Tuesday, June 3, 2014

Resep Kuliner Khas Bogor

Resep Kuliner Khas Bogor - Hari ini, 3 Juni, adalah hari jadi Bogor ke 532 tahun. Memimpin kota Bogor sejak dua bulan terakhir, Walikota baru Bogor Bima Arya Sugiharto dan jajaran pemerintahan mengusung tagline “perubahan” dan “bisa”. Besar harapan warga –termasuk admin- kota Bogor bisa bermetamorfosis dari kota macet dan kota sejuta angkot menjadi kota jasa dan kota taman yang nyaman, indah dan aman. Semoga! Baca juga Cara Membuat Burger Sendiri di Rumah

Sebagai salah satu tempat wisata, kota Bogor juga terkenal dengan wisata kulinernya. Setiap akhir pekan, Bogor banyak dikunjungi masyarakat dari berbagai daerah terutama Jakarta. Kuliner unik khas Bogor juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk datang ke Bogor dan mencicipi nikmatnya berbagai hidangan khas.  Anda pernah mencoba taoge goreng, laksa, doclang, asinan Bogor, soto mie atau soto kuning Bogor?
Resep Kuliner Khas Bogor
image:indonesiakaya.com
Taoge goreng Bogor memiliki cita rasa yang segar, nikmat dan khas. Dalam rangka hari jadi Bogor, admin mau berbagi salah satu Resep Kuliner Khas Bogor. Untuk pembaca yang belum sempat berkunjung dan mungkin berdomisili jauh dari Bogor, bisa mencoba memasak sendiri dengan panduan resep berikut (diolah dari beberapa sumber).
Resep Taoge Goreng (untuk 6 porsi)
Admin kurang paham mengapa dinamai taoge goreng, karena dari bahan-bahan utamanya, hanya tahu kuning yang digoreng.

Bahan utama:
300 g taoge, bersihkan, rebus setengah matang dengan air mendidih, tiriskan
200 g mie kuning, cuci bersih, rendam dengan air hangat, dan tiriskan
6 buah ketupat, potong-potong
100 g tahu kuning, goreng dan iris

Bahan saus:
3 sdm minyak sayur untuk menumis
5 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
2 buah tomat merah, potong-potong
2 batang bawang daun, diiris
10 batang kucai, diiris
500 ml air
100 g oncom, potong dadu kecil
4 sdm tauco. Pilih tauco tawar atau manis. Bisa ditambah komposisinya kalau Anda penggemar tauco.
3 sdm kecap manis
2 sdm air jeruk limau
½ sdt garam
1 sdt gula pasir

Bumbu yang dihaluskan:
8 butir bawang merah
3 siung bawang putih
4 buah cabai merah
Cabai rawit sesuai selera
Sudah siap semuanya? Yuk kita simak cara membuatnya:
1.Membuat saus:
-Panaskan minyak sayur, tumis bumbu halus, tomat, daun salam, lengkuas sampai harum.
-Tuang air, masak di atas api kecil, aduk rata hingga tomat hancur. Tambahkan oncom, tauco, irisan bawang daun dan kucai, air jeruk limau, kecap manis, garam, gula pasir. Anda juga bisa menambahkan kaldu ayam bubuk jika suka. Aduk rata hingga saus mengental. Angkat.
2.Penyajian:
-Tata taoge, mie, tahu, ketupat di piring saji. Siram dengan sausnya. Bisa diberi sedikit kecap manis di atas saus. Sajikan.
-Bisa disajikan dengan kerupuk mie sebagai pelengkap.
-Saus sudah cukup pedas, mungkin sambal tidak diperlukan lagi. Jika ada anggota keluarga tidak bisa makan pedas, haluskan bumbu tanpa cabai rawit, cabai merah dibuang bijinya, dan Anda sediakan sambal sesuai selera secara terpisah. 

Anda ada rencana singgah ke Bogor? Ada beberapa tempat penjual taoge goreng di kota Bogor yang cukup terkenal. Kisaran harga per porsinya 7000-10.000 rupiah. Admin biasanya makan di tempat Pak Iwon di depan Supermarket Ngesti Baranangsiang Jl. Pajajaran atau mamang pikul yang mangkalnya di depan kebun bibit IPB Baranangsiang Jl. Pajajaran.
Tempat lain:
-Warung Ibu Omah samping toko Bogor Permai Jl. Jend. Sudirman   
-Ma Evon Gang Besi Jl. Suryakencana
-Pak Inin di samping Hotel Royal Jl. Juanda
-Mang Gebo Putra di Jl. Pengadilan

Silakan mencoba Resep Kuliner Khas Bogor. Masih ada hidangan khas Bogor lainnya yang bisa dishare lain waktu. Selamat mencicipi taoge goreng ya. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya di blog dicintai.com tentang Beberapa Contoh Menu Sarapan Pagi yang Praktis Siap di Santap
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

7 comments:

  1. Teh lina,sudah bukan punya mbak ririn lagi kah blog ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blog ini masih milik Mba Ririn, saya hanya salah satu admin tamu Mas :D

      Delete
  2. Sayangnya aku ngga suka tauge.. Heheh.. :p
    Padahal dari bahan saosnya keliatannya enak tuh, Mbak :D

    ReplyDelete
  3. Emang enak Mba Beby. Kalau mau nyobain ya ngga usah pakai taoge :D

    ReplyDelete
  4. kalau saya justru sangat suka sekali dengan toge karena banyak manfaatnya...dan ada sensasi kriuk2nya juga ketika dimakan. suruh istri buat ahh :D

    ReplyDelete
  5. Iya Mas Jery, ada sensasi crunchy gitu deh :)

    ReplyDelete
  6. melihat gambar makanannya saja bisa bikin ngiler, hehe... :)

    ReplyDelete