Monday, June 10, 2013

Tips Menghilangkan Jerawat

Tips Menghilangkan Jerawat - Mempunyai wajah putih dan bersih merupakan dambaan setiap orang, selain tinggi dan berat badan yang ideal. Namun, tidak sedikit dari kita sering kali mempunyai masalah yang cukup serius pada wajah. Salah satunya adalah masalah jerawat. Jerawat disebabkan oleh tingginya hormon yang terkandung dalam kulit dan kelebihan lemak tertentu, sehingga berbuah jerawat pada wajah. Biasanya jerawat ini muncul pada wajah ketika kita berusia remaja atau pada masa puber. Padahal pada umur tersebut, seseorang sedang gemar-gemarnya memperhatiakan penampilan, baik itu wajah, pakaian, tubuh, dan masih banyak lagi. Eksistensi jerawat yang datang menjadikan kurang percaya diri dan menimbulkan masalah yang cukup besar.

Banyak diantara kita dalam mengatasi masalah jerawat tidak tepat. Ingin segera menghilangkan jerawat secepat mungkin. Sehingga harus menyerahkan kepada dokter kulit untuk mengatasi persoalan tersebut yang mana membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bagi penulis pribadi, menyerahkan pengobatan kepada dokter kulit itu tidak menjadi masalah, asalkan anda mempunyai uang yang cukup. Namun, bila anda tidak mempunyai uang yang cukup untuk biaya pengobatan jerawat, ada baiknya bila anda mencari solusi alternatif yang tepat untuk menghilangkan jerawat di wajah.
Tips Menghilangkan Jerawat
Image by pusatgratis.com
Berdasarkan pengalaman penulis, mengatasi masalah jerawat itu tidaklah mudah. Butuh waktu, kesabaran, dan usaha untuk menghilangkan jerawat. Sebab, jerawat akan selalu datang pada kisaran umur remaja (puber) dan setelah melewati masa tersebut, kemungkinan besar jerawat akan hilang dengan sendirinya. Berikut merupakan tips yang dapat anda lakukan untuk mencegah, menghilangkan, dan mengobati jerawat secara efektif dan efisien.

Tips Menghilangkan Jerawat


Jaga Kebersihan Wajah
Kebersihan wajah perlu dijaga sedini mungkin. Tujuannya adalah agar terhindar dari jerawat. Selain itu, hendaknya perawatan wajah dilakukan secara optimal. Perawatan tersebut tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal, tapi bisa juga dilakukan dengan cara-cara tradisional. Ada baiknya jika anda selalu siap sedia sapu tangan dimanapun dan kapanpun anda berada. Tujuannya adalah untuk membersihkan wajah ketika mulai berminyak, karena wajah yang berminyak dapat menimbulkan jerawat.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan pelembab wajah dan pembersih wajah untuk merawat wajah anda agar terhindar dari jerawat. Lakukan perawatan tersebut secara rutin dan kontinyu saat anda menginjak usia remaja. Dan satu lagi yang menurut saya penting adalah hindari wajah anda kontak langsung dengan radiasi matahari secara berlebihan dan berlangsung lama, serta hindari wajah anda dari asap dan debu yang kotor.

Hindari Makanan Berlemak
Faktor penyebab jerawat yang bisa dibilang cukup berpengaruh adalah makanan yang kita makan. Makanan yang mengandung lemak perlu kita minimalisir, misalnya seperti kacang tanah, daging, dan lain sebagainya. Karena makanan yang mengandung lemak dapat mempercepat pertumbuhan jerawat di wajah kita. Sebaiknya, kita sering-sering makan sayur-sayuran yang mengandung protein tinggi dari pada banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak. Dengan begitu maka proses pertumbuhan jerawat diwajah dapat ditekan sekecil mungkin dan eksistensinya tidak akan berlangsung lama.

Gunakan Sabun Khusus Jerawat untuk Cuci Muka
Untuk mengobati jerawat yang sudah melekat di wajah anda, salah satu usaha yang perlu anda lakukan adalah mencuci muka anda dengan sabun khusus jerawat secara teratur dan rutin setiap harinya. Anda bisa mencuci wajah anda setelah bangun tidur dan sebelum tidur, yakni dua kali dalam sehari. Namun, anda juga bisa melakukan hal itu tiga kali sehari.

Jangan Menyentuh dan Memencet Jerawat
Biasanya jerawat sangat berkaitan erat dengan kondisi kulit. Kulit yang rentan terkena jerawat yakni kulit yang berminyak. Oleh karena itu, sering kali kulit yang berjerawat terasa gatal dan sangat tidak nyaman eksistensinya, yang mana menjadikan kita ingin selalu menggaruk dan memencet jerawat yang terdapat di wajah kita. Sebaiknya hal itu tidak perlu anda lakukan, karena jerawat yang kita pencet, nantinya akan mengakibatkan bekas diwajah secara permanen, misalnya seperti noda hitam, cekungan, dan lain sebagainya. Selain itu, jerawat yang kita pencet, akan mempercepat pertumbuhan jerawat yang mana menyebabkan jerawat bertambah banyak.

Perbanyak Minum Air Putih
Air putih mempunyai peran yang cukup penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Meski tidak terdapat suatu hubungan yang berarti dalam mencegah dan mengatasi jerawat, namun dengan memperbanyak minum air putih dapat menjadikan tubuh menjadi sehat dan stamina prima. Silahkan minum air puitih delapan gelas dalam sehari agar tubuh anda tepat sehat dan prima.

Gunakan Kosmetik yang Tepat
Terkadang salah satu penyebab timbulnya jerawat diakibatkan oleh ketidaktepatan penggunaan kosmetik di wajah. Ini berlaku terutama untuk wanita. Oleh karena itu, apabila wajah anda berminyak dan rentan terhadap jerawat, pastikan anda menggunakan kosmetik untuk make up wajah secara tepat. Biasanya cocok tidaknya make up yang digunakan tergantung dari kondisi kulit anda. Silahkan pilih kosmetik yang cocok untuk kulit anda.

Demikian Tips Menghilangkan Jerawat yang dapat saya informasikan untuk anda. Tips tersebut merupakan sebuah usaha yang dapat anda lakukan untuk mengatasi problematika jerawat. Berhasil tidaknya itu tergantung dari anda sendiri bagaimana cara mengimplementasikannya. Apabila terdapat kesalahan baik secara tertulis maupun secara substansi, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Atas perhatiannya saya sampaikan ucapan terimakasih.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

1 comments:

  1. sabun jf sulfur atau dettol anti acne itu bisa digunakan sebagai alternatif mbak.

    ReplyDelete