Friday, October 4, 2013

Cara Membuat Soto Ayam Spesial

Cara Membuat Soto Ayam Spesial - Kita pasti sudah sering mengkonsumsi masakan yang satu ini. Selain rasanya yang enak, juga mudah untuk dibuat dan disajikan. Adalah soto ayam namanya. Masakan ini mempunyai cita rasa yang spesifik. Dengan campuran berbagai sayuran, ditambah dengan racikan bumbu sederhana, dan juga ayam, ditambah lagi dengan kuah menjadikan masakan ini terasa lezat dan enak untuk disuguhkan sebagai menu makanan kita sehari-hari. Di Indonesia, ada berbagai jenis soto ayam, antara lain yang sangat terkenal adalah soto ayam Boyolali, soto ayam Makasar, soto ayam Lamongan, dan masih banyak lagi. Rasanyapun setiap daerah beranekaragam, yang mana mempunyai ciri khas tersendiri.

Sebenarnya untuk memasak soto ayam, itu tidak terlalu sulit. Bumbu yang harus disiapkan juga tidak terlalu banyak. Sangat sederhana dan pastinya mudah untuk dibuat. Bagi wanita seperti saya ini, tentu sudah sering membuat masakan ini. Berikut saya sajikan resep masakan soto ayam spesial berdasarkan pengalaman yang saya miliki.

Cara Membuat Soto Ayam Spesial

Bahan yang perlu anda siapkan adalah:
- 1 ekor ayam dan kemudian di potong jadi 8 bagian
- 2 batang daun bawang dan kemudian di potong-potong 1 cm
- 1 batang serai, ambil bagian putihnya dan kemudian memarkan
- 2 lembar daun jeruk purut
- 3 sendok makan minyak goreng
- 1,5 liter air
Cara Membuat Soto Ayam Spesial
Image by rajacara.blogspot.com
Bumbu yang perlu di haluskan adalah:
- 6 siung bawang putih
- 3 butir kemiri, disangrai
- 2 cm kunyit
- 1 cm jahe
- 1/2 sendok teh lada butiran, disangrai
- garam secukupnya

Adapun untuk isian soto ayam adalah sebagai berikut:
- 100 gram soun, silahkan seduh dengan air panas sampai lunak, lalu tiriskan
- 150 gram tauge pendek, silahkan siangi, lalu seduh dengan air panas, dan kemudian tiriskan
- 3 butir telur ayam rebus, silahkan belah jadi 2 bagian
- 1 batang seledri, silahkan diiris halus
- bawang merah goreng secukupnya
- tomat, silahkan potong sesuai selera

Langkah-langkah memasak soto ayam:
(i) Silahkan masukkan ayam ke dalam air mendidih. Kemudian rebus dengan api kecil sampai daging ayam empuk
(ii) Sementara tumis bumbu halus sampai harum. Silahkan tambahkan daun bawang, serai dan daun jeruk
(iii) Silahkan sangrai sampai layu. Lalu angkat dan masukkan ke dalam rebusan ayam
(iv) Silahkan aduk dan masak rebusan ayam sampai bumbu meresap
(v) Setelah itu, silahkan angkat daging ayam dari air rebusan dan kemudian tiriskan.
(vi) Silahkan suwir-suwir daging ayam dan kemudian sisihkan.

Cara menyajikan soto ayam:
Siapkan mangkuk saji yang sudah bersih. Silahkan masukkan ayam suwir, soun, tauge, tomat, dan telur. Lalu tuang kuah kaldu yang masih panas. Taburi seledri dan bawang merah goreng.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Membuat Soto Ayam Spesial. Atas perhatiannya disampaikan ucapan terimakasih.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

14 comments:

  1. wuuiih.. Mantap.. Kayanya enak banget mba.. Apa lagi saya bacanya sedang laper.. Jadi pengen nie.. Hahaha.. Ternyata jago masak juga yah.? Hehe..

    ReplyDelete
  2. Hehehe cuma bisa masak dikit-dikit kok :) Silahkan dicoba masak soto di rumah. Bahan dan bumbunya sangat sederhana sekali dan mudah untuk disajikan :)

    ReplyDelete
  3. sedapnyer... cara sedikit berbeda dari malaysia tapi tttp nampak enak bangat tu !

    ReplyDelete
  4. Iya enak banget sist. Apalagi makan sotonya pas kita lapar, pasti rasanya maknyus hehehe :D

    ReplyDelete
  5. Selain topik blog ternyata punya topik masakan juga
    Tau tuh orangnya bisa masak apa kagak :D

    ReplyDelete
  6. Hehehe iya mas. Tapi blog ini jarang di update :D
    Sebenarnya saya nggak bisa masak sih, tapi kalau dikit-dikit pasti bisa kok. Apalagi kalau masak air dan nasi. Pokoknya gampang banget hehe :D

    ReplyDelete
  7. nampak sedap banget ni..boleh cuba bila free :D

    ReplyDelete
  8. Hehehe mau nya yang free free nich :D
    Beli aja disini Indonesia banyak yang jualan soto ayam. Harganya murah kok :)

    ReplyDelete
  9. wah asik banget tuh. tpi aq suka yang simpel2 mbk. apa lagi kalu di kasih pasti gak bakalan nolak hahah.....?

    ReplyDelete
  10. kebetulan, gi laper nih... hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lagi laper ya buat soto ayam di rumah mas hehe :D

      Delete