Friday, November 29, 2013

Cara diet yang baik dan benar

Mempunyai tubuh yang ideal dan proporsional adalah dambaan setiap orang. Lebih-lebih bagi wanita, keseimbangan tubuh merupakan aspek penting yang harus dijaga. Oleh karena itu mengapa kebanyakan dari wanita lebih sering melakukan treatment diet ketimbang pria. Namun, terkadang dalam mengimplementasikan treatment diet kurang tepat. Banyak diantara wanita mengurangi makanan demi mendapatkan tubuh langsing dan ideal. Tentu hal itu tidak sepenuhnya dibenarkan, karena diet yang baik dan benar tidaklah demikian. Hal itu sama saja menyiksa diri sendiri karena porsi makanan yang seharusnya sesuai dengan kapasitas kita menjadi berkurang.

Dalam kesempatan kali ini penulis ingin memberikan tips yang tepat untuk anda tentang cara melakukan diet dengan baik dan benar. Berikut merupakan point-point penting yang harus anda perhatikan ketika melakukan diet.

Menu Makanan Harian
Saat anda sedang melakukan diet, perlu mengatur pola makanan sesuai dengan porsinya. Apabila anda mempunyai aktivitas yang padat, sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak dengan kadar yang tinggi. Namun, apabila aktivitas anda tidak terlalu padat, sebaiknya anda perbanyak konsumsi protein dibandingkan dengan mengkonsumsi lemak dan karbohidrat.
Cara diet yang baik dan benar
Image by wolipop.detik.com
Intensitas Makan
Diet identik dengan mengurangi jumlah makanan yang kita makan setiap hari. Misalnya sebelum kita diet, kita makan 3 kali sehari, namun ketika kita diet kita menjadi makan 1 kali dalam sehari. Tentu hal itu tidak baik untuk tubuh kita. Diet yang benar adalah bukan jumlah makan yang kita kurangi, tapi kandungan makanan yang perlu kita kurangi. Yakni dengan cara mengurangi makanan yang berlemak dan menambah makanan yang berprotein tinggi.

Biasakan bangun pagi dan olahraga
Ketika anda diet sebaiknya bangun di pagi hari dan dilanjutkan dengan berolahraga ringan. Misalnya seperti jongging, bersepeda, jalan-jalan ringan, dan lain sebagainya. Hal itu dimaksudkan untuk membakar lemak jenuh dalam tubuh. Selain itu, apabila kita membiasakan diri berolaharaga di pagi hari, tubuh menjadi lebih segar dan fit saat menjalani kegiatan sehari-hari.

Makan malam diganti sore hari
Makanan yang dicerna dalam lambung memerlukan waktu 3-5 jam. Apabila kita makan di waktu malam dan kemudian dilanjutkan dengan tidur, maka makanan yang kita makan akan menjadi lemak. Oleh karena itu, sebaiknya kita makan di waktu sore hari.

Kurangi ngemil
Kebiasaan ngemil makanan ringan (seperti gorengan, snack, dan lain sebagainya) hendaknya perlu kita kurangi. Pasalnya selain dapat membuat tumpukan lemak di tubuh, kebiasaan ngemil juga akan mempertinggi kadar kolestrol yang ada di dalam tubuh. Sehingga hal itu berpengaruh terhadap berat badan anda.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan tentang cara diet yang baik dan benar. Semoga dapat bermanfaat untuk anda yang sedang melakukan diet untuk mendapatkan tubuh yang ideal.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

6 comments:

  1. Kepinginya sih diet gan, tapi yang jadi persoalanya badan saya gak kurus dan gak gemuk he..he...he....

    ReplyDelete
  2. Wah pasti pasti yg cewek2 seneng dgn tips ini.....

    ReplyDelete
  3. Cik Awi, ea berarti kalau sudah kurus ya nggak perlu diet lagi mas, tapi perlu makan makanan yang bergizi agar tubuh sehat :)

    Ello, iya semoga saja tips diet ini bisa bermanfaat untuk para cewek yang ingin melakukan diet :)

    ReplyDelete
  4. diet yg baik itu mengurangi porsi makanan yg di konsumsi dan menambah aktivitas fisik,krn klo nggak makan tubuh jdi lemas...
    mbk prnah diet OCD nggak ?

    ReplyDelete
  5. Hmm

    Copas banget nih dari blog saya :D

    ReplyDelete