Monday, June 2, 2014

Benarkah Pria dan Wanita Perlu Shampo Antiketombe yang Berbeda?

Benarkah Pria dan Wanita Perlu Shampo Antiketombe yang Berbeda? Bisa jadi menjadi pertanyaan Anda saat melihat iklan shampo antiketombe saat ini. Ada shampo khusus untuk pria dan wanita. Benarkah memang harus dibedakan? Benarkah perbedaan jenis kelamin juga membutuhkan perlakuan berbeda terhadap kulit kepala dan rambut masing-masing? Baca juga Cara Mudah Mencegah Rambut Lepek

Mengutip dari kompas.com dijelaskan ternyata pria dan wanita memang memerlukan shampo yang berbeda. Pemilihan shampo disesuaikan dengan struktur maupun kondisi kulit kepala masing-masing. Perbedaan jenis kelamin juga menentukan kondisi rambut masing-masing maupun penentuan shampo yang tepat. Padahal selama ini, untuk satu keluarga untuk melakukan penghematan, biasanya menggunakan shampo yang sama.
Benarkah Pria dan Wanita Perlu Shampo Antiketombe yang Berbeda?
image by vemale.com
Mengapa harus dibedakan? Jika dilihat sekilas rambut wanita dan pria, tidak jauh berbeda atau tidak ada perbedaan. Ternyata secara struktur mikroskopis ada perbedaan antara kulit kepala pria dan wanita.


Pria cenderung memiliki kulit kepala yang lebih lemah. Alhasil rambut mereka cenderung mudah lepek dan diserang ketombe. Kulit kepala pria yang mudah mengalami ketombe ini juga dipengaruhi hal lainnya. Misalnya masalah hormonal, banyaknya aktifitas di luar ruangan maupun kulit kepala yang cenderung memproduksi kelenjar minyak yang lebih banyak. Apalagi jika pria memiliki aktifitas berat. Jelas akan menyebabkan produksi kelenjar minyak berlebih.

Pada dasarnya minyak diproduksi di kulit kepala secara alami. Minyak tersebut akan membuat rambut tampak berkilau. Hanya saja, jika minyak pada kulit kepala diproduksi secara berlebih, akibatnya rambut menjadi lepek. Banyaknya aktifitas kemudian membuat kelenjar minyak yang ada bercampur dengan keringat, kotoran dan debu. Inilah yang membuat kulit kepala terasa gatal. Dan bila tidak segera dibersihkan atau dicuci lama-kelamaan akan menyebabkan ketombe.

Bagaimana dengan kulit kepala wanita? Wanita juga bisa saja mengalami rambut berketombe. Namun masalah ketombe yang terjadi pada wanita terkadang disebabkan karena kesalahan pada perawatan. Misalnya saja suka mengecat rambut, kemudian suka mengeriting maupun meluruskan rambut. Kegemaran mengotak-atik rambut tersebut kemudian tidak diimbangi dengan perawatan yang maksimal. Akhirnya rambut menjadi kering, timbul gatal-gatal maupun berketombe.


Nah, adanya perbedaan struktur kulit kepala maupu perbedaan penyebab rambut berketombe maka diperlukan perawatan yang berbeda. Kulit kepala pria yang cenderung mudah berketombe ada baiknya dibersihkan menggunakan produk perawatan rambut yang banyak memiliki kandungan anti ketombe, dilengkapi dengan vitamin maupun mineral untuk menguatkan rambut. Sedangkan wanita, bisa menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung kondisioner.

Hanya saja, kondisi kulit kepala maupun rambut tiap orang bisa jadi berbeda. Jika cara tersebut ternyata tidak berpengaruh untuk mengurangi atau menghilangkan ketombe mungkin ada cara lain yang dilakukan. Misalnya konsultasi dengan dokter kulit atau ahli kecantikan. Sehingga bisa memperoleh perawatan yang maksimal. Setidaknya Anda tidak lagi bertanya-tanya Benarkah Pria dan Wanita Perlu Shampo Antiketombe yang Berbeda?. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya di blog dicintai.com tentang Cara Memilih Pelembab Wajah Berdasarkan Jenis Kulit
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

6 comments:

  1. saya pake lidah buaya aja mbk,biar rambut tetap sehat

    ReplyDelete
  2. sy pake minyak sayur ,,,,, xixixixix ... just kidd mb .... :)

    pastinya berbeda, kn rambut org juga berbeda2 ...

    Salam Sukses Mulia ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake minyak jelantah aja mas, bekas goreng ikan asin, dijamin rambut asin :))))

      Delete
    2. xixixixixixixi ..... sudah asin di kerumunin semut pula .... :D :P

      Delete