Tuesday, June 11, 2013

Diet dengan Cara Mengkonsumsi Makanan Nabati (Vegetarian)

Diet dengan Cara Mengkonsumsi Makanan Nabati (Vegetarian) - Banyak orang percaya bahwa mengkonsumsi makanan nabati atau vegetarian adalah upaya untuk menerapkan pola hidup sehat. Cara ini sering dipilih untuk melakukan diet oleh sebagian orang. Namun, menjadi vegetarian tidaklah mudah. Perlu adanya proses penyesuaian atau adaptasi dalam mengubah pola makan yang mana biasanya kita memakan makanan nabati dan hewani, kini hanya memakan makanan nabati saja. Hal ini juga memunculkan pertanyaan, apakah seluruh asupan gizi dapat terpenuhi dengan pola makan nabati ini?

Ada berbagai manfaat apabila pola makan vegetarian ini bisa diterapkan dalam kehidupan kita, yakni tidak hanya menurunkan berat badan saja, namun diet vegetarian juga dapat menjadi treatment untuk penyakit tertentu. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilaporkan oleh jurnal American Dietetic Association, diet vegetarian terbukti bermanfaat pada kesehatan. Diantaranya menurunkan kadar kolesterol darah, menurunkan resiko penyakit jantung, darah rendah, kanker, hipertensi, dan diabetes.

Diet dengan Cara Mengkonsumsi Makanan Nabati (Vegetarian)
Image by medicalera.com
Meski vegetarian tidak mendapatkan asupan nutrisi hewani, kebutuhan ini mampu dipenuhi oleh makanan nabati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai macam makanan nabati yang dikonsumsi dalam satu hari dapat menyediakan semua asam amino esensial dan memastikan retensi nitrogen memadai yang berguna untuk kesehatan orang dewasa.

Kebutuhan gizi yang umumnya terkandung pada makanan hewani juga dapat dipenuhi oleh makanan nabati. Kalsium misalnya, zat ini banyak terkandung dalam jenis makanan hijau seperti brokoli, kubis, sawi, kangkung, dan lobak hijau.

Diet vegetarian yang terencana cocok diterapkan tiap orang, termasuk remaja, ibu hamil dan menyusui. Diet pada remaja dapat membantu anak dalam membiasakan diri pada pola makan sehat. Remaja yang terbiasa dengan asupan gizi nabati terbukti rendah kolesterol dan lemak jenuh.

Agar tubuh tetap terjaga kesehatannya, seseorang yang menjalankan diet vegetarian perlu mengkonsumsi makanan lengkap berupa biji-bijian, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak, serta telur bila diinginkan. Berdasarkan alasan tersebut, diet vegetarian juga termasuk usaha menciptakan pola hidup sehat.

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

0 comments:

Post a Comment