Friday, September 6, 2013

Cara Mengatasi Demam di Rumah

Cara Mengatasi Demam di Rumah - Para orang tua biasanya kurang tanggap apabila sang buah hati mengalami sakit demam. Tapi kemudian pada saat demam anaknya tersebut sudah tinggi, barulah mereka bingung mencari solusi untuk mengatasinya. Padahal, apabila demam itu tidak segera diatasi, bisa menyebabkan penyakit yang lebih parah lagi, bahkan bisa menyebabkan kematian. Maka dari itu, setiap orang tua harus selalu cepat tanggap apabila menemukan anaknya terserang demam. Gejala demam sering dijumpai pada masyarakat desa, tapi bagi orang yang hidup di kota juga harus tetap waspada, walaupun demam itu merupakan salah satu pertanda akan timbulnya suatu penyakit, tapi jangan pernah Anda menganggap remeh atau menyepelekan gejala demam tersebut. Seseorang bisa dikatakan demam jika suhu tubuhnya mencapai lebih dari 38 derajat celcius.

Demam dapat mengarah pada berbagai gejala penyakit, dari penyakit yang ringan sampai penyakit yang berbahaya, penyakit tersebut antara lain: Demam Berdarah Dengue (DBD), Malaria, Demam Thypoid, Influensa (COMMON COLD), Terjadinya infeksi, dan lain-lain.

Dan masih banyak lagi jenis penyakit lainnya yang semua gejalanya diawali dengan demam. Demam memang penyakit sepele tapi berbahaya, apalagi pada musim pancaroba atau pada saat pergantian musim. Demam bisa menyerang siapa saja, baik bayi, balita, anak-anak bahkan orang dewasa juga bisa terserang demam. Tapi Anda jangan terlalu cemas dengan hal itu, karena demam kebanyakan menyerang orang-orang yang daya tahan tubuhnya sedang menurun, istilah kerennya “lagi kurang fit”. Nah, untuk mengurangi kecemasan Anda semua, berikut ini akan saya berikan sedikit tips-tips untuk mengatasi demam di rumah, simak baik-baik ya:
Cara Mengatasi Demam di Rumah
Image by orinsis.com

Cara Mengatasi Demam di Rumah

1. Konsumsilah buah-buahan
Buah-buahan memang terkenal mengandung banyak vitamin yang diperlukan tubuh dalam menjaga kestabilan daya tahan tubuh kita, terutama buah yang kaya akan vitamin C. Anda harus hati-hati dalam memilih buah yang akan dikonsumsi, karena pada jaman sekarang buah saja ada yang palsu lho. Tak perlu buah yang harganya mahal untuk sehat, yang ekonomis juga ada kok, contohnya: mangga, tomat, jeruk, pisang, pepaya. Tidak ada salahnya kalau kita juga mengkonsumsi jenis buah-buahan yang lainnya, karena setiap vitamin yang terkandung dalam buah pasti sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Tapi juga perlu diingat, bagi para penderita penyakit lambung jangan terlalu banyak mengkonsumsi buah yang rasanya asam, karena bisa memperparah keadaan lambung Anda, mengkonsumsi sedikit boleh tapi jangan banyak-banyak ya.

2. Jaga kebersihan dan lestarikan lingkungan disekitar Anda
Lingkungan yang kotor sangat disukai oleh kuman dan genangan air yang ada sering dijadikan sarang nyamuk, untuk itu bersihkanlah agar lingkungan Anda menjadi bersih dan sehat. Kalau Anda mempunyai pekarangan yang bisa digunakan untuk bercocok tanam, lebih baik Anda manfaatkan daripada ditumbuhi rumput. Selain dapat ditanami bunga, bisa juga untuk ditanami TOGA (tanaman obat keluarga). Apalagi sekarang media tanam tidak harus di tanah yang luas, dibudidayakan dalam pot juga bisa. Tumbuhan selain bermanfaat untuk penghijauan lingkungan, juga bermanfaat untuk kesehatan kita serta dapat mengurangi pencemaran lingkungan karena maraknya polusi udara.

3. Jaga kebersihan badan Anda
Saat Anda keluar rumah dan beraktifitas diluar, tubuh Anda tercemar oleh berbagai kuman dan virus. Tanpa Anda sadari, Anda adalah gudang kuman dan virus bagi keluarga Anda dirumah. Oleh karena itu, sebaiknya setibanya Anda di rumah segera mandi dan bersihkan tubuh Anda dari berbagai macam kuman yang telah menempel pada tubuh Anda, agar tidak menularkan penyakit pada keluarga Anda terutama pada si kecil yang notabenya daya tahan tubuhya belum stabil seperti orang dewasa.

4. Konsumsi air putih
Air putih sangat bermanfaat bagi tubuh kita, karena air tersebut masih alami tanpa campuran zat-zat yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. Selain itu juga bisa mengurangi zat-zat sisa dari proses metabolisme dalam tubuh yang kurang bermanfaat bagi tubuh kita, dan akan dikeluarkan lewat urin atau air kencing,maupun lewat keringat.

5. Obat
Selalu sediakan obat paracetamol dalam kotak obat Anda, karena obat tersebut sangat bermanfaat untuk mengatasi demam di rumah yang muncul secara tiba-tiba. Saat timbul demam, segera atasi dengan obat paracetamol tersebut sebagai pertolongan pertama. Jika setelah mengkonsumsi obat tersebut masih belum turun demamnya, segera konsultasikan pada dokter.

6. Istirahat yang cukup
Daya tahan tubuh kita akan melemah, jika kondisi tubuh kita kurang fit. Kerja yang berlebihan dan tenaga yang terlalu terforsir, akan menyebabkan kelelahan. Saat kita lelah kondisi tubuh kita sangat lemah, apalagi jika cuaca kurang mendukung, akan membuat kita mudah sekali terjangkit suatu penyakit. Oleh karena itu, istirahatlah yang cukup, agar kondisi tubuh kita selalu fit dan daya tahan tubuh kita selalu stabil.

Itulah beberapa tips yang bisa saya berikan tentang Cara Mencegah Dan Mengatasi Demam Di Rumah, semoga tips-tips tersebut bermanfaat bagi kita semua.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

8 comments:

  1. Trimakasih atas tips mengatasi demam di rumah gan, sangat bermanfaat nih.

    ReplyDelete
  2. Iya sama-sama pak. Semoga Tips Mengobati Demam yang dijelaskan diatas bisa bermanfaat untuk kita semua :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Eka. Maaf, mungkin komen saya tidak sesuai dengan tema karena saya lebih tertarik pada isi artikelnya yang menurut saya SEMPURNA.

      Delete
    2. Ok terimakasih mbak atas apresiasinya :)
      Thanks ya sudah singgah kemari :)

      Delete
  3. Dirumahku senantiasa ada obat untuk deman dan pusing.

    ReplyDelete
  4. wah bagus itu pak, jadi selalu sedia payung sebelum hujan ya. hehehe :)

    ReplyDelete
  5. Terimakasih mbk tips"nya bisa di coba kalau suatu saat demam ^_^

    ReplyDelete
  6. iya silahkan di praktekkan mas untuk mengobati demam di rumah.

    ReplyDelete