Wednesday, March 26, 2014

Kiat Mengatasi Pola Makan Berlebihan

Kiat Mengatasi Pola Makan Berlebihan - Antara makan untuk hidup atau hidup untuk makan, mana yang paling benar menurut Anda? Bagi yang menganggap pernyataan hidup untuk makan itu lebih penting, bisa jadi makan adalah hal bersifat pribadi yang tidak perlu terlalu diatur dan dipikirkan. Sebaliknya, makan untuk hidup berarti cara makan dan apa yang dimakan dapat menentukan kualitas hidup yang bersangkutan. Baca juga artikel menarik lainnya tentang Cara Mudah Memilih Hotel Murah di Kota Kembang Bandung.

Pola makan yang tidak diatur bahkan cenderung berlebihan dalam mengkonsumsi makanan dapat menjadi sumber penyakit lho. Sebenarnya sih tidak terlalu sulit untuk mengatasi pola makan berlebihan. Ada beberapa hal yang dapat Anda coba:

Kiat Mengatasi Pola Makan Berlebihan

1. Kunyah perlahan. Jangan terburu-buru ketika makan ya. Telan makanan setelah Anda yakin makanan tersebut sudah cukup halus dikunyah gigi Anda.
2. Posisi makan. Posisi duduk adalah yang terbaik. Makan berdiri (pada saat pesta misalnya) membuat Anda kurang berkonsentrasi dan bisa tanpa sadar mengkonsumsi begitu banyak makanan. Makan dalam posisi duduk membantu Anda memikirkan sudah berapa banyak konsumsi makanan Anda.


3. Porsi kecil. Menggunakan piring kecil bisa membantu untuk membatasi jumlah makanan.
4. Minum air putih sebelum makan. Lambung yang telah terisi air putih akan mengurangi rasa lapar. Jika Anda disajikan makanan penutup, tunggu beberapa saat (sekitar sepuluh menit) setelah makanan utama. Jeda waktu menyadarkan Anda untuk menyantap makanan penutup secukupnya saja.
5. Sediakan selalu makanan sehat seperti buah, sayur dan makanan ringan rendah lemak.
6. Berhentilah makan sebelum kenyang.
7. Makan secara teratur. Melewatkan makan siang bisa membuat Anda makan malam dengan porsi lebih dari biasanya.
Kiat Mengatasi Pola Makan Berlebihan
image: webmd.com
Sudah lama diketahui kalau lemak pada makanan dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Ingin tahu Cara Membatasi Konsumsi Lemak dengan Lebih Mudah? Simak yang berikut :
1. Susun daftar menu makanan yang akan dibuat. Prioritaskan makanan yang terbuat dari bahan yang tidak mengandung lemak seperti sayur, buah, ikan dan ayam tanpa lemak, gandum.
2. Tidak perlu berhenti mengkonsumsi lemak, yang harus dilakukan adalah mengurangi konsumsinya. Jika Anda makan makanan berlemak, kombinasikan dengan lebih banyak mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak rendah.
3. Mengubah pola menu harian ke menu makan makan lebih sehat yang tidak didominasi makanan berlemak.


4. Hindari makanan berupa organ hewani seperti otak atau jeroan.
5. Mengurangi jumlah lemak pada saat memproses makanan. Buang kulit daging ayam atau buang kelebihan lemak dalam daging. Ketika merebus ayam atau daging, air rebusan jangan digunakan lagi untuk memasak; pakai air baru untuk kuahnya.
6. Kurangi konsumsi kuning telur. Putih telur lebih aman untuk dikonsumsi.
7. Makanan yang digoreng harus dibiarkan dulu beberapa saat dan ditiriskan dengan baik supaya minyak yang menempel pada makanan dapat berkurang. Anda bisa menggunakan kertas roti untuk menyerap minyak.
8. Kurangi penggunaan santan kental ketika memasak. Ganti dengan santan encer atau susu tanpa lemak.
9. Mencari resep alternatif makanan rendah lemak.
10. Mengurangi mengolah makanan dengan cara menggoreng.  Gunakan cara mengolah makanan seperti mengukus atau memasak sayur berkuah lebih sering.

Itulah informasi sederhana yang bisa saya share tentang Kiat Mengatasi Pola Makan Berlebihan. Semoga bermanfaat untuk pembaca semua. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya di Blog Dicintai.com tentang Tips Wisata Murah di Jogja.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

25 comments:

  1. kadang klo makan itu porsinya biasa,cuman serinng ngemil jdi kyk makan terus menerus gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngemilnya makan buah-buahan aja Mas Harum :)

      Delete
  2. memang semua yang berlebihan gak baik ya
    makanan juga begitu

    ReplyDelete
  3. menu masakan yang enak sangat mendorong untuk makan yang banyak, terkadang sampai lupa kapasitas lambung kita. jadi perlu diatasi juga ya mbk pola makan yang seperti ini. terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang ngga mudah, tapi pasti bisa Mas :)

      Delete
  4. perlu dipraktekkan nih, apalagi sekarang saya jarang olah raga

    ReplyDelete
  5. Mbak, aku sebenarnya agak heran deh kenapa zaman sekarang pas kondangan banyak yang makan/minum sambil berdiri. Padahal setau ku berbahaya bagi tubuh, karena dengan makan/minum sambil berdiri itu makanan/minuman yang masuk ngga bisa difilter dan blas langsung ngendon gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak Beby. Penyelenggara acara memang sebaiknya tetap menyediakan kursi untuk para tamu.

      Delete
  6. trik mujarab n terntnunya bermanfaat,,, maksih mba,, hehehe

    ReplyDelete
  7. makasih tips nya mbak tetapi kalo sudah runyam sama pekerjaan kadang suka lupa :d

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin sebaiknya membawa bekal biskuit atau buah yang sudah tinggal dimakan untuk ganjel perut :)

      Delete
  8. Trimakasih ... untuk mengatasi pola makan berlebihan :) ... Memang bahaya sekali makan berlebihan sekali .. selain nanti tersedak bisa bisa makanan tidak tercerna dengan baik dan bisa hoek hoek.. alias muntah >_< .. Bermanfaat sekali .. :)

    ReplyDelete
  9. Terimakasih mbak Lina atas sharing informasinya, bermanfaat banget nie tentunya...
    kayaknya saya dah lama banget nie gak mampir diblognya mbak lina :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, tapi bisa ketemu di sini ya :)
      Saya langsung mampir deh ke blog Mas Marnes.

      Delete
  10. tips sangat matap, tapi ibu saya d rmah slalu memasak masakan yang berlemak. Jdi agak susah deh mengatasinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perbanyak makan buah dan olahraganya aja Mas Irfan :)

      Delete
  11. Saya jadi inget wejangan dari ayah sy..saat di meja makanketika kecil dulu
    Dalam mengunyah makanan katanya harus 32x kunyahan

    ReplyDelete
  12. betul kali..ane biasanya klo ga makan siang..malamny bisa nambah dua piring..:)

    ReplyDelete
  13. kalau makan mudah-mudahan saya teratur mbak, tetapi jika minum air putih belum dapat saya maksimalkan setidaknya 8 gelas per hari, salam kenal ya

    ReplyDelete
  14. bener sekali, hal yang berlebihan itu tidak baik :)

    ReplyDelete
  15. Saya terbiasa dengan makan cepat, mungkin itu ya yang menjadi penyebabnya hingga saya jadi sering makan berlebihan, he he...thanks tipsnya!

    ReplyDelete