Thursday, August 29, 2013

Cara Menghilangkan Kebiasaan Merokok

Cara Menghilangkan Kebiasaan Merokok - Merokok adalah kebiasaan buruk yang musti kita hilangkan. Pasalnya, kebiasaan tersebut selain dapat mengakibatkan beragam penyakit, juga dapat mengakibatkan uang kita cepat habis. Kebiasaan merokok merupakan gaya hidup boros yang mana eksistensinya perlu dan penting untuk kita kurangi, dan kita hilangkan. Selain berdampak pada diri sendiri, kebiasaan tersebut juga bisa berdampak kepada orang lain dan lingkungan. Oleh karena itu mengapa dalam bidang kesehatan, kebiasaan tersebut amat sangat dilarang.

Kebiasaan tersebut sulit untuk dihilangkan bagi perokok berat. Pasalnya, kebiasaan tersebut sudah menjadi bagian dari hidupnya. Mungkin untuk menghentikan kebiasaan tersebut tidak bisa secara instan. Butuh adanya langkah-langkah yang tepat dan bertahap, yakni sedikit demi sedikit. Berikut ini adalah tips yang dapat anda lakukan untuk berhenti dari kebiasaan merokok.

Cara Menghilangkan Kebiasaan Merokok

1. Niat untuk berhenti secara sungguh-sungguh
Langkah pertama yang perlu anda lakukan untuk berhenti merokok adalah niat. Niat hendaknya tidak hanya dalam bentuk ucapan, namun juga perlu di niati dalam hati, bahwa anda benar-benar ingin berhenti dari kebiasaan buruk tersebut.
Cara Menghilangkan Kebiasaan Merokok
Image by onlinereadingcorner.com
2. Gosok gigi setelah makan
Biasanya seorang perokok, mulutnya akan terasa masam apabila setelah makan ia tidak langsung merokok. Oleh karena itu, silahkan gosok gigi setelah anda selesai makan. Maka bisa dipastikan mulut anda tidak akan masam lagi, yang mana pada gilirannya tidak akan menimbulkan keinginan untuk merokok.

3. Hindari bergaul dengan perokok
Faktor lingkungan juga sangat memengaruhi kebiasaan merokok. Orang yang sering bergaul dengan perokok, maka ia juga akan ikut merokok. Silahkan anda batasi pergaulan anda apabila anda ingin berhenti merokok. Kurangi waktu anda untuk bergaul dengan para perokok. Dan perbanyaklah bergaul dengan teman yang tidak merokok.

4. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran
Banyak berbagai penelitian telah menyebutkan bahwa dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan dapat mengurangi kebiasaan merokok. Pasalnya apabila kita sering mengkonsumsi buah dan sayur, maka keinginan merokok menjadi berkurang. Dengan memperbanyak makan buah dan sayur, maka tubuh kita akan menjadi lebih sehat dan berstamina.

5. Perbanyak minum air putih
Biasanya seorang perokok sering mengkonsumsi alkohol dan kopi. Karena memang keduanya adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Oleh karena itu, apabila anda ingin berhenti merokok, maka gantilah minuman anda tersebut dengan memperbanyak minum air putih. Cukup minum air putih 2 liter perhari atau setara dengan 8 gelas, agar tubuh tetap fit dan sehat.

6. Kurangi beban pikiran yang terlalu berat
Beban pikiran yang terlalu berat juga dapat memicu keinginan untuk merokok. Karena dengan merokok mereka akan merasa rileks dan enjoy atas beban pikiran yang mereka alami. Oleh karena itu, sebaiknya anda hindari stress yang terlalu berat. Apabila anda stress berat, silahkan ganti kebiasaan merokok tersebut dengan jalan-jalan atau rekreasi untuk menghilangkan stress.

Demikian informasi tentang Cara Menghilangkan Kebiasaan Merokok yang dapat saya sampaikan untuk anda. Semoga dapat bermanfaat.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

15 comments:

  1. Sebenarnya saya sangat benci dengan yang namanya rokok dan pengen bakar semua pabriknya mbak. Tapi berhubung itu melanggar hukum, jadi rokoknya sajalah yang saya bakar satu persatu. *_*

    ReplyDelete
  2. Wah kalau begitu itu ya sama dengan bohong mas. Hehehehe :D

    ReplyDelete
  3. Itu adalah bentuk dari ketidak senangan saya mbak sama rokok.
    Kesel rasanya kalau liat rokok makanya tiap ada langsung saya bakar 1/1. *_*

    ReplyDelete
  4. Kalau benar-benar tidak senang ya jangan dibakar mas, tapi dibuang hehehe :D :P

    ReplyDelete
  5. untungnya saya nggak pernah merokok, mudah-mudahan paru-paru saya bersih dan sehat yah hehe...

    ReplyDelete
  6. Wah bagus itu mas. Itu baru hidup sehat :)

    ReplyDelete
  7. mending gak makan sehari daripada gak merokok satu hari -_-"

    ReplyDelete
  8. kalau bisa dihentikan mas kebiasaan tersebut, karena akan erdampak pada tubuh anda. bisa kesehatan tubuh, juga bisa ekonomi yang akan terganggu :)

    ReplyDelete
  9. Wah kalo q kok susah ya, mau berhenti merokok, sepertinya dah kecanduan dech,, wkwkwkwk :*

    ReplyDelete
  10. Wah sayang sekali ya mas kalau ternyata kebiasaan buruk tersebut, sudah anda lakukan. Sebaiknya anda kurangi kebiasaan merokok tersebut atau kalau bisa dihentikan. Karena hal itu berdampak buruk bagi kesehatan dan keuangan anda :)

    ReplyDelete
  11. .
    Meroko mati tidak meroko mati lebih baik meroko sampe mati

    ReplyDelete
  12. Ea lebih baik tidak merokok mas karena hal itu tidak baik bagi kesehatan anda. Lebih baik mencegah timbulnya penyakit daripada mengobati :)

    ReplyDelete
  13. hehe susah mbak berhenti ngerokok, udh pernah nyoba tips dengan makan permen klo keinginan merokok lagi kambuh, emang berhasil sih tapi cuma beberapa bulan :(, Yang susah saya hindari itu tips nomor 2, hindari bergaul dengan perokok, secara temen2 saya semua perokok mbak. Hehe bisa-bisa saya jadi butiran debu klo gak ada temen haha :D

    ReplyDelete
  14. Untuk mengurangi kebiasaan meroko memang tidak mudah Mba, apalagi dengan pekerjaan yang menuntut dengan pikiran, tapi bisa di coba pelan-pelan ya.....


    Salam

    ReplyDelete
  15. tipsnya masih kurangbuat ane ninggalin rokok....huhu

    ReplyDelete