Friday, February 14, 2014

Macam-macam Web Browser untuk Internetan

Web Browser merupakan perangkat lunak (software) yang sering digunakan untuk mengakses internet. Perangkat lunak tersebut umumnya berbasis open sources yang mana dapat di download secara gratis di internet. Kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan Mozila Firefox dan Google Chrome, karena sudah sangat akrab kita gunakan ketika kita online. Namun, ternyata web browser tidak hanya dua itu saja, masih ada Opera Mini dan Internet Explore, serta masih banyak lagi. Dalam kesempatan kali ini saya akan sedikit mengulas tentang jenis-jenis web browser dengan sedikit uraian tentang kelebihan dan kelemahannya. Dengan begitu harapanya setelah kita kenal betul dengan web browser, kita bisa memilih mana yang terbaik yang akan kita gunakan untuk berselancar di dunia maya. Berikut merupakan penjelasannya. Jangan lupa baca juga artikel yang relevan Cara Meningkatkan Pageview Blog dengan Mudah.

Google Chrome
Google Chrome merupakan web browser produk dari perusahaan Google Inc. Web browser ini mempunyai loading yang sangat ringan dan jarang terjadi eror. Selain itu, web browser ini sepenuhnya terintegrasi dengan website Google. Hal itu tercermin ketika kita membuka pertama kali web browser ini, langsung muncul website Google Penelusuran. Software ini sangat cocok digunakan untuk mengakses media sosial seperti Facebook, Google+, Twitter, atau Koran Digital seperti Kompas, Detik, Suara Merdeka, dan masih banyak lagi. Banyak manfaat yang akan kita peroleh dengan menggunakn web browser ini. Sejauh ini saya belum menemukan kekurangan dari Google Chrome.
Macam-macam Web Browser

Mozila Firefox
Mozila Firefox merupakan web browser yang cukup mudah untuk digunakan. Web browser ini bisa diunduh secara gratis di website resminya. Ketika kita menggunakan web browser ini, kita harus rajin update, karena Mozila Firefox sering mengeluarkan produk terbarunya. Meskipun demikian, web browser ini saat ini sudah banyak digunakan. Di Indonesia, banyak netizen yang telah menggunakan web browser ini untuk berselancar di internet. Ada beberapa kelemahan dari Mozila Firefox, antara lain sebagai berikut: (i) untuk menampilkan gambar gerak di internet (gambar flash), web browser ini memerlukan software flash plyer, (ii) sering mengalami eror ketika membuka tab terlalu banyak, (iii) loading agak terlalu berat ketika membuka website yang berat, dan masih banyak lagi. Baca juga Cara Memasang AdBlock di Mozilla Firefox.

Opera Mini
Web browser ini mempunyai loading yang sangat ringan dibandingkan dengan web browser yang lain. Namun, di Indonesia sangat jarang digunakan. Mungkin karena menu atau options-nya terlalu sulit untuk dipahami. Namun, ternyata web browser ini sering digunakan pada hand phone, bukan pada komputer (PC). Software Opera Mini ini bisa anda dapatkan di website resminya.

Internet Explorer
Internet explorer ini merupakan software produk dari perusahaan Microsoft Inc. Sehingga ketika kita menginstall windows di komputer/laptop kita, web browser ini sudah ikut di install juga. Namun, jarang netizen yang menggunakan web browser ini untuk mengakses internet, terutama di Indonesia. Mungkin karena loading yang cukup lama sehingga menjadikan masyarakat Indonesia jarang yang menggunakan web browser ini.

Demikian sedikit penjelasan tentang beberapa web browser yang lazim kita gunakan untuk surving di dunia maya. Sebenarnya masih banyak lagi software-software yang lain. Namun, saya kurang begitu paham. Atas perhatiannya saya sampaikan ucapan terimakasih. Jangan lewatkan posting menarik lainnya di Blog Dicintai.com tentang Cara Menampilkan Foto pada Hasil Pencarian Google.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

36 comments:

  1. Aku dari sejak mengenal internet selalu pakai Mozila Firefox, Mbak...udah terbiasa soale, pernah juga sih pake Opera dan Google Chrome, tapi kayaknya masih enakan Mozila!

    ReplyDelete
  2. Itu tergantung kenyamanan dan selera saja mas, mau menggunakan web brwser yang mana itu terserah, yang penting nyaman ketika digunakan :)

    ReplyDelete
  3. coba Comet Bird mbak. itu sama bagus nya dengan Google Chrome.. :D

    tapi saya lebih suka pakai Google Chrome, walaupun sering ngadat tapi tampilan nya bagus...

    ReplyDelete
  4. Wah software apa itu mas saya malah baru dengar hehehe :D
    Sepertinya menarik dan patut untuk dicoba web browser Comet Bird sebagai solusi alternatif jika browser yang kita gunakan mengalami kendala. Thanks mas Daniel sudah menambahkan :)

    ReplyDelete
  5. saya pakai chrome mbak Rin, ada terjemahan otomatisnya, hehehe :D
    thx infonya :)

    ReplyDelete
  6. Hehee aku pernah downloag chrome di hpku nggak bisa dibuka and mozila firefox aku pernah coba juga tapi mbnya kegedean buat di hpku..
    Operamini buat di hp itu lumayan gampang rin
    And aku biasanya pakai Uc browser ..
    Kalau nggak browser milik hpnya sendiri

    ReplyDelete
  7. yang pake IE juga sepertinya sudah jarang ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mbak, soalnya loading nya agak lama hhehe :D

      Delete
  8. Ternyata saya kuper juga nieh mbak Ririn. Saya dari dulu hanya pake mozilla firefox di komputer dan opera mini di hp. Nggak pernah coba pake google chrome.

    ReplyDelete
  9. satu lagi safari milik Apple.inc
    tapi kalau saya sih pake Google Chrome karena canggih n super cepat, terus terhubung ke google hangout chatting

    ReplyDelete
  10. saya pernah pake chrome tapi malah berat lodingnya, apanya ya kira2 yang salah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin nggak cocok mas komputer nya pakai crhome hehehe :D

      Delete
    2. iya kali mbk, maklumlah komputernya udah lanjut usia. hehe

      Delete
  11. saya masih setia dengan google chrome mbak
    hehehe

    ReplyDelete
  12. Sudah pernah coba semuanya mbak yang paling cepat itu chrome dan firefox. dan yang berat dan lelet opera dan IE.

    ReplyDelete
  13. kalau saya biasa pakai mozila firefox mbak soalnya diwarnet rata rata pake itu

    ReplyDelete
  14. dari ke 4 browser di atas.. hanya yang terahir yang saya tidak pernah pake mbak.. sekalipun saya nggak pernah pake internet explorer. meski di pc ada. nggak tau kenapa saya kurang tertarik dengan internet explorer hehehehe

    ReplyDelete
  15. gak tahu ya mbak sy seringnya pki mozila firefox karena unggulnya loading cepat, competible dg widget apapun, klu google chome loading agak berat kadang ada widget yg gak bisa muncul, operamini biasa digunakan hy di hp, sebenarnya sy ingin sih dapatin PR dr google, benar atau salah harus sering gunakan produk2 google hehe

    ReplyDelete
  16. inget dulu masih gunain hp java mbak Rin...saya setia banget pake opmin..
    cuma kalo utk browser via pc..saya nyaman pake mozila :)

    ReplyDelete
  17. kalau saya internetan pakai browser bawaan hp mbak lebih ringan aksesnya...semua sih ada tapi ya tidak cocok buat hp..kalau opera mini malah tidak asik nggak tau kenapa

    ReplyDelete
  18. klo q pake firefox mbak,,sebenernya sih lebih cepet yg chrome,,tp berhubung semua bookmark ada di firefox,,jd ya gitu deh,,hehehe

    ReplyDelete
  19. Saya kalo di PC sering pake chrome, soalnya kalau Firefox sering terjadi Crash :)

    ReplyDelete
  20. Selamat malam Mbak Ririn. wah pass mengena deh artikelnya Mbak
    Saya pakai Google chrome juga mozilla keren dah pokonya yah Mbak makasih :)

    ReplyDelete
  21. ane paling suka sama firefox and google chrome mbak...hehe

    ReplyDelete
  22. Dari 4 Browser di atas secara hakikat saya memilih Opera, selain ringan tampilan opera tidak neko-neko. Akan tetapi Opera termasuk dalam daftar Web Browser yang tidak didukung google, Kenapa Ya!! :D

    ReplyDelete
  23. Dulu saya seneng pake Mozilla sama opera mini, tapi sekarang lebih suka pake chrome ..

    ReplyDelete
  24. kalo pake IE ribet banget dan pastinya gk nyaman banget buat internetan wkwkwk

    ReplyDelete
  25. Sampai saat ini saya masih setia sama mozila sejak pertama saya mengenalnya. Belum terpikir untuk menduakannya atau bahkan menggantikannya

    ReplyDelete
  26. saya lebih suka pakai chrome mbk,soalnya lebih ringan dibanding browser lainnya

    ReplyDelete
  27. kalo saya biasanya make google chrome master. ^_^

    ReplyDelete
  28. dulu saya pernah nyoba beberapa browser, dari beberapa broser yang saya coba saya guna amozilla sebagai browser utama dan second broser saya guna flock mb'

    ReplyDelete