Saturday, June 29, 2013

Cara Mencuci Baju yang baik dan Benar

Cara Mencuci Baju yang baik dan Benar - Sebenarnya mencuci baju/pakaian bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Apalagi bagi seorang wanita, tentu sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Selain mereka sudah terlatih dan sering, juga sudah terbiasa dengan pekerjaan mencuci pakaian. Lalu bagaimana dengan pria? itulah masalahnya. Tidak semua pria bisa mencuci baju. Tapi skill tersebut perlu dan penting untuk dimiliki karena apabila mereka hidup diperantauan diharuskan hidup mandiri. Nyuci sendiri, makan sendiri, dan lain sebagaianya.

Bukankah sekarang sudah banyak jasa laundry? yang bisa mencucikan baju kita kepada jasa tersebut. Selain itu sekarang juga sudah banyak adanya mesin cuci yang bisa mempermudah proses pencucian baju? Iya benar sekali, kini semua hal sudah enak dan dapat dengan mudah untuk dilakukan dengan adanya perkembangan teknologi. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah apakah kita akan selalu menggantungkan pada teknologi terus? tentu jawabannya tidak, karena bagaiamanapun kita harus bisa berlatih mandiri untuk melakukan segala hal, meskipun sudah ada kemajuan dan perkembangan zaman yang serba canggih ini.
langkah langkah mencuci baju dengan benar
Image by gaptekupdate.com
Sebenarnya banyak manfaat yang bisa kita peroleh apabila kita mencuci baju sendiri antara lain (i) kita bisa hidup hemat karena tanpa mengeluarkan banyak biaya, (ii) dapat melatih kemandirian kita agar tidak selalu menggantungkan diri pada seseorang ataupun teknologi, (iii) hasil cucian bisa lebih bersih karena kita tahu mana bagian yang kotor dan tidak, (iv) olahraga agar tubuh kita bergerak dan pada akhirnya bisa sehat.

Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang tata cara mencuci pakaian/baju dengan baik dan benar. Berikut adalah langkah-langkahnya. Mohon disimak baik-baik ya.

Cara Mencuci Baju yang baik dan Benar

(i) Siapkan sabun detergen dan 2 ember yang akan digunakan untuk mencuci. Ambil baju anda yang kotor. Pisahkan antara baju yag mudah luntur dengan pakaian putih. Berarti dalam hal ini anda mencuci dua ember

(ii) Silahkan baju anda direndam dalam ember. Beri air secukupnya dan sabun detergen secukupnya. Silahkan rendam selama kurang lebih  1 jam sehingga kotoran/kuman yang menempel pada pakaian bisa hilang dan detergen sudah bekerja dengan efektif.

(iii) Setelah proses merendam selesai, silahakn pakaian anda disikat dengan sikat khusus cucian. Baju anda jangan disikat semuanya. Anda hanya perlu menyikat pakaian pada bagian tertentu saja yang sering kotor yakni pada bagian kerah/leher dan bagian lengan untuk baju, sedangkan untuk celana/rok itu bisanya pada bagian atas dan bawah.

(iv) Setelah anda selesai menyikat baju, alangkah baiknya anda bilas terlebih dahulu dan setelah bersih baru kemudian anda rendam lagi dengan sabun pewangi selama kurang lebih setengah jam. Setelah itu anda tidak perlu membilas lagi, tapi pakaian anda cukup diperas saja supaya kadar air dalam pakaian dapat berkurang.

(v) Langkah selanjutnya adalah proses menjemur pakaian. Untuk menjemur, sebaiknya anda gunakan henger, tujuannya apa? supaya pakaian anda tidak kusut, sehingga bisa rapi setelah kering nanti. Jangan lupa sebelum dijemur, pastikan anda sudah memerasnya sehingga kadar airnya benar-benar sedikit.

(vi) Usahakan dalam menjemur pakaian itu tidak pada tempat yang panas dan terkena langsung sinar matahari. Hal itu disebabkan warna pakaian mudah pudar karena panas matahari. Oleh karena itu, usahakan dalam menjemur itu pada tempat yang teduh namun banyak angin, sehingga proses pengeringan pakaian dapat berlangsung cepat.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Mencuci Baju yang baik dan Benar. Semoga dapat bermanfaat. Terimakasih banyak atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

19 comments:

  1. Wah bagus mbak sharenya, alhamdulillah aku udah ada istri yg nyuciin baju aku. jadi gak perlu report2 nyuci sendiri hehe....

    ReplyDelete
  2. Hehehe seorang suami paling-tidak juga harus bisa mencuci sendiri. Misalnya kalau istri sedang proses persalinan, bisa dipastikan dia tidak bisa mencuci. Oleh karena itu, suami harus berperan menggantikan sang istri, dalam hal ini adalah mencuci baju. :)

    ReplyDelete
  3. Ini adalah tips yang baik, meskipun yang nyuciin baju saya adalah ibu mertua, he he he
    tapi, kalau beliau pulang kampuang alhasil saya dan suami harus mencuci juga...

    ReplyDelete
  4. Banyak manfaatnya mbak apabila kita mau mencuci baju sendiri :)

    Thanks ya sudah berbagi :)

    ReplyDelete
  5. wah senangnya dapat ilmu mencuci baju yang baik dan benar di blog super ini :-)

    ReplyDelete
  6. Terimakasih banyak Pak Hariyanto atas apresiasinya :)

    ReplyDelete
  7. baru tau ternyata mencuci bajupun harus dikerjakan oleh ahlinya ya...pantesan kalau aku bantuin nyuci...bukannya dapet pujian karena dibantu...malah diomelin....ternyata caranya salah y.

    ReplyDelete
  8. Tidak harus dikerjakan oleh ahlinya kok pak. Siapa saja boleh mencuci baju. Kalau kita belum bisa mencuci baju sendiri, misalnya masih menggantungkan diri dengan mesin cuci, kita perlu belajar untuk mencuci pakaian secara manual dengan baik dan benar. Pakai ember, sikat, dan tangan. Tips diatas adalah panduan sederhana saja. Untuk selanjutnya bisa dikelambangkan lagi oleh kita masing-masing. Thanks pak sudah sharing pengalaman yang cukup menarik :)

    ReplyDelete
  9. hehehe bs aja mba ririn ide idenya ya, tp bagus ko bermanfaat sekali. kaya aku dulu waktu nyuci hampir sama apalagi pas jemurin aku paling tdk suka di tempat yang panas (dibawah terik matahari). hebat untuk mba ririn.

    ReplyDelete
  10. Hehehehe sebenarnya tips ini adalah hal sepele yang jarang diperhatikan oleh orang, karena kita sudah terlena dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini. Oleh karena itu, dengan adanya tips ini, paling-tidak bisa memberikan panduan praktis kepada siapa saja yang hendak belajar mencuci pakaian secara manual. Sehingga kita tidak selalu menggantungkan diri kepada mesin cuci atau mungkin jasa laundry.

    Terkait dengan lokasi jemuran, memang paling bagus di tempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari secara langsung, tapi harus banyak angin. Soalnya kalau angin nya sedikit, maka jemuran tersebut juga kering nya lama.

    Terimakasih banyak Pak Deep atas apresiasinya. Salam :)

    ReplyDelete
  11. Terima kasih infonya, sangat bermanfaat sekali, kebetulan saya suka membantu ibu saya mencuci, jadi tahu cara mencuci yang benar :)

    ReplyDelete
  12. Emng Mbak Ririn klo d rmah nyuci baju juga ya...

    ReplyDelete
  13. Thanks sob atas informasinya :)
    salam kenal :)

    Tersexy.com

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  15. Memang Artikel Mbak Ririn bagus..ko. kalau segala mengandalkan mesin/pembantu.... si anak akan menjadi pemalas seumur hidup... kalau kita mendidik anak untuk rajin..dan di siplin.. ga akan ada ruginya.. bila anak kelak dewasa..... segala yang dihadapinya pasti tak akan menjadi mudah......... dan pasti kalau orang rajin itu akan di mudahkan....Aminnn... Bagusss sekali......Hatur Thank Yu...

    ReplyDelete
  16. Terima kasih sudah menambah wawasan saya mbak ;D

    ReplyDelete
  17. Prepare, lebih suka mencuci secara manual, selain olahraga jg lbh bersih berbanding mesin cuci...

    ReplyDelete