Tuesday, April 22, 2014

Cara Tepat Menumbuhkan Minat Baca

Cara Tepat Menumbuhkan Minat Baca - Manfaat  membaca  tidak perlu diragukan lagi. Hanya saja, tidak semua orang suka membaca. Ada sebagian orang menganggap membaca itu menyenangkan. Ada pula yang menganggap membaca itu membosankan. Padahal membaca memberikan efek yang luar biasa. Tidak hanya dalam jangka pendek tetapi juga jangka panjang. Membaca bisa meningkatkan kemampuan berfikir otak kita. Membaca mampu mencegah kepikunan. Manfaat membaca juga bisa dirasakan 20 hingga 25 tahun ke depan. Artinya membaca sangat baik untuk perkembangan anak, remaja, dewasa maupun untuk orang tua.

Untuk meningkatkan minat membaca membutuhkan kesabaran dan tidak bisa dipaksakan. Jika ingin menumbuhkan minat baca pada anak bisa dilakukan bahkan sejak masih dalam kandungan. Hal ini bisa direncanakannya bersama pasangan. Misalnya dengan membuat jadwal saling bergantian membacakan buku pada anak yang masih dalam kandungan. Selain mampu membiasakan anak dengan suara orang tuanya juga mampu meningkatkan hubungan antara anak dan orang tua. Selain itu membacakan buku bisa memperkenalkan kosakata bahasa yang digunakan sehari-hari.
Cara Tepat Menumbuhkan Minat Baca
image by b11pauduns.blogspot.com
Selanjutnya setelah anak lahir, kebiasaan membacakan buku pun tetap dilakukan. Apalagi otak bayi usia o hingga 3 tahun merupakan masa dimana sangat mudah menerima informasi. Anak usia balita bisa dibacakan buku-buku dengan kosakata sederhana. Membacakan buku atau mendongeng bisa dilakukan kapan saja. Buku yang dibacakan tersebut juga bisa diberikan pada anak. Tidak perlu khawatir buku akan sobek. Hal ini termasuk proses pengenalan buku pada anak.

Meningkatkan minat baca  juga dipengaruhi oleh orang-orang di sekitarnya. Jika menginginkan anak, adik, kakak, pasangan ataupun teman juga memiliki minat baca maka Anda juga harus rajin membaca. Pastikan di dekat Anda juga terdapat buku yang bisa dibaca kapan saja dan dimana saja. Kebiasaan membaca Anda juga bisa membuat orang lain  tertarik membaca. Selain itu ketika mengobrol dengan teman bisa menambahkan berbagai informasi yang telah dibaca sebelumnya bisa melalui buku atau situs internet. Hal ini tentu juga meningkatkan minat baca orang lain.

Memberikan hadiah buku untuk acara-acara tertentu. Membiasakan memberikan hadiah buku pada anak, teman, adik atau kakak juga termasuk  upaya dalam meningkatkan minat membaca. Jika anak suka  membaca komik maka hadiahkan pula komik. Berikan komik yang sesuai usia mereka karena tidak semua komik diperuntukkan anak-anak. Ada komik remaja bahkan dewasa. Menghadiahkan buku karya sendiri pada teman juga bisa dilakukan.

Jika Anda seorang guru atau pendidik yang ingin meningkatkan minat baca pada anak didik Anda, maka minta mereka untuk menceritakan kembali buku yang dibaca. Anda bisa meminta mereka membaca sebuah buku. Kemudian minta mereka menuliskan atau menceritakan kembali isi buku tersebut dengan gaya mereka sendiri. Masing-masing siswa bisa diminta membaca buku dengan judul yang sama atau berbeda. Bisa langsung satu buku atau justru tiap bab. Selain meningkatkan minat baca cara tersebut juga bisa meningkatkan kebiasaan menulis dan meminimalisir kebiasaan copy paste atau plagiarisme.

Demikian Cara Tepat Menumbuhkan Minat Baca yang bisa dilakukan sehari-hari dan tentu dibutuhkan kesabaran untuk memperoleh hasilnya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

21 comments:

  1. Selamat siang Mbak simak artikel bermanfaat ini.
    Dengan cara ini akan lebih memudahkan pembaca
    pada content blog kita yah Mbak. terima kasih atas berbaginya

    ReplyDelete
  2. Bersyukur dapat pertamax di artikelnya Mbak Dian.
    Cara menumbuhkan minat pembaca akan saya coba Mbak Dian makasih :)

    ReplyDelete
  3. Dari kecil aku suka baca buku karena banyak disuguhi buku ensiklopedia bergambar, Mbak. :D Seru deh, ngga ada habisnya buat dilahap ^^

    ReplyDelete
  4. bermanfaat banget nih. terima kasih.
    mampir ya http://www.dunia-artikelku.com/

    ReplyDelete
  5. Iya nih.. Minat baca masyarakat kita masih dibawah standart

    ReplyDelete
  6. waktu kecil aku suka sekali baca majalah bobo, sekarang udah gde kangen rasanya ama itu majalah

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga masih suka baca majalah bobo sampai sekarang :))

      Delete
  7. dari dulu aku memang minatnya baca dan suka cari tahu tentang sejarah, ngomong2 kok fontnya kecil kali ya, agar sulit dibaca seperti aku, mata agak labun hehe.. maaf banyak mengeluh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. novel dg setting sejarah juga oke :)

      Delete
  8. penting bgt ya membaca buku,apalagi sekarang jaman makin modern,anak2 lebih suka mencari informasi dari internet daripada membaca buku

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups! harus seimbang antara internet dan buku :)

      Delete
  9. Dengan membaca banyak sekali manfaatnya ya Mbak, bisa mnambah ilmu..

    ReplyDelete