Sunday, February 2, 2014

Cara Menulis Artikel Berkualitas SEO Friendly di Blog

Seperti yang kita tahu bahwa menulis artikel di blog itu sangat mudah, tidak ada aturan tata tulis yang baku. Kita diperbolehkan menulis artikel sesuai dengan kemampuan kita sendiri dan gaya bahasa kita sendiri. Namun, untuk menulis artikel yang unik dan bekualitas itu sangat sulit. Butuh skill dan kreativitas yang tinggi dalam menulis. Tentunya butuh waktu yang tidak sedikit untuk berlatih menulis, karena keterampilan tersebut tumbuh dan berkembang apabila kita mau berlatih secara terus-menerus. Baca artikel yang relevan Tips Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog dengan Cepat.

Saya sendiri sampai sekarang masih terus belajar menulis dan saya merasa belum bisa menulis artikel yang benar-benar berkualitas tinggi dan original. Pasalnya, hampir sebagian besar artikel dalam blog saya merupakan informasi yang saya peroleh dari berbagai artikel blog orang lain, kemudian saya tulis lagi dengan gaya bahasa sendiri.
Cara Menulis Artikel Berkualitas SEO Friendly di Blog, Tips Membuat Artikel Berkualitas SEO Friendly di Blog
Dalam kesempatan kali ini saya ingin memberikan sedikit tips tentang tata cara membuat artikel yang berkualitas dan unik. Tujuannya adalah supaya artikel kita atau blog kita mudah terindeks oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dan lain sebagainya. Berikut merupakan tips-nya. Baca juga Cara Melakukan Optimasi SEO Off Page pada Blog.

Cara Menulis Artikel Berkualitas SEO Friendly di Blog

1. Tentukan Kata Kunci Artikel
Kata kunci merupakan serangkaian kalimat atau frasa yang sering muncul dalam sebuah artikel. Kata kunci yang ada di blog dianjurakan tidak lebih dari tiga buah. Agar kata kunci tersebut tersusun rapi, hendaknya diletakkan pada paragraf pertama, paragraf tengah, dan paragraf terakhir dalam artikel.

2. Buat Artikel yang Original
Kita mungkin akan kesulitan untuk membuat artikel yang benar-benar original, karena umumnya kita bisa menulis artikel setelah kita banyak membaca berbagai artikel orang lain. Oleh karena itu, hendaknya kita menulis artikel dengan gaya bahasa kita sendiri, meskipun itu hasil informasi yang kita peroleh dari artikel orang lain.

3. Relevansi antara Judul dengan Substansi Artikel
Poin ini juga penting untuk diperhatikan eksistensinya. Pengalaman menyebutkan bahwa ketidaksesuaian antara judul dan isi artikel membuat sebagian besar visitor merasa tertipu dengan konten yang disajikan dalam blog kita. Oleh karena itu, hendaknya artikel tersebut kita buat sedemikian rupa agar tidak mengecewakan pengunjung blog.

4. Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami
Penggunaan kata yang sederhana ternyata jauh lebih baik dibandingkan dengan penggunaan kata yang sulit untuk dipahami. Mengingat tidak semua pengunjung blog adalah masyarakat berpendidikan. Oleh karena itu, sebaiknya kita gunakan istilah yang sederhana dalam menulis artikel.

5. Buat Artikel yang Kaya Informasi
Sebaiknya kita menulis artikel yang kaya akan informasi, tidak hanya berupa sederetan kata kunci artikel saja atau link-link download saja. Dengan begitu, visitor akan menemukan apa yang mereka cari.

Demikian tips sederhana yang bisa saya share untuk anda tentang Cara Menulis Artikel Berkualitas SEO Friendly di Blog. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kita semua. Jangan lewatkan posting menarik lainnya tentang Daftar 25 Situs Social Bookmark Terbaik Dunia. Terimakasih sudah singgah di Ririn's Blog.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

37 komentar:

  1. Terima kasih tipsnya, sangat bermanfaat, menulis artikel yang berkualitas membutuhkan skill

    ReplyDelete
  2. Ia mbak menulis bg sy pekerjaan sulit...tp nulis pengalaman pribadi mungkin lebih mudah, tp kalau original menulis yg pendek bagus mbak,..nama ganti bukan artikel lirik lagu, puisi he.he

    ReplyDelete
  3. Tidak mudah ya mbak untuk menulis artikel berkualitas, bibutuhkan latihan dan pembelajaran secara terus menerus serta wawasan yang luas, mungkin bisa dengan membaca artikel berkualitas dari blog lain, biasanya kalo banyak membaca berbagai referensi suka timbul ide-ide baru yang nantinya bisa kita tulis dalam blog.

    ReplyDelete
  4. Sangat membantu nch Mbak, jdi pngen tnya klo cara nntuin kta kunci'y gmana ya, bahwa yg ini kta kunci, trus yg lain bkan, mkasih seblumnya...

    ReplyDelete
  5. iya mbak eka akhir akhir ni blog saya sepertinya seo na semakin menurun
    coba dulu tips dari mbak eka nih buat rapihin :)

    ReplyDelete
  6. saya sanga sulit untuk menulis artikel yang SEO.

    ReplyDelete
  7. Heheee trins rin tipnya
    Memang sulit untuk menulis artikel yang SEO friendly ya rin
    Maka dari itu aku menulis asal ajja lah

    ReplyDelete
  8. wah ini nih artikel yang bermanfaat buat saya mba..makasih sudah disasharing disini

    ReplyDelete
  9. poin yg kedua : betul banget nget nget ... yg dimaksud ori ya dengan gaya bahasa si penulis wlaupun munculnya dri referensi buku atau baca-bacan lain ,,,,

    ReplyDelete
  10. Wah, kebetulan saat ini saya juga sedang belajar dan mendalami tentang ini :D

    ReplyDelete
  11. kalau saya sih asal-asalan aja mbk emang dasar orangnya udah asal. hehe

    terimakasih tips Menulis Artikel Berkualitas SEO Friendly di Blog nya..

    ReplyDelete
  12. masih belum bisa membagi waktu blogging sih Mbak. biasanya saat hasrat menulis datang saat saya melihat sesuatu yang menarik, bisa di jalan, bisa saat belanja, bisa saat berkebun, bisa saat nonton...nah waktu yang tanggung banget kan? padahal kalau nggak langsung ditulis, hal-hal menarik itu bisa langsung lupa begitu aja

    ReplyDelete
  13. yang paling susah yg nomor 5 itu mbak, buat artikel yg kaya informasi, hehehe :D
    makasih sharingnya yg bermanfaat :)

    ReplyDelete
  14. Kalau buat saya ya memang masih agak susah mbak..karena itu saya mencoba untuk memperbanyak membaca dan memahami blog orang untuk motivasi ciri khas saya sendiri...makasih ya mbak selalu kasih semangat

    ReplyDelete
  15. Saya juga masih tahap belajar nih, ternyata menulis itu bukan pekerjaan yang mudah :)

    ReplyDelete
  16. kalau membuat kata kunci saya belum begitu paham, pokoknya saya yang penting buat postingan saja seorisinal mungkin.....
    keep happy blogging always..salam dari makassar :-)

    ReplyDelete
  17. hehe... sekarang ini saya tak begitu memusingkan dengan cara nulis. Yang penting visitor friendly walau terkadang yang saya tulis gk dimengerti orang gkgkgk

    ReplyDelete
  18. Asal jangan copy paste. Udah itu saja tambahannya. :p eh kok cepet banget dapet iklan ye. haha

    ReplyDelete
  19. sepertinya udh tak pelajari nih tipsnya.. beberapa cara diatas sdh tak cobain

    ReplyDelete
  20. Kalau masalah bahasa, sepertinya saya kurang mendalami sekali, Karena di postingan cuma bermodalkan bahasa sehari-hari.., :)

    ReplyDelete
  21. Segala sesuatunya memang di mulai dari NOL BESAR ya mbak Rin :)
    Dan dengan terus belajar bisa menuntun ke arah perubahan :)

    Saya juga banyak belajar dari gaya bahasa dan tulisan mbak Rin...yang banyak di cinta sama pembacanya nih :)
    Trima kasih ya mbak :)



    ReplyDelete
  22. wah, bagus ini tipsnya buat para pemula, terutama buat saya yang masih newbie ini mbak...

    ReplyDelete
  23. wah berguna dan bagus banget nih mb tipsnya super sekali. harus benar benar di praktekan nih tipsnya :-)

    ReplyDelete
  24. tips yang menarik mbak
    tapi yang membuat saya bingung sampai saat ini adalah masalah kata kunci

    ReplyDelete
  25. Susah juga membuat artikel yang berkualitas dan seo friendly,,
    di poin pertama tentang penempatan kata kunci...
    Paragraf Pertama, tengah dan akhir...
    Saya masih bingung sob masalah cara penempatan dan pemilihan kunci yang relevan...

    ReplyDelete
  26. Wah punyaku dah masuk kriteria belum yah?? hehehe

    ReplyDelete
  27. Bagus penjelasannya, namun untuk menulis yang seperti itu ada satu hal yang harus diingat yaitu jangan copas, benarkan mbak rin?

    ReplyDelete
  28. hmm... mearik sekali... tapi saya belum pandai menulis. :D masih kacau bahasane.. hhee

    ReplyDelete
  29. mantab, sesuai dengan yang saya pahami :-)

    ReplyDelete
  30. menarik sekali jika ada pembahasan seputar cara menulis artikel berkualitas, karena kadang hal tersebut banyak yang mengabaikannya, padahal itu penting demi perkembangan kualitas blog kita. sehingga banyak juga yang masih asal asalan mengepost sebuah artikel.

    ReplyDelete
  31. kalau di wordpress enak mb' ada pluginnya, jadi bisa melihat kualitas seonya untuk tiap artikel

    ReplyDelete
  32. Wah blog saya masih jauh dari kriteria di atas. Tapi tetap semangat ya demi membagikan informasi yang berguna buat user internet.

    ReplyDelete
  33. kata kunci di artikel juga penting,karena biasanya yg unik dan menarik serta relevan dg isinya akan diutamakan google

    ReplyDelete
  34. Menarik sekali, singkat padat dan jelas, menurut anda untuk menulis artikel yang SEO pada mode entri gunakan compose atau html ? berikan alasan anda

    ReplyDelete
  35. Wah.Saya Sampai Lupa Dengan menulis berkualitas seo.artikel saya masih berantakan semua :D

    ReplyDelete