Tuesday, June 11, 2013

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Cara Mengatasi Rambut Rontok - Mempunyai rambut lebat dan indah merupakan dambaan setiap orang, karena rambut ibarat sebagai mahkota kepala yang mana keberadaannya dapat memperindah dan mempercantik penampilan kita. Oleh karena itu, sebaiknya rambut yang melekat pada kepala kita perlu untuk dijaga dengan baik, supaya keberlanjutannya dapat terjamin. Salah satu permasalahan utama yang sering kita jumpai dari rambut adalah masalah kerontokan, yakni rambut mudah rontok. Tentu, hal itu merupakan suatu masalah yang tidak kita inginkan kehadirannya. Apalagi jika kita masih berumur muda, tentu masalah tersebut perlu segera ditanggapi secara serius supaya rambut yang rontok dapat diminimalisasi sedini mungkin.

Memang, apabila kita sudah menginjak usia tertentu, rambut mudah sekali rontok, bahkan tidak hanya rontok saja, melainkan munculnya uban pada rambut. Hal itu menurut penulis tidak menjadi suatu masalah serius, karena memang sudah saatnya rambut mengalami degradasi. Namun, apabila rambut rontok pada usia muda, kita perlu mencari penyebabnya. Sehingga dari penyebab tersebut, kita bisa menentukan solusi alternatif yang tepat untuk mengatasi masalah rambut rontok.
Cara Mengatasi Rambut Rontok
Image by beritamandiri.com
Adapun rambut rontok biasanya disebabkan oleh (i) adanya serangan penyakit malaria, typus, kencing manis, atau penyakit menahun lainnya yang menyerang kita, sehingga mengakibatkan rambut mudah rontok, (ii) terdapat tekanan jiwa yang berkepanjangan, ini bisa jadi disebabkan karena beban pikiran yang begitu berat yang kita pikul, sehingga kepala mudah panas dan rambut menjadi mudah rontok, (iii) disebabkan oleh kandungan gizi yang kita makan rendah, sehingga gizi yang terkandung dalam tubuh juga rendah, dan (iv) yang terakhir adalah ibu-ibu setalah melahirkan atau setelah proses persalinan.

Cara Mengatasi Rambut Rontok


Apabila rambut anda sudah mulai rontok dan semakin hari jumlah kerontokan semakin banyak, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah kerontokan rambut lebih lanjut, antara lain adalah dengan cara: (i) makan makanan yang bergizi, dengan begitu asupan gizi dalam tubuh yang mempercepat pertumbuhan rambut berlangsung optimal, (ii) pijatlah kepala kita dengan teratur, treatment ini dilakukan untuk mengendorkan tekanan yang terdapat di kepala akibat beban pikiran yang terlalu berat, (iii) lepaslah tali rambut pada waktu tidur, dan (iv) keramaslah dengan teratur dengan menggunakan shampo yang cocok dengan rambut anda.

Untuk mencegah rambut rontok selain beberapa treatment diatas, anda juga bisa melakukan pengobatan secara mandiri dengan cara tradisional yakni dengan menggunakan tumbuh-tumbuhan alami, antara lain sebagai berikut:
(i) Ambillah daun lidah buaya kemudian dipotong dan diambil getahnya dan kemudian kumpulkan. Getah tersebut dapat kita pakai untuk keramas. Lakukan keramas dengan teratur sampai rambut kita lebat dan hitam
(ii) Sediakan kemiri yang sudah tua kemudian kita tumbuk halus dan ditambah dengan air. Masaklah sampai menghasilkan minyak, kemudian pakailah sebagai minyak rambut. Kerjakan berulang-ulang 2 atau 3 bulan
(iii) Untuk menghitamkan rambut sesudah di keramas dengan bersih, bilaslah sekali lagi dengan air yang dicampur dengan air jeruk nipis. Lakukan berulang-ulang sehingga dapat menghasilkan rambut yang bersih dan hitam.

Demikian tips dari saya tentang bagaimana Cara Merawat Rambut Agar Tidak Mudah Rontok. Semoga dapat bermanfaat untuk anda dalam mengatasi masalah kerontokan rambut. Apabila terdapat kekurangan dalam segi penulisan ataupun isi, saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya sampaikan ucapan terimakasih banyak.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

0 comments:

Post a Comment