Sunday, February 16, 2014

Sekilas Tentang Hosting dan Domain

Hosting dan domain memang bukanlah sesuatu yang baru untuk para blogger. Pasalnya, kita selalu bersentuhan dengan mereka ketika kita ngeblog. Adalah sangat langka sekali orang ngeblog tanpa hosting dan domain. Mungkin bisa dibilang mustahil hehehe :D

Semua situs web pasti memerlukan hosting dan domain. Pertanyaan nya, apa sih hosting dan domain? Untuk pemahaman yang lebih mudah, hosting ibarat sebuah rumah. Dan domain ibarat sebuah alamat rumah. Dari situ sudah jelas kan? Yang mana alamat rumah menunjukkan letak dimana rumah tersebut berada. Sedangkan rumah itu sendiri merupakan tempat dimana kita bisa menyimpan berbagai macam perabotan rumah tangga seperti lemari, meja, tv, dan lain-lain.

Sama seperti hal nya dengan domain dan hosting di internet. Domain merupakan sebuah alamat url yang mana apabila di akses akan menuju ke halaman webiste/blog tertentu. Adapaun hosting merupakan tempat untuk menyimpan berbagai file secara online seperti gambar, teks/tulisan, video, mp3, software, game, dan masih banyak lagi. Jangan lupa baca juga Alasan Mengganti Domain Blogspot ke Domain Dot Com.
Sekilas Tentang Hosting dan Domain
Domain dan Hosting di Blogger/Blogspot
Bagi anda pengguna Blogger baik disadari atau tidak, anda tetap menggunakan hosting dan domain. Biasanya domain dari Blogger ini berbentuk sub domain Blogspot. Dan untuk hosting nya, sebenarnya tidak berada di Blogger, melainkan berada di url ini http://3.bp.blogspot.com untuk gambar dan http://googleusercontent.com untuk komentar. Dan juga tersimpan di Picasa Web Album http://picasaweb.google.com.

Bagaimana Jika Kita Custom Domain dari Blogspot ke Domain Dot Com?
Seperti yang dijelaskan diatas bahwa yang berubah adalah alamat rumah nya saja, bukan rumah nya yang barubah. Jadi, meskipun kita sudah gantai domain dot com untuk blog kita, tetap saja kita menggunakan hosting di Blogger/Blogspot.

Nantinya, apabila domain blogspot di akses, maka secara langsung akan di alihkan (redirect) ke domain dot com. Percaya nggak percaya, silahkan anda coba akses domain blogspot saya di url ini http://ririnx.blogspot.com. Nanti pasti langsung akan di alihkan ke domain dot com http://www.dicintai.com.

Domain dan Hosting Sendiri (Berbayar)
Beda halnya jika kita beli hosting dan domain sendiri di Situs Penyedia Layanan Web Hosting. Semua data dan domain tersimpan menjadi satu. Gambar atau video tersimpan di hosting milik kita sendiri. Kita pasang plugin juga tersimpan di hosting blog kita. Yang berbeda hanya foto / avatar komentator yakni di simpan di situs Gravatar. Sehingga, apabila kita punya blog dengan domain dan hosting berbayar, maka ketika di akses hanya mentransfer data hosting kita saja, kecuali kita pasang widget dan plugin dari luar.

Demikian informasi sederhana yang bisa saya share untuk anda tentang hosting dan domain. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kita semua. Jangan lewatkan posting menarik lainnya di Blog Dicintai.com tentang Tips Memasang Iklan di Blog yang Baik dan Benar. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan terimakasih atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

33 comments:

  1. Terimakasih udah share infonya mbak, jujur saja saya masih kurang paham betul dengan yang namanya hosting dan domain. Hanya sekedar tahu namanya saja tapi untuk mempraktekannya saya belum paham banget :)

    ReplyDelete
  2. info yg menarik..blogspot ke domain dot com gratis gak ? klu ranking alexanya kira2 berubah gak? alamat untuk login ditunjukan kemana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. domain dot com berbayar mas. Ranking alexa dari awal. Log in di www.blogger.com

      Delete
  3. Terimakasih atas penjelasanya mbak ririn.
    Saya sebenernya juga pengen sih mengganti domain blog saya. Tapi masih belum sempat. Sambil nyari nyari domain yang bagus mbak, biar nggak mbetotong lagi hehehehehe

    ReplyDelete
  4. kalo blog saya masih menggunakan hosting dan domain dari blogger. ^_^

    ReplyDelete
  5. we jadi beda yah penyedia domain sama hsating. Kalau kelebihan dan kekurangan hosting berbayar dan gratisan gimana yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. masing-masing tentu punya kelebihan dan kelemahan mas :)

      Delete
    2. Tapi yg namanya gratisan..gak bisa berharap lebih deh :)

      Delete
  6. Kalau dari sub domain blogspot kemudian sekalian domain dan hostingnya ganti bisa gak mbak, trus apa kelebihannya ...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. blogspot ga bisa ganti hosting karena ga ada software yang bisa diinstall selayaknya wordpress.

      Jadi lebih aman karena hosting sendiri ga ada penghapusan hehe

      Delete
    2. Oh gitu ya ..
      berarti tinggal ganti domain saja ..

      Delete
  7. saya sendiri inginnya hosting sendiri namun kelak saja kalau sudah waktunya berganti soalnya sekarang masih aman blog saya hehe

    ReplyDelete
  8. thanks mbak da berbagi ilmu walaupun cuma sekilas
    hehehe

    ReplyDelete
  9. sebenarnya saya pengen ganti domain ke dot com mbak tapi uangnya kurang

    ReplyDelete
  10. sampai saat ini saya masih setia dengan domain dan hosting bawaan blogger hehe. tapi terimakasih atas artikelnya mbak, saya jadi ebih paham tentang hosting dan domain

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah nih mbak setelah baca penjelasan seputar hosting dan domain di atas..saya dapat banyak pengetahuan baru jadinya... :)

    Terima kasih ya mbak Rin..
    Sukses always :)

    ReplyDelete
  12. Kalau dirubah menjadi dot com, jadi lebih kelihatan situs yang sudah bagus gitu yah mba :D Salam sukses

    ReplyDelete
  13. Mantap mbak, nambah wawasan saya :D

    ReplyDelete
  14. untuk hosting gambar saya cuba guna blogger mb' jadi blogger saya gunakan untuk hosting gambar sahaja

    ReplyDelete
  15. Mencoba berpikir secara mendalam untuk membeli hosting sendiri, sebab kebebasan mempunyai hosting sendiri adalah eksperimen yang lebih nyata (jangan bingung ya mbak!!!!)

    ReplyDelete
  16. Kalau ganti domain tidak harus sewa hosting ya mba, cuma bayar domain doang kan ?

    ReplyDelete
  17. Aku takutnya alexa sama PR hilang. Tapi sih aku belum dapet PR hehe

    ReplyDelete
  18. ohya mengenai hosting ini, dengan memakai domain & hosting sendiri kira2 bisa meperingan loding blog kita gak ya mbk??

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak faktor yang mempengaruhi loading blog, antara lain:
      1. server hosting
      2. template blog
      3. widget yang dipasang di blog
      4. ukuran gambar yang dimasukkan dalam postingan, dll

      Delete
    2. Oh begitu ya, terima kasih penjelasannya.

      ohya, sekedar ingin tau kira2 gimana loading blog saya yang sekarang jika di akses dari sana mbk?? sebelumnya makasih..

      Delete
    3. koneksi internet saya tidak bisa dijadika patokan mas. Yang bisa di jadikan patokan adalah Google Pagespeed Insight di url ini http://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/

      Kalau angka nya 86-100 itu sudah lumayan ringan. Kalau dibawah 86 itu loading nya berat :)

      Delete
  19. oh gitu ya mbak,baru tau nih perbedaan keduanya

    ReplyDelete
  20. penjelesannya sangat jelas dan gamblang mbak, makasih pencerahannya n slm sukse buat mbak Eka yg cantix n pinter :)

    ReplyDelete