Thursday, January 2, 2014

Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk

Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk - Kebiasaan buruk adalah aktivitas fisik atau non fisik yang bersifat negatif yang mana sering dilakukan oleh seseorang baik dalam kondisi sadar atau tidak. Ada banyak sekali jenis dan macam kebiasaan buruk itu. Dan apabila dibiasakan, maka akan berdampak negatif bagi seseorang yang melakukan kebiasaan tersebut.

Kebiasaan buruk misalnya, kebiasaan merokok, sering terlambat masuk sekolah atau kantor, sering bangun kesiangan, sering begadang, sering mengkonsumsi minuman keras, dan masih banyak lagi. Khusus untuk kebiasaan merokok, anda bisa melakukan tindakan preventif ataupun kuratif. Baca selengkapnya tentang Cara Menghilangkan Kebiasaan Merokok yang pernah saya share beberapa waktu yang lalu.

Untuk menghilangkan sebuah kebiasaan atau sering disebut bad habit tidaklah mudah. Butuh perjuangan yang keras, dan juga dedikasi yang tinggi. Selain itu, yang tak kalah penting adalah butuh adanya kesadaran dari individu tersebut ingin berusaha meninggalkan kebiasaan buruk dan juga ingin merubahnya.
Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk
Image by Shutterstock.com/chaoss
Beberapa waktu yang lalu saya sudah share tentang Cara Menghilangkan Bau Mulut sebagai panduan dan tips praktis bagi anda. Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk. Berikut adalah uraiannya.

Menyesali Perbuatan
Langkah awal yang perlu anda lakukan adalah dengan cara menyesali perbuatan tersebut. Dengan menyesal, maka anda berfikir kalau ternyata kebiasaan tersebut tidak baik untuk dilakukan dan bisa membuat dampak negatif bagi diri sendiri maupun orang lain.

Ingat Dampak Negatifnya!
Namanya juga kebiasaan, pasti apabila ditinggalkan ingin sekali mengulangi hal itu lagi baik dalam keadaan sadar atau tidak. Disini, anda perlu mengingat dampak negatif nya ketika dan atau sebelum melakukan perbuatan itu. Sehingga, apabila anda ingat dampaknya, besar kemungkinan anda akan mengurungkan niatnya untuk memulai kebiasaan buruk tersebut.

Ingin Berubah
Selalu tanamkan sikap dan niat ingin merubah dan meninggalkan kebiasaan buruk manakala anda ingin mengulangi kebiasaan tersebut. Mungkin, mengucapkan niat itu lebih mudah dibandingkan dengan melaksanakannya. Untuk itu, selain ada niat, sebaiknya juga dibuktikan dengan pelaksanaan. Sehingga anda tidak dibilang tobat sambal.

Mengubah Kebiasaan buruk dengan Kebiasaan Baik
Agar anda bisa meninggalkan kebiasaan buruk, maka hendaknya anda menggantinya dengan kebiasaan baik. Awalnya memang sulit, tapi kalau anda mau berusaha dengan keras, pasti lama kelamaan akan berhasil. Kuncinya: There is a will, there is a way yang artinya Jika ada kemauan, disitu pasti ada jalan. So, don't worry. God bless you.

Demikian informasi yang bisa saya share untuk anda tentang Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk. Mudah-mudahan bisa bermanfaat. Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya tentang Diet dengan Cara Mengkonsumsi Makanan Nabati (Vegetarian). Kurang lebihnya saya mohon maaf dan terimakasih atas atensinya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

56 comments:

  1. Lingkungan yang buruk bisa membuat seseorang akan mempunyai kebiasaan yang buruk juga, jadi jika bisa menghindari lingkungan sekitar yang membawa dampak buruk, maka kebiasaan yang buruk juga bisa dihilangkan dengan sendirinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oya lupa nih, selamat tahun baru ya Mbak Rin :)

      Delete
    2. Iya selamat tahun baru juga ya :)

      Lingkungan pergaulan memang mempengaruhi kebiasaan seseorang mas :)

      Delete
    3. Wah terimakasih mbak atas informasinya, saya juga banyak kebiasaat buruk mbak. jadi bisa ni tipsnya mbak :)

      Delete
    4. kebiasaan buruk itu memang sulit dihilangkan ya mbak, apa lagi jika kita tidak tahu kalau kebiasaan kita itu buruk jika dilihat oleh orang lain, hmmm :D
      makasih tipsnya :)

      Delete
  2. nice tips mbak ririn...
    sangat berguna sekali

    ReplyDelete
  3. Kadang sudah ditanamkan sikap baik dan positif mbak tapi terkadang sifat burukpun datang lagi...yang pasti itu sifat malas dan juga rasa putus asa
    makasih sharingnya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sebaiknya jangan di ulangi lagi mbak kebiasaan tersebut, karena nggak baik untuk diri kita :)

      Delete
  4. Di antara kebiasaan buruk yang dituliskan, kebiasaan merokok paling susah menghilangkannya karena sudah kecanduan, mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya di kurangi pak kadar nya, soalnya bisa menyebabkan kantong kering (kanker) hehehe :D

      Delete
  5. untuk kbiasaan lain mudah buat ninggalinnya tapi kalo ngeroko susah sih

    ReplyDelete
  6. Impressive information, very interesting. It is difficult to change bad habits

    ReplyDelete
  7. Yang paling berat menghilangkan kebiasaan merokok, soalnya lingkungan saya semua perokok, berkali-kali sudah dicoba, gagal lagi ... gagal lagi .. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti perlu bergaul dengan orang yang nggak merokok mas supaya nggak ikut-ikutan teman :)

      Delete
    2. Mungkin mudah mmberi solusi cuman praktek nya mba yg susah..
      ga segampang membalikan telapak tangan..

      Delete
  8. Memang semua itu kembali lagi pada yang menjalani mbak
    jika mempunyai keinginan tuk berubah pasi dan yakin bisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul itu mas. Kalau ada kemauan, pasti disitu diberi jalan kemudahan ya mas :)

      Delete
  9. mungkin kalau ingat dengan dampak perbuatan buruk yang kita lakukan sedikit akan mengurangi kita untuk melakukannya ya mbak.. hehehe terimakasih mbak ririn tips nya..? semoga saya bisa menghilangkan kebiasaan buruk saya.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi sebelum bertindak, harus memikirkan konsekuensi nya dulu ya mas :)

      Delete
  10. sepetinya mbak eka lulusan psikolog ni yah :)
    memang bener sih mbak semua perbuatan akan menuai hasil , pikiran positif untuk apa yang akan terjadi menjadi pembawaan diri yang positif pula

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwwk saya bukan alumnus jurusan psikologi mas :D

      Delete
  11. Kebiasaan buruk memang menjadikan seseorang menjadi bermales2an sehingga terjadi penyesalan yang mendalam bila teringat keburukannya mba... di coba trik di atas siapa tau bisa membantu kebisaaan buruk saya. :D

    ReplyDelete
  12. Kalau ada kemauan untuk berubah pasti ada jalan terbaiknya ya..

    ReplyDelete
  13. Untuk merubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik harus melakukan usaha yang cukup berat ya mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nama nya juga kebiasaan mas, pasti sulit banget untuk mengubahnya :)

      Delete
  14. Replies
    1. Ingin berubah jadi super man atau satria baja hitam nich hehe peace :D

      Delete
  15. susah juga ya mbk mengubah kebiasaan buruk ni,tpi klo ada niat yg kuat dan dibarengi dg tindakan,semua yg sulit bisa diatasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang semua itu kembali pada niat mas untuk mengubahnya :)

      Delete
  16. Mengubah kebiasaan itu tidak mudah ya Mbak, apalagi kalo adat yang dibawa sejak lahir :)
    Tanpa dorongan dan keinginan yang kuat, semua yang dilakuakan pasti akan sia-sia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mas. jadi ada usaha dan tekad yang kuat apabila ingin mengubah kebiasaan tersebut :)

      Delete
  17. telat telat tapi sempet, kalau merokok itu gampang mba di hilangin, dengan gak punya uang dan ngunci diri di kamar sampai setahun hehehe

    ReplyDelete
  18. tapi ada yg susah dihilangkan tuh bagaimana mbak ? :)

    ReplyDelete
  19. hayo siapa tu yang sering berbuat buruk? buruan dihilangkan !
    kalau saya, gimana mau dihilangkan buruknya emang saya orangnya buruk. kalau dihilangkan buruknya ya hilang sekalian orangnya. hehee

    terimakasih mbk tipsnya..

    ReplyDelete
  20. Kebiasaan bangun siang ini yang menjadi sifat buruk. Selalu ada penyesalan dan pengen merubah. Tapi tak berselang lama kambuh lagi :D

    ReplyDelete
  21. Hal itu dapat berjalan dengan lancar apabila terdapat kemauan diri sendiri

    ReplyDelete
  22. bener banget tuh mbak, selalu ingat tuhan dengan rajin beribadah juga tuh. nambahin :D

    ReplyDelete
  23. kayanya susah deeh, bagai makan sambal haha

    ReplyDelete
  24. Niatnya hampir sama dengan taubat yah mba :D

    ReplyDelete
  25. nah ini baruu informasi yang sangat luar biasa gan,, saya sebenarnya juga punya kebiasaan buruk, ketika mau di hilangin kayaknya susaaaaahhh bgt,, untung ada informasi agan,, jadi saya mulai belajar menghilangkan kebiasaan buruk,, terima kasih banyak informasinya gan, sangat bermanfaat. :D

    ReplyDelete
  26. kebiasaan buruk tentunya susah dihilangkan kalau tidak ada kemauan dan niat yang kuat yah mbak, makasih buat tipsnya, saya juga masih banyak hal yang perlu saya perbaharui lagi :)

    ReplyDelete
  27. Muantapp sekali tipsnya :D saya suka bermanfaat sist

    ReplyDelete
  28. Dengan adanya cara di atas semoga di tahun 2014 ini kita semuah bisa meninggalkan kebiasaan buruk di tahun 2013 sebelum nya ya.

    ReplyDelete
  29. Tips yang bermanfaat. Intinya kalau ingin menghilangkan kebiasaan buruk, harus karena kemauan sendiri, bukan karena paksaan orang lain :)

    ReplyDelete
  30. insya Allah...makasih ririn atas perkongsiannya

    ReplyDelete