Wednesday, July 10, 2013

Cara Mudah Membuat Bakso Di Rumah

Cara Mudah Membuat Bakso Di Rumah - Hai sobat, siapa diantara anda sekalian yang tidak suka dengan yang namanya bakso? Pasti diantara anda sekalian banyak yang suka kan. Walaupun rasa bakso itu nikmat dan menggoda selera, tapi kita harus tetap hati-hati dengan yang namanya bakso. Begitu banyaknya orang yang suka akan bakso, jumlah peminat serta konsumen bakso pun kian hari makin bertambah. Dengan memanfaatkan fenomena ini, masih saja ada oknum-oknum nakal yang berlaku curang, memang tidak ada salahnya kalau ingin untung besar dengan modal yang kecil, tapi jangan sampai mengorbankan orang lain. Sampai saat ini, berbagai kasus kecurangan yang dilakukan oleh oknum-oknum nakal lewat olahan bakso mulai terkuak, antara lain:

Kasus Masalah Bakso di Masyarakat Indonesia

1. Pengolahan bakso yang dicampur formalin
Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya formalin kan? yupz, formalin adalah zat pengawet untuk mayat. Pernahkah Anda membayangkan kalau zat yang diciptakan untuk megawetkan mayat berubah menjadi campuran bahan makanan yang dikonsumsi manusia? Sungguh suatu kenyataan yang meresahkan. Misalnya ada sebuah warung bakso yang menjual bakso dengan formalin dan dalam sehari ada 10 orang yang mengkonsumsi baksonya, sudah jelas ada 10 korban dari bakso berformalin. Tapi jika warung semacam itu menjamur dimana-mana dan setiap hari ada orang yang mengkonsumsinya, berapa korban lagi yang harus menderita karena bakso dengan formalin tersebut? Sudah tak bisa dibayangkan lagi jumlahnya.
Cara Mudah Membuat Bakso
Image by resepmasakantradisional.com
2. Pengolahan bakso yang dicampur boraks
Boraks atau yang lebih dikenal dengan istilah bleng dalam bahasa jawa, sebenarnya tak jauh beda dengan formalin tadi, sama-sama berbahaya. walaupun dari luarnya tampak bagus, tapi kandungan bahan yang digunakan tetap saja berbahaya. oknum nakal yang tidak ingin rugi jika baksonya tidak habis tejual dalam sehari, mereka campur baksonya dengan boraks agar bisa tahan lama. Bakso asli tanpa boraks, jika dalam beberapa hari tidak laku (paling lama 3 hari) akan berubah warna dan baunya. Tapi bakso berboraks bisa bertahan sampai seminggu lebih.

3. Bakso dengan bahan dasar daging busuk
Yang dimaksud busuk disini bukan yang sudah berbelatung, tapi daging yang sudah mulai berubah warna karena akan membusuk. Untuk menghilangkan bau dan warna daging yang mulai berubah karena mau busuk,oknum nakal tersebut menggunakan pemutih pakaian dan pewarna tekstil, kedua bahan tersebut digunakan untuk memberi kesan daging masih segar. Dengan begitu bisa menekan biaya untuk membeli daging, daging segar asli harganya terlalu mahal, sedangkan daging segar palsu harganya lebih murah dan terjangkau bagi oknum tersebut.

4. Bakso daging tikus
Masih ingatkah Anda dengan kasus ini? kasus yang menghebohkan dan meresahkan para konsumen bakso, akibatnya banyak pecinta bakso yang takut untuk makan bakso. sehingga omset para pedangang bakso yang jujur mengalami kerugian.

5. Bakso yang dicampur daging babi
Meroketnya harga daging di pasaran, membuat para pedagang kecil tidak mampu untuk membelinya. Akibatnya, ada saja oknum nakal yang berbuat curang dengan alasan terpaksa melakukannya untuk menghidupi keluarganya, yaitu dengan cara mengomplos daging sapi dengan daging babi. Memang warna dan bentuk dagingnya hampir sama, tapi daging babi itu tidak layak untuk dikonsumsi. Kalian tahu kan kalau babi suka hidup di lumpur yang kotor, mereka makan dan buang air besar di tempat yang sama, secara otomatis saat babi itu makan di lumpur, dia juga makan kotorannya sendiri.

Daripada Anda bingung memilih warung bakso mana yang menyediakan bakso daging asli, tidak ada salahnya kalau kita mencoba membuat bakso sendiri di rumah. Berikut ini akan saya berikan resep serta cara membuat bakso yang praktis dan mudah dicoba sendiri:

Cara Mudah Membuat Bakso Di Rumah

Siapkan alat yang dibutuhkan:
1. Panci untuk merebus
2. Cobek atau blender
3. 1 buah mangkuk besar
4. 2 buah sendok atau sarung tangan khusus untuk memasak

Bahan-bahan yang disiapkan:
1. 1 kg daging giling (bisa daging sapi atau daging ayam)
2. 1 sendok makan garam halus
3. 1 sendok teh penyedap rasa
4. 3 siung bawang putih
5. 2 butir telur ambil putih telurnya saja
6. 1 sendok teh merica bubuk

Cara memasak:
1. Haluskan bumbu-bumbu yang telah disiapkan tadi (garam, penyedap rasa, bawang putih, merica) menggunakan cobek atau blender.
2. Sambil meracik bumbu, panaskan air dalam panci hingga mendidih.
3. Masukkan daging giling, putih telur dan bumbu yang telah dihaluskan tadi, lalu aduk hingga rata.
4. Setelah air mendidih, cetak bakso menggunakan 2 sendok atau menggunakan tangan, buat bulatan-bulatan sesuai selera Anda dan masukkan bulatan tersebut ke dalam air mendidih.
5. Tutup panci rapat hingga bakso matang, bakso yang sudah matang akan mengapung atau mengambang dipermukaan air.
6. Setelah bakso matang, angkat bakso dan tiriskan.

Gampangkan caranya?. Bakso yang sudah matang tadi siap untuk diolah kembali menjadi menu makanan. Jika Anda ingin menyimpannya untuk persediaan di rumah boleh saja, tapi perlu diingat jangan terlalu lama menyimpannya, maksimal 3 hari. Untuk menjaga kualitas bakso itu sendiri, lebih baik buat baksonya secukupnya saja jangan terlalu banyak. Selamat mencoba panduan resep Cara Mudah Membuat Bakso Di Rumah dari saya :)
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

1 comments:

  1. Beli mie bakso itu aja mbak, yang nongol di tv itu lo. ngak susah susah buat bakso, ha ha.

    ReplyDelete