Friday, November 1, 2013

Jenis-jenis sayuran yang menyehatkan kulit

Kesehatan dan kecantikan yang dimiliki setiap wanita memang mahal harganya dan itu harus disyukuri. Untuk mengusahakan kesehatan dan kecantikan banyak orang rela datang ke salon dan melakukan operasi yang mana memerlukan biaya yang cukup besar. Namun, ternyata berbagai tumbuhan yang ada disekitar rumah kita, terutama sayur, itu bisa bermanfaat untuk menyehatkan kulit kita. Mungkin kita sering mengkonsumsi sayuran untuk menu makanan sehari-hari, namun kita belum tahu betul apa sebenarnya manfaat dari sayuran yang kita makan.

Harga sayuran cenderung tidak terlalu mahal, dan mudah untuk kita peroleh. Ada beberapa sayuran yang bisa kita konsumsi untuk mengusahakan tubuh kita agar tetap sehat dan juga bisa mempercantik kita. Berikut adalah beberapa jenis sayuran yang bisa kita konsumsi untuk menunjang kesehatan kita.

Lobak Putih
Di China, lobak putih banyak dikonsumsi karena dianggap baik untuk organ-organ vital dan dapat memuluskan kulit. Lobak putih mengandung vitamin C cukup tinggi. Vitamin ini dikenal sebagai antioksidan. Selain itu, juga bisa untuk menghambat senyawa melanin, mencegah oksidan lemak, dan juga dapat mencegah sedimen lemak.
Jenis-jenis sayuran yang menyehatkan kulit
Image by zelenaplus.com
Wortel
Wortel yang sering kita konsumsi, selain dapat bermanfaat untuk menyehatkan mata, juga dapat bermanfaat untuk kulit kita. Wortel mengandung zat perekat yang tinggi dan dapat menyatu dengan air raksa sehingga membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Sayuran ini bisa bermanfaat untuk membantu kulit agar tampak halus dan merona.

Kacang Polong
Kita juga dianjurkan untuk mengkonsumsi kacang polong bila mendambakan kulit halus. Dalam buku Compendium of Materia Medica, kacang polong di nilai kaya dengan vitamin A yang memberi efek menghaluskan kulit.

Ubi Jalar
Ubi jalar mengandung protein rekat dalam jumlah besar. Selain itu, ubi jalar menyimpan banyak vitamin C dan vitamin A. Dengan mengkonsumsi ubi jalar itu dapat mengurangi lemak dibawah kulit, menurunkan kadar kolesterol, dan juga menambah energi.

Jamur
Tumbuhan yang berkembang biak dengan spora ini kaya akan gizi, protein, dan vitamin. Selain itu, lemaknya juga rendah. Sayuran ini dapat bermanfaat untuk kulit kita yang mana bisa membuat kulit menjadi cemerlang dan mencegah penuaan dini.

Mentimun
Mentimun mengandung sejumlah besar vitamin, asam amino bebas, dan asam buah. Fungsi kandungan itu membantu membersihkan dan memutihkan kulit, menghilangkan luka bakar karena matahari dan bintik hitam, dan bermanfaat mengurangi alergi kulit.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan tentang jenis-jenis sayuran yang menyehatkan kulit. Semoga dapat bermanfaat.

Disarikan dari Kompas
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

7 comments:

  1. sip, aku coba deh, siapa tau kulitku nanti jd selembut Sinta :D

    ReplyDelete
  2. kayaknya enak nih,
    kapan" saya coba kalo gak kelupaan,
    hahaa

    ReplyDelete
  3. Perlu ditambahkan nih mbak, biasanya vitamin e buat kecantikan kulit itu, salah satu yang belum mbak sebutkan misalnya:
    bengkuang, zaitun, dan pepaya.

    ^.^

    ReplyDelete