Friday, April 4, 2014

Gejala Awal Kanker Paru-Paru

Gejala Awal Kanker Paru-Paru - Berdasarkan data yang dilansir health.kompas.com, jumlah pasien kanker paru-paru di Indonesia menunjukkan peningkatan hingga 20 persen setiap tahunnya, dimana jumlah ini seiring dengan peningkatan jumlah perokok aktif. Pada Pertemuan Ilmiah Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi di Jakarta bulan Pebruari 2104 lalu, Achmad Hudoyo, dokter subspesialis paru dari RS Persahabatan Jakarta menyatakan bahwa 9 dari 10 kasus kanker paru-paru menunjukkan faktor risiko terbesar adalah merokok. Baca juga Mengapa Merokok Lebih Berbahaya untuk Wanita.

Situs Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan kanker paru-paru menempati peringkat pertama sebagai kanker penyebab kematian. Dibandingkan dengan kanker lain seperti kanker payudara, prostat dan usus, angka survival rate (tingkat kemungkinan bertahan hidup) untuk penderita kanker jenis ini jauh lebih kecil, hanya sekitar 13 persen. Penting sekali untuk mengetahui gejala awal dari kanker paru-paru karena keterlambatan mendeteksi kanker ini membuat peluang penderita untuk sembuh semakin kecil.
Gejala Awal Kanker Paru-Paru
Image: id.wikipedia.org
Kanker paru-paru bisa menunjukkan banyak tanda-tanda peringatan dini. Ini dapat digunakan untuk pendeteksian tahap awal yang lebih memungkinkan penderita mendapatkan pengobatan yang efektif.

Gejala Awal Kanker Paru-Paru

1. Batuk kronis yang tidak hilang-hilang
Jika Anda memiliki batuk kronis yang tidak sembuh-sembuh, sangat dianjurkan  untuk menghubungi dokter dan diperiksa untuk kemungkinan terkena kanker paru-paru. Banyak orang mengabaikan batuk kronis yang sudah lama diderita.

Tanda peringatan dini lain dari kanker paru-paru adalah hemoptisis atau batuk darah. Jika Anda mengamati ada noda kecil darah dalam dahak ketika Anda batuk, sebaiknya segera hubungi dokter. Hemoptisis adalah gejala awal kanker paru-paru yang umum. Baca juga Cara Merawat Gigi Agar Tetap Putih, Sehat, dan Kuat.

2. Sesak napas
Sesak napas setelah beraktivitas adalah indikasi lain dari kanker paru-paru. Ini adalah salah satu gejala yang sering diabaikan. Jika Anda sering mengalami sesak napas setelah melakukan aktivitas, jangan tunda lagi untuk memeriksakan diri ke dokter.

3. Nyeri pada bahu, dada dan lengan
Nyeri pada bahu, dada dan lengan mungkin dialami karena sel-sel kanker menekan saraf yang terhubung ke daerah ini. Jika Anda mengalami rasa sakit di bahu, dada dan lengan yang tidak disebabkan karena cedera, itu bisa menjadi indikasi dari adanya kanker paru-paru. Nyeri pada bahu dan daerah dada dialami hampir 50 % dari pasien diagnosa kanker paru-paru.

4. Bronkitis dan pneumonia
Dalam banyak kasus, kanker paru-paru terdeteksi setelah para pasien terlebih dahulu pernah beberapa kali terkena bronkitis dan pneumonia. Sel-sel kanker dapat menyebabkan sumbatan pada jalan udara yang dapat menyebabkan bronkitis dan pneumonia. Jadi, jika Anda pernah sakit bronkitis atau pneumonia hingga beberapa kali, lebih baik segera periksakan paru-paru Anda ke dokter.

5. Penurunan kesehatan secara keseluruhan
Jika Anda mengalami penurunan kesehatan secara keseluruhan, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi ke dokter. Bahkan gejala yang tampaknya tidak berhubungan seperti nyeri lutut tidak boleh diabaikan. Tahukah Anda kalau kanker sering menunjukkan gejala seperti kelelahan, kehilangan nafsu makan dan depresi?

Demikian uraian singkat mengenai Gejala Awal Kanker Paru-Paru. Admin tentu saja tidak bermaksud menakuti-nakuti, tapi mengetahui gejala dini kanker tipe ini bisa membantu menyelamatkan banyak orang karena kemungkinan para penderita untuk sembuh lebih besar. Jangan lewatkan posting menarik lainnya di Blog Dicintai.com tentang Cara Menghilangkan Kebiasaan Merokok.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

32 comments:

  1. ngeri kalau bahas penyakit gan, moga kita diberi kesehatan selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, semoga kita semua diberi kesehatan ya.

      Delete
  2. Oo itu ya jegala awal kangker paru2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mas Yahya, semoga uraian singkat ini bisa bermanfaat.

      Delete
  3. Duh.. Ngga kebayang penyakit ini, Mbak :(
    Dan rata-rata kanker paru-paru ini diderita oleh perokok pasif yang akhirnya jadi perokok aktif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak, memang seperti itu faktanya.

      Delete
  4. Sesak juga dapat dialami oleh penderita asma kan mbak, tetapi gejala kanker di artikel di atas apa masih ada yang lain, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas, sesak napas bisa menjadi gejala dari beberapa penyakit.
      Harus tanya dokter nih :)

      Delete
  5. dengan mengetahui gejala awal kanker paru-paru kita bisa meminimalisir penyebabnya ya mbk. terima kasih informasinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju Mas Budi. Terima kasih kembali.

      Delete
  6. semoga saja aku sehat sehat saja :) ngeri klo ngmng masalah penyakit hehehe

    ReplyDelete
  7. menambah ilmu pengetahuan banget nih !!! :D
    Berkunjung dong ke blog ku sepi mulu tanpa kamu hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti mampir deh, terima kasih kunjungannya.

      Delete
  8. Ane pernahnya cuma ngalami yang nomor 3 gan, dada ane kadang agak sakit kalau habis olahraga, maklum kelamaan ngeblog gan, jadi agak jarang olahraga deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan terlalu khawatir juga Mas Dzaky. Semoga kondisinya semakin sehat ya.

      Delete
  9. semoga saya selalu diberi kesehatan :) aamiin ya Allah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, semoga kita semua diberi kesehatan.

      Delete
  10. harus menghindari rokok yia bos, tapi kalo banyak yang menghindari rokok, nanti negara kita yang jadi kena kanker bos, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dilemanya tuh. Bagusnya sih rokok jadi produk ekspor aja kali ya :)

      Delete
  11. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  12. penyebab utamanya rokok, kebetulan sy masih suka merokok, mudah-mudahan cepat berhenti merokok

    ReplyDelete
  13. klo sdh muncul gejala2 spt diatas sebaiknya lngsung diperiksakan ke dokter,agar cepat ketahuan terkena kanker/tdk

    ReplyDelete
  14. hahaha lama tak berkunjung nih, salam keren yak...

    ReplyDelete
  15. mudah2han aja penyakit ini nggak terjadi ama aq,keluargaku dan orang2yang dekat denganku

    ReplyDelete
  16. sy ngeri kalo banget asli.... kalo denger tentang penyakit paru .... hmmmmm secara polusi di sekitar kita juga tidak steril .... :(

    ReplyDelete
  17. paling merbahaya gejala merokok.

    ReplyDelete
  18. usia udah mengharuskan menjadi lebih waspada dengan berbagai hal gejala penyakit, termasuk gejala kanker paru ini, maklum perokoktragis, kewaspadaan harus maksimal.
    makasih ilmunya gan.
    salam sehat dan ceria selalu

    ReplyDelete