Thursday, April 10, 2014

Tips Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit termasuk hal yang sering memperoleh perhatian baik pria maupun wanita. Memiliki kulit kering tentu sangat tidak nyaman. Begitu pula dengan kulit berjerawat. Kulit berjerawat tidak hanya di wajah, adakalanya juga di badan. Seiring bertambahnya usia, kulit juga mengalami penuaan. Jika tidak merawatnya dengan baik, adakalanya mengalami penuaan dini atau mengalami masalah kulit lainnya. Tentu hal ini bukan hal yang diinginkan banyak orang.

Namun Anda tidak perlu risau, karena ada beberapa Tips Menjaga Kesehatan Kulit yang bisa dilakukan. Anda bahkan bisa melakukannya setiap hari dan tidak mengeluarkan biaya mahal. Beberapa tips yang bisa dilakukan antara lain :
image by www.antiagingjakarta.com
1. Perbanyak Minum Air Putih.
Mengonsumsi banyak air putih akan membantu membuat kulit tetap lembab. Selain itu tubuh juga tidak kekurangan cairan. Air putih juga membantu mengeluarkan racun-racun maupun radikal bebas penyebab masalah kulit seperti bersisik, berjerawat dan sebagainya.

2. Kurangi Gorengan
Segala jenis makanan gorengan memang nikmat. Apalagi dinikmati dengan segelas teh hangat saat pagi hari. Lauk yang digoreng juga nikmat, seperti ayam goreng, tempe goreng dan lainnya. Namun sebaiknya Anda mengurangi makanan-makanan yang digoreng. Kalaupun ingin makanan yang dogoreng sebaiknya ganti minyang goreng tersebut menggunakan minyak zaitun atau olive oil. Terlalu banyak makanan berminyak sering menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat, bisul dan lainnya.

3. Ganti dengan Makanan yang Direbus.
Makanan yang direbus jauh lebih sehat dibandingkan dengan makanan yang digoreng. Selain itu direbus juga tidak terlalu banyak menghilangkan zat gizinya. Misalnya protein pada sebutir telur jauh lebih banyak dibandingkan dengan telur yang diceplok atau didadar. Pisang rebus juga jauh lebih aman dibandingkan pisang goreng karena tidak mengandung minyak.

4. Mengonsumsi Makanan Tinggi Zat Antioksidan
Saat ini radikal bebas sering menjadi penyebab berbagai permasalahan kesehatan termasuk pada kulit. Nah, untuk menanggulanginya kita bisa mengonsumsi banyak makanan yang mengandung antioksidan. Makanan tinggi antiokasidan juga membantu menghambat penuaan dan pengeriputan kulit. Anda bisa mengonsumsi buah-buahan dan sayuran.

5. Mengonsumsi Sayuran Mentah
Mengonsumsi sayuran mentah atau dimasak sebentar jauh lebih dirasakan manfaatnya dibandingkan sayuran yang dimasak terlalu matang. Terutama sayuran hijau. Sayuran mentah ini akan bermanfaat untuk kesehatan kulit. Membantu mempercepat penyembuhan kulit berjerawat. Selain itu sangat baik untuk saluran pencernaan.

6. Mengonsumsi Yoghurt
Konsumsi Yoghurt juga sangat baik untuk menyeimbangkan bakteri dalam usus. Bakteri baik yang akan membantu menjaga daya tahan tubuh Anda. Jika selama ini kurang suka dengan yoghurt, ada baiknya mulai mencoba untuk merasakan manfaatnya.

Nah, cukup mudah bukan? Anda bisa mempraktikannya setiap hari. Selain itu agar lebih optimal, Anda juga perlu melengkapinya dengan berolahraga, minimal seminggu sekali. Selamat mencoba!
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

22 comments:

  1. Makan makanan yang digoreng memang kurang baik untuk kesehatan kulit, terlebih lagi biasanya makanan yang di goreng mengandung koleterol tinggi yang kurang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, jadinya harus berhati-hati dan menjaga diri :D

      Delete
  2. kurangi makan gorengan itu yang perlu extra menahan ...hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul itu :D
      paling nikmat kalau gorengannya anget2 :D

      Delete
    2. hahahahahaha makin menggoda lidah..... :D

      Delete
  3. saya minum air putihnya kurang nih mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga masih kurang, perlu diingetin :D

      Delete
  4. Replies
    1. benar, emang sulit, tapi tetap harus dikontrol biar gak kebanyakan :D

      Delete
  5. untuk poin 5, kalo kebanyakan makan sayur mentah nanti malah tumbuh bulu, seperti kambing bos, hehehe...

    ReplyDelete
  6. Memang terbukti kok Mbak, sejak rajin minum air putih kulit ku jadi lebih kenyal dan sehat :D

    ReplyDelete
  7. Kalau saya sangat setuju dengan perbanyak minum air putih mbak minimal 8 gelas perhari. dan setelah saya menerapkannya dalam sampai saat ini, alhamdulillah tubuh saya menjadi fit dan selalu sehat dan segar. terima kasih, Oya kalau boleh tahu FB nya ada mbak, sekaligus menambah pertemanan melalui media Sosial

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, banyak minum air putih baik untuk kesehatan :D

      Delete
  8. ini dia mbak eka saya sulit untuk makanan sayuran dan buah buahan bisa nya cuma ngopi nih :d

    ReplyDelete
    Replies
    1. mulai makan sayur dan buah juga mas, biar seimbang :D

      Delete
  9. wah yang paling berat makan sayuran mentah tuh mbak,lawong yg mateng aja aq nggak suka loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe,
      termasuk timun juga gak suka? timun juga termasuk sayur, bisa tuh buat lalapan :D

      Delete
  10. wah banyak juga ya tips yang diutarakan
    thanks mbak atas ulasannya
    salam kenal admin Diankp

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama :)
      salam kenal juga mas onqi :)

      Delete
  11. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete