Sunday, June 1, 2014

Cara Murah Menghijaukan Ruangan

Banyak pemilik rumah yang ingin menghijaukan ruangan di dalam rumahnya. Pulang ke rumah dan duduk di ruangan yang asri, hijau dan segar tentunya sangat menyenangkan dan menenangkan. Pikiran suntuk dan rasa lelah bisa jauh berkurang.  Membuat taman indoor bisa jadi ide yang menarik, tapi Anda harus menyiapkan tempat khusus dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Cara lain yang lebih murah adalah dengan memasukkan beberapa tanaman hias ke dalam rumah. Supaya tidak membuat rumah Anda kotor karena media tanam tanah, memanfaatkan teknik dan tanaman hidroponik adalah alternatif yang tepat.  Tanaman hias Anda akan terlihat indah dan bersih, selain itu cara menanam dan merawatnya juga relatif mudah. Baca juga Cara Mencegah Anak-Anak Kecanduan Menonton Televisi
Cara Murah Menghijaukan Ruangan, Tips Membuat Ruangan Kamar Rumah Menjadi Hijau Fresh Segar dan Indah Nyaman Bersih Wangi dengan Tanaman Bunga
Bambu rejeki dan aglonema -
image:aliexpress.com & hidrogel.bisnisant.web.id

Cara Murah Menghijaukan Ruangan

Teknik dan media tanam hidroponik
Sesuai namanya, hidroponik adalah teknik menanam dengan menggunakan air sebagai media tanam. Dalam perkembangannya, air lebih berfungsi sebagai pelarut unsur hara dan penghantar nutrisi pada tanaman. Media tanam tambahan tetap dibutuhkan sebagai penyangga tanaman supaya Anda dapat mengatur posisi tanaman sesuai dengan yang diinginkan.

Supaya akar tanaman tidak rusak dan tetap dapat menyimpan air, media tanam hidroponik yang dipakai harus bersifat ringan seperti arang kayu, ijuk, sabut kelapa, pecahan genting/batu bata, atau batu apung.

Jika Anda lebih suka memajang tanaman hias dengan wadah yang bening, oasis dan kristal jeli atau hidrogel adalah media tanam cantik yang bisa Anda pilih. Oasis yang digunakan adalah jenis oasis yang biasa dipakai untuk rangkaian bunga segar. Media tanam oasis ini bisa menyimpan air hingga dua minggu dan lebih tahan terhadap serangan jamur.


Oasis yang akan digunakan harus dipotong-potong dan direndam air sampai seluruh bagiannya menyerap air. Setelah itu, potongan oasis diletakkan ke dalam wadah sampai setengahnya, kemudian ditekan supaya lebih padat. Ambil tanaman hias dan atur posisinya di dalam wadah. Sisa potongan oasis dimasukkan ke dalam wadah hingga mendekati permukaan wadah, lalu Anda ratakan lagi.

Penyiraman tanaman dapat dilakukan setelah 1-2 minggu. Pemupukan juga mudah, Anda tinggal menambahkan air yang sudah dicampur sedikit NPK atau pupuk cair untuk daun.

Media tanam kristal jeli atau hidrogel (hydro gel) sangat cocok dipakai untuk wadah transparan. Jika disiram air, kristal jeli akan mengembang seperti agar-agar dan bisa berfungsi sebagai pengganti tanah. Cara menanamnya mudah kok. Cuci dahulu wadah dan akar tanaman untuk menghindari pembusukan karena kontaminasi jamur atau bakteri. Masukkan dulu jeli yang sudah disiram air ke dalam wadah, kemudian Anda letakkan dan atur tanaman hiasnya.    

Perawatan tanaman dengan media hidrogel lebih praktis. Penyiraman cukup satu bulan sekali. Beberapa produk hidrogel sudah dilengkapi dengan unsur hara sehingga tidak perlu pemupukan lagi. Biasanya media tanam ini bisa dipakai selama 4-6 bulan. 


Jenis tanaman hidroponik 
Banyak jenis tanaman yang bisa tumbuh secara hidroponik. Yang banyak digunakan sebagai tanaman hias dalam ruangan adalah kelompok tanaman hias daun. Jenis tanaman ini lebih tahan hidup indoor dan keindahan daunnya dapat dinikmati setiap saat.

Mungkin Anda sudah pernah melihat tanaman bambu rejeki yang banyak dijual di supermarket dalam bentuk rangkaian seperti kepang atau tangga melingkar. Tanaman hias daun lain yang bisa Anda coba menjadi tanaman hias hidroponik: hanjuang hijau, kuping gajah, lidah mertua, Sri Rejeki (Aglonema), kaladium, dieffenbachia, sirih gading, pachira dan palem kuning.

Penempatan tanaman hias
-Biasanya diletakkan di ruang tamu atau ruang keluarga. Untuk menyejukkan suasana, Anda juga bisa menempatkan tanaman hias di ruang makan, dapur atau bahkan kamar mandi.
-Di mana posisi tanaman ingin Anda letakkan menentukan jenis tanaman yang akan dipilih. Tanaman yang membutuhkan cahaya sebaiknya diletakkan di tempat yang mendapat cukup cahaya matahari (seperti dekat jendela).
-Jika Anda ingin menempatkan tanaman hias di kamar tidur, pilih tanaman yang tidak besar dan pastikan kamar tidur Anda memiliki sirkulasi udara dan cahaya yang memadai.
-Sepanjang bisa menampung air/media tanam dengan baik, wadah tanaman bisa dipilih dari berbagai bahan. Wadah kaca, keramik, kayu, botol bekas air mineral atau gelas plastik juga bisa dipakai.
-Tanaman berdaun hijau tua kurang tepat jika diletakkan di ruangan dengan tembok warna gelap sedangkan tembok yang berwarna cerah atau muda bagus menjadi latar belakang untuk semua warna tanaman.

Demikian ulasan mengenai cara murah menghijaukan ruangan, semoga bermanfaat dan membuat Anda tertarik untuk mempraktekkannya. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya di blog dicintai.com tentang 3 Tips Unik Beli Rumah Tanpa Kredit
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

11 comments:

  1. Pertamax mbak lina, emangnya tanaman lidah mertua itu anda?? Hehehe namanya kok aneh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada Mas, nama botaninya Sansievera. Bentuk daunnya memang kayak lidah, panjang2 gitu. Ngga tau juga ceritanya kenapa namanya kok lidah mertua :D

      Delete
  2. kalo saya sihhh suka dengan tamanan sri reheki mbak soalnya gampang tinggal potong lalu masukan ke toples yang ada airnya nahh tinggal tunggu min 1 minggu udah lebat akarnya :D

    ReplyDelete
  3. ini juga salah satu cara saya untuk menikmatinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah singgah Mba Leony...

      Delete
  4. Dengan begitu ruangan kita jadi lebih fresh ya :)

    ReplyDelete
  5. Di rumah ku juga ada tanaman dalam rumah Mbak, lumayan bikin sejuk sikit :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanaman memang menberikan suasana sejuk ya

      Delete
  6. Artikel yang bermanfaat mbak... (mas-id.com)

    ReplyDelete