Tuesday, December 17, 2013

Gejala Masuk Angin dan Cara Mengobatinya

Hai hai hai, bagaimana kabar anda hari ini? dengan aktifitas sehari-hari yang begitu padat dan banyak, tidak terasa waktu begitu cepat berlalu dan musim pun sudah berganti. Semoga perubahan musim ini tidak mengganggu kita, terutama dalam masalah kesehataan tubuh kita. Amin.

Pembaca yang budiman, saat kita sibuk dan asyik dengan pekerjaan kita, sering kali kita lupa dengan kondisi tubuh kita. Sehingga, ada berbagai macam jenis penyakit yang sudah mengincar kita dan siap untuk menyerang tubuh kita secara tiba-tiba tanpa kita sadari sebelumnya, contohnya: flu, batuk, pusing, dan lain-lain. Dan sepertinya hal itu sudah menjadi hal yang biasa bagi kita, malah bisa disebut penyakit langganan. Tapi bagaimana dengan masuk angin? pernahkah anda mengalaminya? tentu saja sebagian orang pernah mengalaminya, apalagi bagi penduduk Indonesia istilah masuk angin ini sudah sangat familiar sekali.

Ya, masuk angin! Itulah istilah yang sering kita dengar untuk menyebutkan nama dari jenis penyakit ini. Apakah benar masuk angin ini adalah suatu jenis penyakit atau apa? sebenarnya apa itu masuk angin? bagaimana gejalanya? apa saja penyebabnya? bagaimana pula cara mencegah dan mengobatinya? sepertinya sederet pertanyaan tersebut mewakili rasa ingin tahu anda tentang masuk angin, berikut ini akan saya jelaskan tentang apa itu masuk angin. Perlu anda ketahui, masuk angin sebenarnya bukan suatu penyakit, tapi itu adalah tanda-tanda kalau tubuh anda sedang kurang sehat karena menurunnya daya tahan tubuh anda.
cara mengobati masuk angin
Image by kesehatku.blogspot.com
Berikut ini akan saya jelaskan tentang gejala dari masuk angin. Adapun gejala-gejala yang timbul akibat masuk angin adalah sebagai berikut:
1. Pusing
Gejala pusing ini bisa disebabkan oleh kurangnya jam istirahat anda. Apalagi saat anda begadang tip malam, tentu tubuh anda sering kena angin malam. Selain itu, bisa juga karena kurang lancarnya suplay aliran oksigen (O2) ke otak, sehingga anda cepat merasa pusing dan kurang konsentrasi.

2. Perut kembung dan mual
Nah, inilah gejala yang sering orang sebut sebagai tanda kalau tubuh mengalami masuk angin. Padahal, sebenarnya kembung ini adalah dampak dari anda yang telat makan atau jadwal makan yang tidak teratur. Dengan perut yang kosong akan membuat lambung memproduksi asam lambung, apalagi saat anda bekerja tentunya butuh konsentrasi maksimal, hal itu akan meningkatkan produksi asam lambung sehingga perut akan terasa sebah yang mengakibatkan anda merasa mual.

3. Lemas
Rasa lemas ini bisa terjadi kalau anda sedang lapar dan kekurangan asupan nutrisi dari makanan yang anda konsumsi, hal ini juga berkaitan dengan jadwal makan anda yang kurang teratur tadi.

4. Badan terasa pegal
Rasa pegal ini muncul jika anda terlalu lelah bekerja, karena terlalu memforsir tenaga untuk beraktifitas. Selain itu juga karena kurangnya asupan vitamin neurotropik dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

5. Keluar kerigat dingin
Keringat dingin ini akan tejadi jika anda menahan rasa sakit. Kadang saat beraktifitas tiba-tiba anda merasakan pusing atau mual atau yang lainnya, saat itu anda tidak sempat istirahat karena pekerjaan yang menumpuk, akhirnya anda memilih untuk menahannya dan keluarlah keringat dingin dari tubuh Anda.

Nah, dari penjabaran gejala-gejala tadi dapat kita tarik kesimpulan, bahwa sebagian besar gejala masuk angin ini disebabkan oleh asupan makanan dan nutrisi yang kurang serta kurangnya waktu istirahat. Semua hal itu akan menyebabkan badan kita menjadi kurang fit dan melemahnya daya tahan tubuh kita, sehingga tubuh kita akan mudah terserang berbagai jenis penyakit, apalagi pada saat pergantian musim.

Setelah kita tau penyebab dan gejalanya, berikut ini akan saya sampaikan cara mencegah dan mengobatinya, simak baik-baik ya:
a. Istirahat yang cukup
Semangat kerja memang sangat penting, tapi anda juga tidak boleh mengabaikan kondisi tubuh anda, apalagi sampai begadang tiap malam. Banyaknya tenaga yang dikeluarkan pada saat anda beraktifitas harus diimbangi juga dengan istirahat yang cukup pula, agar ada keseimbangan dalam hidup ini.

b. Makan yang teratur dan bergizi
Sepertinya masalah makan ini sepele, tapi kalau diabaikan malah akan menjadi fatal akibatnya. Selain jadwal makan yang teratur, nutrisi dari makanan yang dikonsumsi harus diperhatikan juga. Agar bisa mengembalikan tenaga serta meningkatkan daya tahan tubuh anda.

c. Konsumsi jahe hangat
Apabila sudah keluar keringat dingin, minumlah jahe hangat agar tubuh anda menjadi hangat dan menetralkan suhu tubuh anda, kalau perlu jahe tersebut hasil rebusan sendiri yang jelas kandungan jahenya lebih banyak dan lebih alami.

d. Jika perut kembung, olesi minyak kayu putih

e. Konsumsi suplemen multivitamin neurotropik jika diperlukan
Pada intinya untuk mencegah dan mengobatinya, kita harus meningkatkan daya tahan tubuh kita agar tidak mudah terserang penyakit.

Itulah sedikit ulasan saya mengenai masuk angin, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Baca juga artikel menarik lainnya tentang Cara Mengobati Diare secara Alami. Thanks for your attention :)
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

52 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. wah gk jadi ke dokter nih. hehe
    terimakasih juga mbk atas share & kunjungannya ke blog saya.

    ReplyDelete
  3. iya ke dokter juga perlu, kalau sudah kefefet hehehe :D
    thanks ya sudah singgah kemari :)

    ReplyDelete
  4. Saya juga agak sering masuk angin utamanya jika telat sarapan atau habis olahraga dan berkeringat dingin terus madi.
    Walaupun tidak dianjurkan, saya sering kerokan, minum teh panas.
    Terima kasih Tipsnya yang sanngat bermanfaat.

    ReplyDelete
  5. sebaiknya jaga kesehatan pak karena kalau masuk angin bisa bahaya buat tubuh kita, yang mana bisa menyebabkan penyakit lain. Terimakasih banyak atas kunjungannya ya :)

    ReplyDelete
  6. kak blog kakak yg cara ririn mana? kok ga ada?

    ReplyDelete
  7. owh itu blog di hapus sama mbah gugel mbak. Menyedihkan hikz
    Sekarang sedang mengajukan banding, semoga aja bisa diterima dan dipulihkan lagi blog nya :)
    Do'ain kakak ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. turut bersedih atas kejadian yang menimpa blog Mbak Ririn, pantesan saya tidak bisa masuk ke blog cara-ririn :(
      semoga cepet dikembalikan blog nya mbak :)

      Delete
    2. waduhh padahal banyak artikel yang mantap dan keren-keren di blog cara ririn,, sabar ya sob.. mudah-mudahan bisa balek lagi,, walopun diam2 dan jarang komen saya termasuk orang yang sering baca2 di sana dan isi blognya banyak yg berguna...

      Delete
    3. hemmm mungkin karena kaka keseringan pake OpenID, banyak yang bilang OpenID itu dianggap spam kaa oleh google :( hemm semoga aja banding kaka dikabulin, biar cara ririn update lagi ;)

      Delete
    4. Aamiin, Insya Allah yah mbak rin :)

      Delete
    5. Amiin saya ikut mendoakan juga, besok pagi pas bangun blognya pulih kembali

      Delete
    6. apa saya satu-satunya yang katrok ya...??? kok baru sadar ya :(, semoga bisa kembali ya mbak Rin :)

      Delete
    7. semoga blog Cara Ririn bisa kembali lagi, kangen :)

      Delete
  8. makasih mumpung ane lagi masuk angin ini -_-

    ReplyDelete
  9. Iya sama-sama :)
    Terimakasih atas kunjungannya ya :)

    ReplyDelete
  10. Mantap sob! Saya hanya bisa membantu dngan do'a agar blog cara ririn kembali. BTW kenapa sob blognya di hapus?

    ReplyDelete
  11. izin nyimak aja dah . .buat jaga-jaga
    semoga nggak usah masuk angin segala , ,
    thanks mbak ririn

    ReplyDelete
  12. bila sakit berlanjut hubungi dokter :-)

    ReplyDelete
  13. Mbak ririn maap saya OOT. Blog cara-ririn ke hapus yah? http://game-begog.blogspot.com/2013/12/heboh-blog-cara-ririn-di-hapus_17.html
    Saya langsung kaget hingga langsung melakukan posting di blog.

    ReplyDelete
  14. pindah rumah gak konfirmasi,, wah wah surat saya nyampe ke siapa ya ??

    ReplyDelete
  15. Iya gimana nih caranya...apa demo rame2 biar blognya dikembalikan atau gimana ayo..dong kasih solusi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yang saya tau sedikit di dasbord ada pengaturannya jeng.. klik urungkan penghapusan blog, nanti diminta memasukan nomor hp dan tunggu sebentar sambil berdoa...

      kalau tidak ditanggapi juga bisa mengajukan banding ke mbah google pakai bahasa inggris..

      tapi gak tau kalau menurut para master - master...

      Delete
  16. saya paling sering nih masuk angin, kena kipas angin dikit pusing plus pegal2...makanya anti sama kipas angin hehehe...

    ReplyDelete
  17. biasanya jahe hangat yang sering saya konsumsi bila masuk angin sama olesi minyak kayu putih

    ReplyDelete
  18. Ini saya suka mbak postinganya .. keren ..

    ReplyDelete

  19. kalo dah masuk angin,, apalagi sendirian,, pusing bget dah ngerasainnya

    ReplyDelete
  20. kalo masuk angin, sayamah tinggal dikerokin,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. di kerok pakai parutan ya kang eheheh

      Delete
  21. kalau saya jarang masuk angin mbak master dan tidak mau masuk angin, maklum saya sudah terbiasa di proyek dan terbiasa dengan segala cuaca kadang panas, hujan, angin kencang... semua bablas anginnya

    ReplyDelete
  22. sebelumnya saya mengucapkan turut prihatin ya mbak eka atas blogg cara-ririn. ini lah terkadang saya kurang paham dengan TOS google ini main hapus saja tanpa ada konfirmasi terlebih dahulu. maaf mbak saya agak lari sedikit komentarnya dari topik dan isi post.
    salam blogger

    ReplyDelete
  23. Huaduh, kalu lagi flu menyebalkan rasanya. makasih tipsnya ya

    ReplyDelete
  24. ane sring masuk angin... mungkin kebanyakan begadang kali ye...

    ReplyDelete
  25. mbak, yang cara-ririn kok gak bisa di kunjungi

    ReplyDelete
  26. Kalo aku sering pegel-pegel mbak, makasih mbak atas tipsnya, sangat bermnafaat :)

    ReplyDelete
  27. Alhamdulilah aku jarang sakit dengan istirahat cukup..

    turut prihatin blog ririn yang sedang terhapus.. semoga ada solusi


    ReplyDelete
  28. Sangat bermanfaat artikelnya,semoga bisa menjaga kesehatan setiap waktu, banyaklah minum air putih utk menghindari dehidrasi.

    ReplyDelete
  29. Kalau saya masuk angin suka kerokan mbak paling besoknya udah sembuh, makasih tipsnya mbak sangat bermanfaat :)
    Sekarang blognya satu aliran sama saya mbak, tetep semangat yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih...dan saya jd sering dapet info seputar kesehatan dari mas Anthonie sama mbak Rin :)

      Delete
  30. maaf mbak lgsung komen aja nih, blog cara ririn kok dihapus kenapa?
    walaupun jarang komen tapi saya selalu ngikutin lho. kenapa mbak?

    ReplyDelete
  31. Waduuh blog cara-ririn masuk angin tuh mbak.

    Hati-hati kalau dikerok salah urat syaraf bisa menyebabkan kelumpuhan dan kematian.

    Karena dalam hal ini mas ustadz juga mendalami terapi kesehatan.

    Sebaiknya langkah pertama, minum tolak angin, jangan sampai perut kosong, dan jangan banyak pikiran.

    Sangat disayangkan boleh jadi pengaruh openid dan mbak kurang jeli tidak meloloskan komen yang mengandung link soalnya itu murni spam.

    Terus alasan lain, blog mbak terkenal tapi sayang masih dihosting blogger biasanya ia benci hal itu. Sebaiknya berpindah hosting sendiri aja mbak. Kemungkinan mas ustadz juga seperti itu kalau udah terkenal alexa rank.

    ReplyDelete
  32. Beuh ... biasanya saya masuk angin kalo makannya telat, terus kondisi cuaca kurang baik,... pake cara nungging, hehe. Atau minum tolak badai ... hehehe

    ReplyDelete
  33. Biasanya kalo masuk angin saya hanya minum obat tolak angin mbak.. :)
    Dan alhamdulillah badan jd enakan lagi..hehe

    ReplyDelete
  34. ko blognya jadi beda sis, terus yang cara-ririn kmana

    ReplyDelete
  35. Saya turut berduka juga bhak atas blognya.
    sayang banget kemaren. alexa ya uda kecil banget.

    ReplyDelete
  36. Mba Ririn, ini blog barunya ya...? aku turut sedih waktu dengar beritanya dari teman-teman, tetap semangat ya mba... :)

    ReplyDelete