Tuesday, February 18, 2014

Daftar Situs Search Engine / Mesin Pencari di Internet

Kita pasti sering memanfaatkan situs seacrh engine (mesin pencari) ketika kita berselancar di dunia maya untuk mencari informasi penting yang kita inginkan. Hal tersebut dikarenakan dengan menggunakan search engine, dalam waktu yang singkat kita bisa menemukan informasi yang kita cari di blog/website tertentu. Tentunya dalam mencari informasi tersebut kita menggunakan beberapa keyword (kata kunci) untuk mencarinya. Kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan situs Google. Situs ini merupakan situs mesin pencari nomor wahid di dunia. Hal tersebut dikarenakan informasi yang disajikan di Google sangat lengkap. Namun, tahukah anda bahwa sebenarnya situs search engine tidak hanya Google saja yang ada di internet? ternyata ada banyak sekali situs mesin pencari tersebut, mungkin saja kita kurang familiar menggunakan situs-situs tersebut. Baca juga Daftar 25 Situs Social Bookmark Terbaik Dunia.

Oleh karena itu, perlu kiranya kita untuk mengenal, mengetahui, dan mempelajari beberapa situs mesin pencari yang ada di internet, karena hal itu sangat penting untuk pengetahuan kita tentang informasi teknologi (IT), sehingga kita tidak semakin tertinggal dengan perkembangan zaman yang serba canggih ini. Dalam kesempatan kali ini saya ingin memberikan informasi terkait dengan situs seacrh engine yang ada di internet. Berikut merupakan daftar situs-situsnya.
Daftar Situs Search Engine Terkenal, Macam-macam Situs Search Engine. Mesin Penelusuran

Daftar Situs Search Engine / Mesin Pencari di Internet

1. Google.com
Seperti yang saya jelaskan diatas bahwa Google merupakan situs mesin pencari nomor satu di dunia. Hal itu nampak dari rangking di Alexa yang menduduki nomor urut pertama di dunia. Situs ini ternyata mempunyai beranekaragam produk yang bisa kita gunakan dengan hanya mempunyai satu akun saja, misalnya seperti Gmail, Blogger, AdSense, Google+ dan masih banyak lagi.
Situs search engine ini mampu mengindeks website dan blog secara lengkap dibandingkan dengan situs search engine yang lain. Pantas saja kebanyakan orang diseluruh dunia lebih senang menggunakan mesin pencari ini, karena sangat lengkap. Selain itu, situs ini mempunyai loading yang sangat ringan ketika diakses, sehingga memberikan daya tarik tersendiri bagi penggunanya.

2. Yahoo.com
Mungkin kita sering memanfaatkan situs ini hanya sekedar untuk membuat E-mail saja. Padahal situs Yahoo ini juga merupakan situs mesin pencari juga sebenarnya. Mungkin karena kita belum banyak yang tahu, sehingga jarang sekali memanfaatkan fasilitas tersebut. Meskipun demikian, hasil pencarian dari Yahoo tidak begitu lengkap dibandingkan dengan Google.

Di Alexa Rank situs ini menduduki posisi nomor 4 di dunia dan nomor urut 4 di Amerika Serikat. Selain fasilitas E-mail yang diberikan oleh Yahoo, ada beberapa fasilitas lain misalnya seperti Game, Messenger, News, Yahoo Answer, dan masih banyak lagi.
3. Bing.com
Search engine ini diciptakan dibawah naungan Microsoft. Gambar background nya bisa berubah-ubah jika kita klik tanda panah yang berada di bagian bawah. Situs ini mampu mengindeks website dan blog lumayan cukup besar dan mampu bersaing dengan Yahoo dan Google. Namun demikian, jumlah hasil pencariannya masih kalah dari Google.

4. Altavista.com
Altavista adalah penyedia terkemuka jasa pencarian dan teknologi. Altavista merupakan mesin pencari yang cukup maju di internet dengan teknologi baru dan fitur yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pencarian bagi konsumen. Selain itu, situs search engine ini mampu mencari berita yang teraktual. Namun demikian, hasil pencarian dari situs ini belum begitu banyak dibandingkan dengan situs mesin pencari diatas.

Artikel ini juga bagus Cara Menampilkan Foto pada Hasil Pencarian Google

5. Dogpile.com
Dogpile termasuk kategori situs metasearch engine, yang mana situs ini menyediakan fasilitas pencarian akan tetapi tidak memiliki database pencarian sendiri. Situs search engine ini memadukan tiga situs search engine besar yaitu Google, Bing, dan Yahoo dalam sistem pencariannya. Selain performanya yang cukup menarik, situs ini juga bisa dijadikan pilihan alternatif sebagai situs pencarian favorit anda.

Demikian informasi tentang Daftar Situs Search Engine / Mesin Pencari di Internet yang dapat saya sampaikan untuk anda. Semoga bermanfaat dan atas perhatiannya saya sampaikan ucapan terimakasih. Salam blogger. Jangan sampai ketinggalan posting keren lainnya di Ririn's Blog tentang Cara Memasang Komentar Google Plus di Blog.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

40 komentar:

  1. mbak,saya ingin tau bagaimana cara mengetahui komen kita di blog orang lain dibalas pa belum,gimana ya??

    ReplyDelete
  2. Silahkan klik tulisan Subscribe by E-mail di bawah form komentar mas. Setelah itu ikuti saja langkah-langkahnya.

    Nanti notifikasi (pemberitahuan) balasan komentar, akan dikirim ke E-mail anda.

    ReplyDelete
  3. wah baru tau saya..
    gimana ya cara ping artikel ke search engine tersebut diatas?

    ReplyDelete
  4. Salam rindu buat kamu ririn..,
    Lama benar mbak tidak mampir ke sini.,.makasih ririn,blog kamu ini penuh dgn informasi yg sgt bermanfaat....

    ReplyDelete
  5. langganan saya tetap google dan bing. ^_^

    ReplyDelete
  6. pastinya mbah Google nomor satu di internet ini :)

    ReplyDelete
  7. 123 yg sering dikunjungi tp seringnya google dot co dot id

    ReplyDelete
  8. yang nomer satu pastinya yang sering banget saya kunjungi, untuk yahoo saya dah lama banget jarang kunjungi apalagi yang nomer 3 ampe nomer 5 :)

    ReplyDelete
  9. Untuk yang google itu udah pasti karena kita selalu pakai dan yahoo kalau saya tidak menemukan di google kalau yang ke 3-5 belum pernah jadi trimakasih infonya akan saya coba menggunakan ke3 fasilitas itu

    ReplyDelete
  10. Simbah yang masih berusia belasan tahun yang nomer satu tentunya karna banyak tahu gitu usia masih sangat remaja namun pada manggil simbah google.. Eh liputan Alexa kok hanya nyelip di Yahoooii..

    ReplyDelete
  11. kalau saya sering jalan-jalan pake yang nomor satu. Untuk yahoo jarang dan selain 2 itu tidak pernah sama sekali. Kalau mbak ririn?

    ReplyDelete
  12. saya prnah baca di internet klo google itu jadi yg paling bnyk digunakan untuk pencarian,sementara yahoo lebih bnyk digunakan untuk kirim mengirim email

    ReplyDelete
  13. saya sih sering pakek google
    yahoo ataupun yang lain gak pernah saya gunakan

    ReplyDelete
  14. yg pasti google yg utama yang saya gunain sis soalnya dia yang paling pinter menurut saya :)

    ReplyDelete
  15. Saya slama ni cma pke Google Mbak, blum cba yg lain...

    ReplyDelete
  16. Lebih enak pakai google sepertinya, dan terbukti no 1 di dunia :)

    ReplyDelete
  17. dari ke lima mesin pencari yang ada, saya lebih suka menggunakan Google... :-)

    ReplyDelete
  18. wah ternyata banyak banget ya mesin pencari di internet. saya baru tau yang nomor wahid dan isnain saja mbk.

    terima kasih informasinya ..

    ReplyDelete
  19. Altavista.com sudah di beli sahamnya sama yahoo yah. jadi sama seperti yahoo search

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sepertinya begitu mas soalnya ketika di kotak telusur muncul nya yahoo search :)

      Delete
  20. Altavista.com,ini saya baru tahu mbak Ririn,ternyata banyak juga mesin pencari untuk internet,saya kira hanya google dan keluarganya saja hehehe

    ReplyDelete
  21. banyak yah ,sepertinya masih ada lagi mbak seperti baidu dan lain2,hehe

    ReplyDelete
  22. Hampir semua tiap pengguna gadget udah di sisipin juga dari vendornya langsung ya mbak...penulusuran google ini di dlmnya

    Jadinya memang si embah..makin vamiliar banget ya :)

    ReplyDelete
  23. Kelebihan google banyak menampilkan hasil penelusurannya sedang yahoo sedikit tapi relevansi dengan kata kunci tinggi.

    Biasanya di yahoo blognya konten ori yang muncul

    ReplyDelete
  24. Tambahan dari mas ustadz, yandex, alltheweb, bing/msn, dan masih banyak lagi.

    Yang perlu diperhatikan blog kita harus ada di search engine manapun biar mudah ditemukan oleh pengguna hehe

    ReplyDelete
  25. Wah,...mbak eka benar-benar inspirasi ni,..namun saya masih miris ni karena search engine yang nomor satu masih google, jadi saya masih fokus terhadap search engine google tu!! :D

    ReplyDelete
  26. yang paling terkenal tetap google :-)

    ReplyDelete
  27. wah ternyata lumayan banyak juga ya mbak situs search engine, saya hanya tau 3 search aja mbak, seperti google yahoo dan bing kalau selebihnya belum malah, makasih mbak atas share search engine nya

    ReplyDelete
  28. Paling saya gunakan google saja, sudah komplit .. hehe

    ReplyDelete
  29. Daribkelima situs itu aku cuma tahu tiga yaitu google, yahoo dan bing... Kebetulan aku pernah mencobanya..
    Tapi untuk situs yg nmr 4 & 5 itu baru kali ini aku mendengarnyaa

    Terima kasih atas informasinya rin

    ReplyDelete
  30. Di hatiku hanya Mbak Google sih.... Padahal dulu, saya pakai Yahoo

    ReplyDelete