Thursday, December 26, 2013

Cara Mencuci Sepeda Motor yang Baik dan Benar

Mencuci sepeda motor sebenarnya bukan merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Pasalnya, kita semua sering mencuci motor kita sendiri, apabila kita punya motor. Namun, terkadang bagi orang yang beruang atau mungkin super sibuk, untuk masalah yang satu ini sering kali di serahkan kepada tempat pencucian motor. Saya kira hal itu sah-sah saja, karena semua itu pilihan. Tapi alangkah baik nya kita mencuci motor sendiri, karena ada berbagai manfaat yang bisa kita peroleh.

Apa saja sih manfaat dari mencuci motor sendiri? Antara lain adalah (i) kita bisa melatih sikap mandiri, dalam artian tidak selalu menggantungkan diri pada orang lain, (ii) kita bisa menghemat uang saku kita, karena untuk menucuci sendiri tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, (iii) kita bisa olah raga karena tubuh kita bergerak, (iv) cucian hasil kerja kita sendiri tentunya lebih bersih, karena kan itu motor milik kita sendiri, dan masih banyak lagi manfaatnya.

Apalagi Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis yang mana mempunyai 2 musim, yakni musim kemarau dan musim penghujan. Ketika musim kemarau tiba, motor kita pasti sering kepanasan dan juga sering terkena debu, sehingga membuat sepeda motor kesayangan kita jadi kotor. Sehingga mau tidak mau kita harus mencucinya agar motor kita bisa bersih dan kinclong. Selain itu, ketika musim penghujan tiba, sudah bisa dipastikan motor kita sering kehujanan, yang mana bisa membuat bagian-bagian (onderdil) terutama besi motor berpotensi karatan. Nah, agar tidak karatan kita perlu segera mencucinya setelah motor tersebut kehujanan.
Cara Mencuci Sepeda Motor yang Baik dan Benar
Image by welovehonda.com
Setelah sebelumnya saya membahas tentang Cara Mencuci Baju yang Baik dan Benar sebagai panduan praktis buat anda sekalian yang ingin belajar cuci mencuci. Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Cara Mencuci Sepeda Motor yang Baik dan Benar. Berikut adalah langkah-langkahnya. Silahkan perhatikan secara seksama ya.

1. Jika anda punya selang, gunakan selang aja untuk mencuci motor karena lebih cepat dan mudah. Namun, apabila anda nggak punya, silahkan siapkan ember yang berisikan air bersih.

2. Siapkan shampo motor yang merupakan sabun khusus untuk mencuci motor. Kalau nggak punya, bisa pakai shampoo anda juga nggak apa-apa hehe :D

3. Diharapkan kondisi motor anda dalam keadaan mati. Selain itu, motor yang baru saja digunakan, sebaiknya di diamkan dulu beberapa menit agar mesin yang masih panas bisa dingin.

4. Setelah motor siap, shampo motor siap dan air juga sudah siap, silahkan siram dan basahi motor anda secara keseluruhan, mulai dari kepala, body, ban, sampai pada onderdil nya.

5. Setelah motor basah, silahkan gosokkan shampoo yang sudah disiapkan tadi. Untuk bagian kepala, body, ban yang masih terjangkau dengan tangan, silahkan gunakan kain atau busa/gabus. Untuk bagian dalam yang tidak terjangkau, anda bisa memakai sikat khusus agar bagian tersebut bisa bersih.

6. Setelah selesai, silahkan bilas motor anda hingga bersih dan tidak meninggalkan busa atau shampo sedikitpun.

7. Silahkan tunggu beberapa menit agar motor anda bisa bener-benar kering. Apabila anda pengen cepat kering, silahkan di lap saja menggunakan kain bersih.

8. Setelah motor benar-benar kering, silahkan semir motor anda agar terlihat kinclong dan mengkilap seperti motor yang masih baru. Perlu dicatat bahwa sebaiknya bagian jok itu jangan di semir. Hal itu dikarenakan bisa membuat jok motor jadi licin, sehingga tidak nyaman.

Bagaimana? Caranya sangat mudah kan? Kini giliran anda yang mencobanya. Good luck ya!

Demikian informasi yang dapat saya share untuk anda tentang Cara Mencuci Sepeda Motor yang Baik dan Benar sebagai panduan praktis bagi anda yang ingin membersihkan dan memandikan motor kesayangan anda. Semoga bisa bermanfaat. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya tentang Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar. Terimakasih atas atensinya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

36 comments:

  1. Ternyata mencuci motor ada manfaatnya, terima kasih infonya, sangat bermanfaat sekali ^_^

    ReplyDelete
  2. Mencuci sepeda motor bertujuan agar tetap bersih dan awet ya mbak. Tentu saja lebih bagus dicuci sendiri karena beberapa manfaat yang mbak tulis di atas...Terima kasih sharenya, mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul itu mas, seratus buat mas uda hehehe :D

      Delete
  3. terimakasih infonya kak :) jujur aku ga pernah nyuci motor sendiri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah harus latihan tuh cuci motor sendiri biar belajar mandiri (mandi sendiri) hehehe :D

      Delete
    2. wkwkk mbak ririn bisa aja becandanya :D hehe tapi ntar deh aku nyuci sendiri :D

      Delete
  4. Mbak ririn nyuci motornya dimana? di rumah apa di tempat cuci motor?

    ReplyDelete
  5. wah makasih tips nya sis, bermanfaat bgt bagi kita

    ReplyDelete
  6. wah terimakasih mbak tipsnya.. kalau saya sih biasanya cuman pake sabun colet saja mbak, nggak pernah pake sampho motor.. soalnya motor saya biasa saja mbak. kalau motor saya seperti yang di gambar di atas ya pasti pake shampo hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk motor yang ada di gambar di atas itu lumayan mahal mas dan pasti nya keren abizz hehehe :D

      Delete
  7. kalo saya suka pakenya, tapi males mandiinnya :D

    ReplyDelete
  8. hehehehe, bermanfaat mbak, sekarang kan musim hujan, pasti banyak yang googling cari artikel ini :D :D

    ReplyDelete
  9. klo saya sering mbak nyuci motor,tpi klo musim hujan gini agak jarang paling cuma di lap doang biar tetep bersih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agak malas juga ya kalau tiaphari cuci motor, soalnya nanti pasti kehujanan lagi motor nya hehehe :D

      Delete
  10. kalo bisa dibilang motor pacar kedua mbak eka hehehehe di elus elus di lap lap ampe mengkilat
    tips nya sepertinya bisa bikin awet body cat :) makasih share nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ada pacar kedua, pasti ada pacar pertama dan pacar ketiga nich wkwkwk :D

      Delete
  11. Hal yang sederhana tapi patut kita koreksi bahwasanya mencuci motor sendiri memiliki berbagai manfaat :D Salam sukses mba ririn

    ReplyDelete
  12. Jujur nggak pernah cuci motor nih mbak...sebabnya nggak ada waktu

    ReplyDelete
  13. Ya setidaknya seminggu sekali motor dicuci apalagi tepat di musim hujan ini.

    Kalau mencuci motor ampe bagian dalam memang merepotkan tak jarang kena besetan tangan itu. Makanya ada yang memilih dicuci orang lain ya bisa dibilang shodaqoh juga loh mbak.

    Apalagi kalau mas ustadz disuruh cuciin motor ama mbak ririnnya, waah ga bakal nolak saya hehe

    ReplyDelete
  14. mencuci motor juga harus tahu caranya ya mbak, kalau nggak hati-hati sehabis dicuci malah motornya mati :D

    ReplyDelete
  15. wahh saya kadang2 saat cuci motornya gak bersih, tapi setelah baca artikelnya mbak ririn bisa bersih kali ya??

    hehehehe

    ReplyDelete
  16. Sedikit tips yang membantu sekali mbak khusus pengguna sepeda motor karena seharusnya motor harus bersih dan mengkilap biar enak dilihat dan mantap dibawa.

    ReplyDelete
  17. Khusus bagi pencinta motor, biasa yang selalu igin motornya tampil bersih, maka tips ini akan sangat berguna, motornya akan jadi bersih ya mbak :)

    ReplyDelete
  18. Kalau pakai lap biasa Takut Lecet mba, mending pakai kanebo.
    oya tambahin pakai oli chainlube buat Gir motor. hehe

    ReplyDelete
  19. tu motor sape mbak rin???
    keren bener..wlkwlkwlk

    ReplyDelete
  20. Motor mesti mandi juga toh, tapi kalo g dimandiin jadi bau g ya? (hehe)

    ReplyDelete
  21. motor tuh hrus dicuci biar keren

    ReplyDelete
  22. .. Boleh di terapin nih tips ~ tips nya, Makasih sudah share. . . . . .

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  26. Terimakasih informasinya dari artikel anda, tentang Cara mencuci sepeda motor yang baik dan benar berikut artikel yang terkait tersebut di CARA MENCUCI SEPEDA MOTOR YANG BAIK DAN BENAR

    NB: Mohon tolong admin untuk di approve komentar saya, kita saling membantu saja...kalau tidak ada dirugiakan apa salahnya saling membantu,, untuk kepentingan Seo dan kepentingan pengunjung blog anda mendapatkan informasi yang terkait terimakasih admin

    ReplyDelete