Friday, September 13, 2013

Bahaya Penyakit Batuk-Pilek dan Cara Mengatasinya

Bahaya Penyakit Batuk-Pilek dan Cara Mengatasinya - Kesehatan memang hal yang paling berharga bagi kita semua, dan kesehatan tersebut wajib kita syukuri dan kita jaga sebaik mungkin. Tapi, sebagian besar orang masih kurang memperhatikan hal tersebut dan menyepelekannya, kesehatan seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor dan diantaranya adalah faktor cuaca. Dengan adanya pemanasan global yang sedang berlangsung saat ini, menyebabkan cuaca yang tidak menentu. Saat cuaca cerah tiba-tiba turun hujan, atau malah sebaliknya cuaca yang sedang hujan tiba-tiba terang. Hal itu bisa membuat daya tahan tubuh kita menurun dan menyebabkan kita terjangkit suatu penyakit. Penyakit yang sering menyerang kita pada kondisi seperti ini adalah batuk–pilek. Pada umumnya penyakit ini terjadi pada waktu pergantian musim.

Batuk–pilek adalah infeksi pada tenggorokan dan hidung yang sering mengenai bayi dan anak, selain itu juga dapat mengenai orang dewasa. Pada bayi dan anak penyakit ini cenderung berlangsung lebih berat, hal itu dikarenakan bayi dan anak-anak susah mengeluarkan sekret dan kadang menimbulkan demam akibat infeksi tersebut. Penyebab penyakit ini adalah virus, sedangkan faktor penyebab diantaranya adalah kelelahan, gizi buruk, anemia dan kedinginan. Penularan penyakit ini melalui udara, walaupun orang yang terjangkit penyakit ini sudah mengenakan masker tapi virusnya masih tetap bisa menembus maskernya. Selain itu, penularan juga bisa terjadi karena seseorang yang batuk–pilek akan sering memegang hidungnya akibat rasa gatal di hidung atau membuang ingusnya. Apabila orang tersebut tidak segera mencuci tangannya, ia bisa menjadi sumber penularan.
Bahaya Penyakit Batuk-Pilek dan Cara Mengatasinya
Image by tempo.co
Batuk–pilek mempunyai gejala seperti: demam, batuk sedikit, kadang-kadang bersin, dan keluar cairan yang jernih dari hidung dan dapat menyebabakan hidung tersumbat. Bila terjadi infeksi yang parah cairan dari hidung tersebut akan berubah menjadi kental dan kadang sampai berwarna kehijau-hijauan. Cairan ini sangat mengganggu, sumbatan tersebut menyebabkan bayi dan anak-anak bernafas dari mulut dan mengakibatkan gelisah. Pada anak yang lebih besar kadang-kadang didapatkan keluhan nyeri otot, pusing, dan kurang nafsu makan.

Penyumbatan hidung pada bayi sangat sukar diobati, pengisapan lendir hidung tidak efektif dan sering menimbulkan bahaya jika caranya kurang tepat. Untuk mengatasinya gunakan kapas yang ditetesi minyak kayu putih dan digantungkan di depan hidung bayi atau dipenitikan pada baju bayi. Bila anak sudah mendapat obat dari dokter, supaya diberikan secara benar. Jika obat yang diberikan dimuntahkan, beberapa saat kemudian harus diulang diberikan lagi. Agar obat dapat diminum (jika selalu dimuntahkan) caranya adalah obat diencerkan dengan 1-2 sendok teh air, bisa dengan teh manis, sirop, atau madu. Kemudian diberikan sedikit demi sedikit, dengan cara ini biasanya dapat berhasil. Berikut ini akan saya berikan beberapa tips untuk mencegah penyakit batuk-pilek, antara lain:

Bahaya Penyakit Batuk-Pilek dan Cara Mengatasinya

1. Jauhkan bayi dan anak dari orang yang sedang sakit batuk-pilek
Bayi dan anak-anak sangat mudah tertular penyakit batuk-pilek karena daya tahan tubuh mereka masih belum bisa stabil layaknya orang dewasa. Oleh karena itu, jauhkan mereka dari buah hati Anda.

2. Beri asupan cairan yang cukup
Saat bayi dan anak-anak menderita batuk-pilek, mereka cenderung mengalami demam. Untuk mencegah mereka mengalami dehidrasi akibat demamnya tersebut, maka berikanlah asupan cairan yang cukup pada buah hati Anda, baik itu air putih, air sirup, teh manis, ataupun kuah sayur.

3. Jaga kebersihan
Saat Anda hendak menyentuh atau setelah menyentuh buah hati Anda, cucilah tangan Anda menggunakan sabun, agar kuman dan virus yang menempel pada tangan Anda hilang. Karena saat Anda beraktivitas, Anda tidak mengetahui kuman dan virus apa saja yang sudah menempel pada tubuh anda.

4. Konsumsi suplemen vitamin C
Untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda, konsumsilah suplemen vitamin C. Tapi bagi Anda yang mempunyai riwayat penyakit lambung, berhati-hatilah dalam mengkonsumsinya, konsultasikanlah terlebih dahulu dengan dokter Anda berapa dosis yang boleh Anda konsumsi. Sedangkan untuk bayi dan anak-anak, lebih baik berikan buah-buahan yang mengandung vitamin C, contohnya: jeruk, mangga, tomat, pisang. Buah-buahan tersebut bisa langsung dimakan atau dibuat jus.

Dengan tubuh yang sehat, kita mampu melakukan segala aktivitas  yang kita inginkan. Sekecil apapun penyakit yang menyerang kita, jangan pernah kita remehkan. Segera obati agar tidak menjadi tambah parah dan fatal. Siapa lagi yang akan menjaga kesehatan kita kalau bukan diri kita sendiri. Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Semoga beberapa tips yang saya sampaikan di atas tentang Bahaya Penyakit Batuk-Pilek dan Cara Mengatasinya dapat bermanfaat bagi kita semua dalam menjaga kesehatan tubuh kita.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

10 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Sorry ya komentar anda saya hapus, karena sepertinya anda tidak niat untuk berkomentar dengan baik dan benar. Silahkan belajar lagi ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. eya kakaak dihapus ajaaah :D

      Delete
    2. Hehehehe soalnya komentarnya cuma berisi url blog aja sih. Jadi nya terpaksa di hapus dech :)

      Delete
  3. Saya paling susah kena batuk mau pun pilek.
    Tapi sekali kena, nggak bisa tidur sama sekali jadinya.
    Hihihi.. :D

    ReplyDelete
  4. ngeri juga ya mas kalau sampai nggak bisa tidur begitu gara-gara terkena penyakit batuk dan pilek. ikut prihatin saya :)

    ReplyDelete
  5. kalo aku jarang konsumsi obat2an mbak kalo batuk pilek, minum aer anget yang banyak aja.. nah kebetulan aku punya baby, kalo babyku yang bapil tinggal dijemur sama dikasih ASI yg banyak, kalo yang dikasih minyak kayu putih ditaroh di kapas itu aku baru tau :)

    ReplyDelete
  6. Kalau ada cara alami memang kita dianjurkan untuk mengobati dengan cara yang alami mbak. Usahakan untuk jangan terlalu menggantungkan diri pada obat. Apalagi untuk baby, tentu harus ada treatment khusus bila sikecil terkena batuk pilek :)

    ReplyDelete
  7. belum lama ini aku abis kena batuk, sembuhnya gila lamaaa bgt, kira2 batuk jenis apa ya seperti itu?
    pokoknya paling sebel kalo udh kena batuk, pdhl aku bkn perokok loh..

    ReplyDelete
  8. Penyakit batuk memang cukup lama mas. Bisa sampai 1 bulan penuh atau bahkan bisa lebih. Saya tidak bisa mendiaknosa jenis batuk anda apakah batuk berdahak atau yang lainnya. Nah, untuk mencegah penyakit batuk, alangkah baiknya jangan mengkonsumsi air es, gorengan, makanan yang pedas, dan lain sebagainya. Mengingat penyakit tersebut sangat tidak mengenakkan :)

    ReplyDelete