termasuk olahraga juga, yakni olahraga tangan hehe :D

      Delete
  3. Yeee dapat blog ririn yang baru hehe :D
    oh iya tolong kirim pesan ke fb saya pliz tapi pake fb mbak ririn
    Pengen nanya banyak seputar blog
    www.facebook.com/ufhiemania

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk menghubungi saya, mas lutfi bisa menggunakan Contact Form di Blog Cara Ririn. Nanti pasti saya balas. Kalau di Facebook, selain jarang saya buka, juga saya tidak bisa meng-add teman yang tidak kenal di dunia nyata. Jadi, harap maklum ya mas :)

      Delete
  4. slamat mlm mbk. wah trmksih banyak mbk tips nya sangat bermanfaat sekali mbk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama mas brebes. Silahkan dicoba tips nya ya :)

      Delete
  5. y klu lari2 tiap hari 10 pasti akan lbh cpt y mbk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul itu mas. Tapi capek juga kalau tiap hari olahraga lari-lari terus hehe :D

      Delete
  6. tips nya bagus mbak rini, sy sdh lakukan dan wow mantap, "sehat dan segar." mbk rini sndiri udh cb blom? salam kenal dari sy.
    thank's

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah dunk, masak saya yang buat tips belum mempraktekkannya hehe :D

      Delete
  7. Makasih mb atas tipsnya, tp saya susah untuk mengurangi minum kopi sehari 3x ama ngeroko juga.

    ReplyDelete
  8. ea sama-sama. Kalau bisa jangan terlalu banyak mengkonsumsi kopi dan rokok, karena hal itu kurang baik untuk kesehatan tubuh anda :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kopi aku nomor wahid, sehari tidak ngopi kepala canat-centut.

      Delete
  9. ternyata penting juga yah mbak bisa menjalankan seperti yang dijelaskan di atas supaya kita bisa hidup sehat dan tidak gampang sakit, makasih buat tipsnya :)

    ReplyDelete