Thursday, February 20, 2014

Cara Memasang Iklan di Bawah Judul Postingan Blog

Pada postingan sebelumnya, saya sudah membahas tentang Tips Memasang Iklan di Blog yang Baik dan Benar. Salah satu point-nya adalah hendaknya iklan dipasang di bawah judul postingan. Hal tersebut dikarenakan letak iklan pada tempat tersebut sangat strategis dan tepat untuk lokasi iklan, yang mana selalu dilihat oleh visitor blog kita tanpa mengganggu mereka. Namun, untuk meletakkan iklan dibawah judul posting itu tidak mudah, terutama bagi blogger pemula. Ada berbagai tahapan yang musti kita lakukan. Banyak dari mereka keliru dalam meletakkan iklan, yang mana iklan berada di posisi yang salah.

Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini saya ingin menjelaskan tentang tata Cara Memasang Iklan Tepat Dibawah Judul Postingan Blog dan Posisi Iklan Sejajar atau Berdampingan dengan Konten Artikel. Berikut langkah-langkahnya. Mohon disimak dengan baik-baik agar tidak salah dalam menerapkannya. Namun, sebelumnya jangan sampai ketinggalan posting menarik lainnya di Blog Dicintai.com tentang Cara Memasang Widget Alexa Rank di Blog dengan Mudah.

Cara Memasang Iklan di Bawah Judul Postingan Blog

1. Siapkan kode iklan anda yang berbentuk kode HTML Javascript. Baik itu iklan PPC lokal atau PPC luar negeri atau mungkin iklan banner buatan anda sendiri. Kemudian, kode iklan anda tersebut di Parse Disini. Kenapa harus diparse? karena supaya kode iklan anda sesuai dengan kode HTML yang ada di template blog anda. Nantinya kode yang sudah diparse tersebut akan diletakkan ke dalam kode HTML Template. Gambar dibawah ini merupakan laman untuk memparse kode iklan anda. Untuk memparse, caranya adalah masukkan kode iklan anda ke dalam kotak, kemudian Klik Tombol Parse.
Panduan Cara Meletakkan Iklan di Bawah Judul Posting Blog
Baca juga Cara Melakukan Optimasi SEO Off Page pada Blog

2. Selanjutnya, silahkan anda menuju Blogger. Pilih Dashbor/Home, kemudian pilih menu Template, dan Klik Edit Template. Contohnya seperti gambar dibawah ini.
Tutorial Cara Pasang Iklan Tepat di Bawah Judul Posting
3. Kemudian, anda akan menuju ke laman Edit Template, yang mana di dalamnya terdapat kode-kode HTML yang sangat banyak. Silahkan anda cari kode <data:post.body/> pada Edit Template tersebut. Untuk mencarinya, silahkan tekan Control F pada keybord laptop anda. Nanti akan muncul kotak pencarian. Silahkan anda masukkan kode <data:post.body/> pada kotak pencarian, dan klik Enter. Contohnya seperti gambar dibawah ini.
Cara Pasang Iklan Google AdSense
Baca juga Cara Membuat Blog Pribadi di Blogspot Sendiri

4. Selanjutnya nanti akan ketemu kode <data:post.body/> yang jumlahnya sekitar 2 atau 3 buah. Silahkan anda pilih kode <data:post.body/> yang ke-2 atau yang ke-3. Selanjutnya, silahkan anda letakkan kode Iklan yang sudah anda parse tadi tepat diatas kode <data:post.body/>. Jangan lupa, tambahkan Tag diantara kode iklan anda, supaya iklan bisa sejajar dengan konten blog. Contohnya seperti dibawah ini:

<div style='float:left;padding-right:12px;'>KODE IKLAN</div>
<data:post.body/>

Keterangan:
- Tulisan berwarna merah merupakan posisi iklan. Left berarti iklan berada disebelah kiri. Right berarti iklan berada disebelah kanan. Center berarti iklan berada disebelah tengah. Silahkan anda ganti sendiri sesuai dengan selera anda.
- Tulisan berwarna biru merupakan ukuran batas /jeda antara iklan dan postingan. Sehingga letak iklan nantinya tidak terlalu mepet dengan postingan/artikel/tulisan.
- Tulisan berwarna hijau merupakan kode iklan anda yang sudah anda Parse.
5. Setelah anda selesai meletakkan kode iklan, silahkan Klik Save. Kemudian lihat hasilnya. Jika belum berhasil, silahkan cari kode <data:post.body/> yang ke-1 atau yang ke-3, atau yang ke-4.Jika sudah berhasil, nanti iklan anda akan muncul seperti gambar dibawah ini.
Cara Memasang Iklan di Bawah Judul Postingan Blog
Demikian panduan tentang tata Cara Memasang Iklan Tepat Dibawah Judul Postingan Blog. Mungkin agak sedikit rumit dan tentunya memusingkan bagi blogger pemula. Namun, apabila dipelajari secara teliti dan sabar, pasti akan bisa. Semoga berhasil ya. Baca juga artikel yang relevan tentang Cara Mendapatkan Pemasang Iklan di Blog Anda.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

81 comments:

  1. Okey dech, Mbak Ririn, thanks tipsnya, buat blogger newbi kayak aku bermanfaat banget...nice shared!

    ReplyDelete
  2. yupz, sama-sama mas :)
    thanks atas kunjungannya :)

    ReplyDelete
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    ReplyDelete
  4. Tidak apa-apa mas, saya sudah lihat blog anda. Sudah cukup bagus. Yang terpenting kan iklan sudah terpasang di bawah judul postingan, meskipun kurang sejajar sedikit hehehe. Dengan begitu maka akan meningkatkan penghasilan dari iklan anda. :)

    ReplyDelete
  5. Berhasil mbak, tapi kelihatan jelek banget.. soalnya artikel awal paragraf saya kurang panjang, jadi saya copot lagi.. :(

    cara memberi jeda antara banner sama artikel nya bagaimana ?,

    ReplyDelete
  6. Oh begitu ya mas. Padahal cukup bagus apabila iklan dipasang di bawah judul postingan :) Tapi ya itu syaratnya tulisan awal paragraf harus tulisan, bukan gambar :)

    Saya sendiri kurang tahu mas caranya memberi jeda. Tapi iklan adsense bisa berubah dengan sendirinya. Kadang ukurannya 336x280 dan kadang juga 300x250.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sudah mencoba untuk melakukan modifikasi agar iklan tampil sesuai, namun dengan berbagai eksperimen memang benar apa yang mbak eka katakan kalau iklan berdampingan dengan gambar, tabel atau sejenis script kode, maka tampilannya akan acak-acakan. Terkecuali jika iklan yang dipasang tidak ke samping atau pada bagian tengah artikel.

      Delete
  7. kebanyakan artikel saya yang lama gambar dulu, baru artikel... :(

    mbak earning adsense saya kog surem banget yak.. dulu per day bisa dpat $0.5 an, sekarang turun $0.1. ada tips buat naikin lagi gak mbak??,

    ReplyDelete
  8. Owh begitu ya mas, postingan saya awal-awal nge-blog juga banyak yang seperti itu, yakni gambar berada diatas artikel. Tapi, setelah saya tahu caranya, akhirnya gambar saya letakkan di tengah postingan :)

    Kalau menurut saya sih itu sudah lumayan mas penghasilannya, daripada penghasilan dari PPC lokal yang mana per hari kadang dapat penghasilan dan kadang juga tidak. Punya saya juga penghasilannya sekitar angka itu mas per harinya. Hehehe :)

    Tapi itu tidak menjadi masalah buat saya mas. Yang penting bagi saya adalah bisa nge-blog dan berinteraksi dengan teman-teman Blogger. Kalau dapat penghasilan dari blogging, ya alhamdulillah, tapi kalau tidak dapat ya tidak apa-apa, mungkin saja itu belum rejekinya :)

    ReplyDelete
  9. hehehhe... Jawabanya super sekali mbak.. :D
    iya, kalau PPC lokal lebih para lagi..

    saya juga pasang Adsense di blog Info Gaming saya, nah iklan yang muncul Forex, Sun Light, Blue Band , Kecap Bangau , Traveling, sedangkan visitor nya masih pada bocah semua. jadi jarang ada klik

    beberapa hari yang lalu earning nya dapat banyak, pas Iklan yang muncul banyak tentang Game Online..

    ReplyDelete
  10. Hehehehe thanks mas :)

    Saya sudah cek blog anda yang tentang game. Memang benar, traget pemirsa blog berniche game lebih banyak ke anak-anak dan remaja, kalau orang dewasa agak jarang, itu kalau anda menggunakan Bahasa Indonesia dalam blog nya. Sehingga iklan yang muncul dalam blog anda adalah iklan dari Indonesia saja.

    Coba dech menggunakan Bahasa Inggris dalam Blog nya, bisa dipastikan target pemirsa bisa lebih luas, yakni bisa mencapai masayarakt diseluruh penjuru dunia. Sehingga iklan yang ditayangkan juga beragam di blog anda. Tentu nya nilai kliknya juga tinggi. Dan pada akhirnya pendapatannya juga tinggi. Tapi perlu dicatat bahwa blog menggunakan Bahasa Inggris, itu tingkat kopetisinya lebih tinggi dan ketat ketimbangan blog yang menggunakan Bahasa Indonesia :)

    ReplyDelete
  11. iya mbak, tapi saya masih minim ilmu bahasa Inggris, tapi rencana nya mau buat Blog bahasa inggris...

    banyak yang bilang blog bahasa Inggris artikel original+pakai TLD, pengunjung bisa datang sendiri tanpa Promosi, tapi gak tau juga sich, belum saya buktikan sendiri..

    ReplyDelete
  12. Silahkan buat saja mas blog ber Bahasa Inggris. Google translate bisa membantu anda dalam membuat postingan di blog. Sekalian sambil belajar menulis Bahasa Inggris. Nanti lama-kelamaan juga bisa sendiri kok, karena sudah terbiasa nulis :)

    Betul sekali mas. Banyak juga yang bilang seperti itu. Penggunaan domain TLD dan Original Artikel sangat menentukan blog Berbahasa Inggris. Pengunjung bisa datang dengan sendirinya dari seluruh penjuru dunia, tapi yang paling dominan dari Amerika. Silahkan dibuktikan kalau tidak percaya hehehe ^^

    ReplyDelete
  13. Master cara ngeparse kodenya bijimana? kita harus kemana dulu? Thx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan kunjungi url ini master http://www.blogcrowds.com/resources/parse_html.php untuk memparse kode HTML iklan :)

      Delete
  14. katanya sih memang iklan kotak di bawah judul ini mantap banget ya

    ReplyDelete
  15. Ad syarat khusus ga sch dftar adsense Mbak...

    ReplyDelete
  16. bagus nih klo pasang iklan di bawah judul postingan blog soalnya banyak yg suka pasang di posisi itu.saya udah nyobain juga mbak

    ReplyDelete
  17. oiya mbak,mau nanya.. ada nggak cara buat meringankan loading blog yg udah di pasangi bnyk iklan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada mas. Silahkan copot widget-widget yang tidak begitu penting. Nanti pasti loading blog nya akan ringan, walaupun kita banyak memasang banner iklan :)

      Delete
  18. Ok mbak langsung saya terapin di blog saya :-)
    tapi posisinya di tengah tengah. :-)

    ReplyDelete
  19. kalau template-nya seperti punyaku iklan di bawah posting nanti malah iklannya muncul di preview ya

    ReplyDelete
  20. Saya udah nyoba mbak tapi mungkin saya nya yang kurang pandai jadinya gagal habis sekali coba nggak nemu lagi data post body ...aneh template saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk kok bisa getu ya mbak hehehe :D

      Delete
    2. jeng indah sambil tiduran sih jadi gagal terus saya coba langsung top cer ni info dr mas wahyu nya ... lihat ni klo ga percaya http://jasabikin-website.blogspot.com/

      Delete
  21. wah bisa langsung praktekin nie tutorialnya, kalo buat iklan ppc juga bisa kan ya mbak :)

    ReplyDelete
  22. alhamdulillah blog saya sudah ada mbak
    jadi nyimak aja ya
    hehe

    ReplyDelete
  23. wah... klihatanntya oke nih bos, hehehe....

    ReplyDelete
  24. baca dibeberapa blog soal masang iklan dibawah postingan, anehnya kenapa justru baca disini yang bisa bikin saya langsung ngerti dan langsung praktek ya....aneh deh..;o)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ee ala...dincintai ini rupanya cararirin yang berganti domain to'...baru ngeh deh ih....

      Delete
  25. baca dibeberapa blog soal masang iklan dibawah postingan, anehnya kenapa justru baca disini yang bisa bikin saya langsung ngerti dan langsung praktek ya....aneh deh..;o)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti cespleng tuh kang toturialnya mbak Ririn ^^

      Delete
  26. jelas dan gamblang sekali mbk, telah lama saya menanti ini.

    sayangnya saya gak punya iklan. hehe terima kasih..

    ReplyDelete
  27. Trimakasih mbak.ntar klo ada yang mau pasang iklan di blog ,langsung praktek

    ReplyDelete
  28. Wah..tutorialnya amat membantu nih...
    Jadi hanya tinggal penempatannya aja ya mbak kalo di atas data:post.body berarti iklan tampil di bawah judul posting juga sebaliknya...

    Sip mbak Rin...nanti tak coba deh..makasih ya udah berbagi ke kita2 :)

    ReplyDelete
  29. diparse itu tujuannya biar ngapa mbak? Maklumlah mbak,bocah kemaren sore

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya biar nggak error template nya mas kalau dipasangi iklan :)

      Delete
  30. wah boleh juga nih mbak tutorial cara memasang iklan di bawah judul postingan blognya, kalau gambar artikelnya di pojok kiri atas apa harus dipindah dulu yah mbak biar nggak bentrok sama gambar yang dibahas di totorial ini, makasih sharingnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya gambar postingan nya dipasang di tengah artikel mas agar tidak bentrok dengan iklan :)

      Delete
  31. Bisa buat memaksimalkan adsense tuh, saya save ah :D

    ReplyDelete
  32. Saya juga mencopotnya lagi karena area artikelnya terlalu sempit :)

    ReplyDelete
  33. Kurang efektif karena bisa menghalangi pembaca membaca teks postingan, kalau dibawah postingan lebih bagus soalnya diluar teks jadinya terlihat rapi.

    Makasih mbak caranya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya mengacu referensi ini https://support.google.com/adsense/answer/187653?hl=id&ref_topic=29880

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    3. Mohon agar tidak menyisipkan LINK AKTIF dalam komentar

      Delete
    4. ia maaf ya... habis ga di kasih peringatan sih hehe,,,,

      Delete
    5. yupz, walaupun nggak dikasih warning, blogger yang baik tentu pengertian ;)

      Delete
  34. Wwaaahhj tutorial yang sangat bagus dan komplit..
    Dan juga sulit kalaub bagiku pribadi..
    Bukan karena tutornya yang bermasalah tapi aku yang bermasalah karena pakai hp nggak bisa edit kode html..

    ReplyDelete
  35. dulu di wordpress dan blogspot saya juga saya terapkan model ini mb' tp saya merasa malah mengganggu kenyamanan jadinya y saya lepas lagi, biarlah area postingan untuk postingan saja

    ReplyDelete
  36. Saya udah beberapa kali nyoba komen di wp nya mbak Rin
    Kok eror mulu ya :)

    ReplyDelete
  37. makasih caranya, besok kalau tempat saya sudah laku dipasangi iklan, tak terapkan .. :)

    ReplyDelete
  38. Informatif, penjelasannya detil. tp sm kyk mas Is, diterapkan kl udh ada iklannya, h-haa...

    ReplyDelete
  39. terimaksih infonya.... saya coba dulu

    blog walker
    http://artpoe-studio.blogspot.com/

    ReplyDelete
  40. mbak punya saya gk bisa bisa , blog saya (indahpunyaa.blogspot.com) bisa di bantu gk mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh udah berhasil, ternyata di yang ke-4 terimakasih mbak Wahyu :D

      Delete
    2. seharusnya kodenya seperti di bawah ini

      <#div style#='float:left;padding-right:12px;'>KODE IKLAN<#/div>

      keterangan :hilangkan #
      :D masukan aja mbak

      Delete
    3. Sudah berhasil kan mas? Ok sip deh kalau begitu terimakasih sudah mampir di blog saya ya :)

      Delete
  41. di templte saya yg ke 4 baru tampil iklannya mbak ... :)

    ReplyDelete
  42. aduuh itu bisa untuk blogspot ga sih mba ,

    ReplyDelete
  43. skr udh bisa ni mas wahyu hehe ... http://jasabikin-website.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kalau begitu. sukses untuk blog nya ya ;)

      Delete
  44. Mohon bantuan mbak.. Pda templat yg tak pake cma ada satu ... Gimana cara ngakalin y ya coba cek daftarterbaruharga.blogspot.com

    ReplyDelete
  45. udah ane praktekin n work
    makasih :D

    ReplyDelete
  46. terima kasih atas infonnya sangat berguna

    kunjung kunjung ya :)
    rifkyalgifari.blogspot.com

    ReplyDelete
  47. Terima kasih ,,atas info ..
    kunjung mengunjung ..http://radiofelda.blogspot.com/

    ReplyDelete
  48. Langsung praktek aja mbak heheh

    ReplyDelete
  49. mbak kok di homepagenya ada iklanya, solusi untuk mengatasinya gimana?

    ReplyDelete
  50. saya coba di blog saya mbak
    http://skripsi-bk.blogspot.com

    ReplyDelete
  51. dicoba mbak kayaknya bagus tuh

    ReplyDelete
  52. makasih tutornya mbak,, ijin praktek dulu ya,,,,jangan lupa kunbalnya http://volimaniak.blogspot.com/

    ReplyDelete
  53. Keren banget tutorailnya, jelas banget.

    ReplyDelete